Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI di Atas KA

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79, Sabtu (17/08/2024), tetap dilakukan para pelanggan KAI 8 Surabaya, baik yang berada di stasiun maupun yang sedang melakukan perjalanan di atas KA.

Di hari spesial ini, KAI Daop 8 Surabaya membagikan bendera kecil kepada para pelanggan KA jarak jauh dan yang berada stasiun-stasiun wilayah operasionalnya.

Kemudian, menjelang detik-detik peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79, petugas KAI melalui pengeras suara meminta seluruh pelanggan KA yang berada di stasiun maupun yang di dalam KA untuk berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Tepat pukul 10.10 WIB, lagu Indonesia Raya pun berkumandang di stasiun maupun di atas kereta, dan diakhiri dengan kibaran bendera-bendera kecil merah putih oleh pelanggan KA.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif bersyukur detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 tetap bisa diperingati dengan khidmat oleh masyarakat yang sedang melakukan perjalanan dengan KA, baik yang masih di stasiun maupun yang sudah berada di dalam kereta.

Selain mengajak para pelanggan KA memperingati detik-detik proklamasi, dalam merayakan HUT RI ke-79 ini KAI Daop 8 Surabaya juga telah menghias seluruh stasiun di wilayah daerah operasionalnya dengan berbagai ornamen Merah Putih.

“Berbagai ornamen Merah Putih ini merupakan bentuk implementasi cinta tanah air dari KAI untuk Indonesia dalam memajukan moda transportasi umum berbasis kereta api,” ujar Luqman.

Selain itu, untuk lebih menyemarakan lagi, KAI Daop 8 Surabaya juga memasang livery khusus pada sejumlah rangkaian KA jarak jauh. Livery khusus ini berlatar warna merah dengan gambar siluet peta Indonesia logo Kemerdekaan Ke-79 RI dengan tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”, serta tulisan “Dirgahayu Republik Indonesia”.

“Teks pada livery tersebut memiliki makna KAI terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia berbasis moda transportasi kereta api yang sesuai dengan visi misi perusahaan,” terang Luqman.

Dan yang membuat suasana 17-an lebih hidup, para petugas frontliner KAI Daop 8 Surabaya juga menggunakan pakaian adat dan pejuang kemerdekaan saat melayani para pelanggan.

Tidak cuma itu, KAI Daop 8 Surabaya juga membagikan souvenir menarik kepada pelanggan KA jarak jauh kelas Luxury dan Compartmen Suite Class, yakni KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi – Gambir dan KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng – Gambir.

Luqman mengatakan, dengan hadirnya ornamen dan livery serta yang lain di lingkungan KAI dalam memperingati HUT ke-79 RI ini diharapkan dapat memberikan semangat nasionalisme bagi pelanggan KA melalui transportasi kereta api. (Gan)

Teks Foto: Para pelanggan KA di saat upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 di dalam perjalanan kereta.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait