UPT Puskesmas Bendilwungu Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Siswa Baru

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- UPT Puskesmas Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, Melaksanakan kegiatan screening dan pemeriksaan kesehatan untuk siswa/wi baru Sekolah Dasar (SD).

Kali ini, kegiatan screening dan pemeriksaan kesehatan dilaksanakan di SDN Sambijajar, Desa Sambijajar, Kecamatan Sumbergempol.

Hal itu disampaikan oleh, Kepala UPT Puskesmas Bendilwungu, Sigit Jaka Purnama, SKM, M.Kes, melalui Endang Kusmawati, SKM, Petugas Promotor Kesehatan dan Pemberdaya Masyarakat, disela-sela melakukan kegiatan pemeriksaan siswa/wi. Kamis,(15/08/2024).

Diterangkannya, untuk kegiatan hari ini yakni, screening atau penjaringan kesehatan anak sekolah. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada siswa/wi pada tahun ajaran baru. Kegiatan pemeriksaan meliputi, pemeriksaan kesehatan secara umum, mulai dari mata, telinga dan gigi.

“Untuk pemeriksaan mata, dilakukan pemeriksaan pada buta warna. Jadi dengan dilakukan screening ini, akan cepat terdeteksi apabila ada gangguan kesehatan mata pada siswa/wi tahun ajaran baru ini,” ujarnya.

Lanjut Endang mengatakan, pemeriksaan screening kesehatan anak sekolah, untuk siswa/wi tahun ajaran baru dilaksanakan setahun sekali, tetapi setiap bulannya juga ada pemeriksaan berkala.

“Jadi untuk kegiatan pemeriksaan setiap bulannya menyesuaikan jadwal yang sudah disepakati dengan sekolah. Terpenting, semua kesehatan siswa/wi di wilayah kerja UPT Puskesmas Bendilwungu bisa terpantau dengan baik,” katanya.

“Untuk sekolah yang lain setara SD/MI, sudah terjadwal ful di bulan Agustus sekitar 24 sekolahan. Kemudian, untuk jenjang SMP dan SMA pelaksanaannya di Bulan September,” tambahnya.

Karena ini sudah menjadi program wajib dari pemerintah setiap tahun dilakukan, pihaknya berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut dilaksanakan.

“Harapannya, kegiatan pemeriksaan ini terus berlanjut, tentunya dengan meminta dukungan dari pihak sekolah. Ketika pihak sekolah juga mendukung dan menunjang program kami, disitu kegiatan bisa lancar dan sukses,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait