Unesa Kukuhkan 1.506 Wisudawan ke-110 Tahun 2024

  • Whatsapp

Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., memberikan penguatan dalam gelaran wisuda ke-110 Unesa.

SURABAYA, Beritalima.com-
Sebanyak 1.506 mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) telah menuntaskan studi, sehingga mereka mengikuti Wisuda ke-110 jenjang Ahli Madya, Sarjana Terapan, Sarjana, Magister, dan Doktor di Graha Unesa, Kamis (11/07/2024).

Tema wisuda kali ini ialah “Wisudawan Unesa menjadi Generasi Tangguh, Adaptif, dan Kreatif menuju Indonesia Emas 2045”. Acara wisuda periode ini terasa spesial dengan kehadiran Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, yang menyampaikan orasi ilmiah tentang peran lulusan dalam kemajuan bangsa.

Eri Cahyadi menuturkan bahwa di era disrupsi teknologi, menuntut para pemuda untuk mempelajari dan beradaptasi dengan baik. Hal tersebut selaras dengan fakta di lapangan yang menunjukkan banyaknya digitalisasi di bidang pengobatan, pendidikan, ekonomi, dan lapangan pekerjaan yang menggunakan tenaga robot.

Sementara itu Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., menyambut baik wisuda kali ini dengan memberikan bekal penting bagi lulusan kampus ‘Rumah Para Juara’. Lulusan Unesa harus menjadi pendobrak, role model, dan pembawa perubahan di mana pun berada.

Terkait prestasi kelembagaan, rektor yang akrab disapa Cak Hasan itu menyebutkan bahwa Unesa meraih prestasi sebagai peringkat I Liga IKU Kemendikbudristek, dari 21 PTN BH se-Indonesia.

Cak Hasan menjelaskan bahwa Unesa berkomitmen mencetak pemimpin bangsa melalui berbagai jalur rekrutmen, seperti talenta kepemimpinan, prestasi, golden ticket, dan hafidz Qur’an. Jalur reguler SNBP, SNBT, dan mandiri tetap diadakan dengan fokus pada kualitas.

Pada tahun 2024 ini, dari 81 ribu pendaftar, sekitar 10 ribu diterima melalui SNBP dan SNBT dari total kuota 17 ribu. Selain itu, Unesa berupaya menjadi agen perubahan dengan mengembangkan program studi baru, termasuk RPL, pendidikan profesi, diklat, dan sertifikasi kompetensi.

Tahun ini, Unesa menambah tiga fakultas: Kedokteran, Psikologi, dan Hukum, sehingga total menjadi 11 fakultas. Unesa juga menerima 900 mahasiswa baru di Kampus Magetan dan sedang merintis PSDKU di IKN.

Guru besar ilmu keolahragaan ini juga mendorong riset inovatif dalam bidang keolahragaan, disabilitas, dan bahasa seni dengan memberikan insentif bagi peneliti berprestasi, HAKI, dan artikel jurnal bereputasi, guna mendukung pengembangan SDM unggul dan pemanfaatan iptek untuk pembangunan nasional.

“Sebagai lulusan Unesa, saya berharap kalian segera mendapatkan pekerjaan dan sukses di masa depan. Selamat bergabung dengan IKA Unesa, mari bersama membangun almamater kita,” tegasnya.

Dalam wisuda kali ini, Unesa memberikan penghargaan kepada 12 wisudawan terbaiknya. Mereka adalah:

Lukman Nul Hakim (D4 Kepelatihan Olahraga, IPK 3,86)
Annis Annafik Majik (S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPK 3,96)
Miftahul Afifur Rohman (S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IPK 3,96)
Aisyah Kholifatul Hanifah (S-1 Matematika, IPK 3,93)
Mawar Setya Ningrum (S-1 Pendidikan Geografi, IPK 3,91)
Nurun Nafisah (S-1 Teknik Informatika, IPK 3,93)
Aulya Safiyna Nuuril Anwari (S-1 Ilmu Keolahragaan, IPK 3,88)
Asmaul Khusnah (S-1 Pendidikan Ekonomi, IPK 3,95)
Meldydan Ony Ilhamsyah (S-1 Ilmu Hukum, IPK 3,83)
Abdul Khodir (S-1 Psikologi, IPK 3,68)
Novita Aprilia (S-2 Pendidikan Ekonomi, IPK 4,00)
Octavian Serka Yudha Pratama (S-3 Ilmu Keolahragaan, IPK 3,93).(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait