Varices Kaki, Apa Obatnya..?

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Bu Satiyem usia38 tahun,anak 6 dan nempunyai 6 anak,pada betis kedua kaki tampak ada Varices kiri kanan yang jelas
dan timbul pembuluh darah berkelok kelok dan efeknua kalau jalan jsuh cepat capek,beda dengan bu inem yg gemuk
Pendek baru lahir 2anak ,kedua kaki nampak jelas ada pembuluh darah berkelok dan tak bisa jalan jauh, apa sebenar
Nya Varices kaki dan bagaimana mengobtinya.

Varises adalah pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang umumnya terjadi pada bagian kaki akibat penumpukan darah. Bagi seseorang yang mengidap varises, pembuluh vena mereka dapat terlihat menonjol keluar berwarna biru atau ungu tua. Kadang-kadang, bentuknya menyerupai simpul atau tali berpilin.Varises dapat terjadi di semua pembuluh vena pada tubuh. Namun, kondisi ini paling sering terjadi di kaki (terutama betis) karena tekanan yang besar saat kita berdiri atau berjalan.

Pernahkah Anda memperhatikan tampilan berupa garis biru kehijauan yang samar di kaki? Pada beberapa jenis kulit, pembuluh darah dapat terlihat dengan jelas. Namun pada beberapa kasus, hal ini bisa menjadi sebuah tanda akan kondisi tertentu, misalnya kemunculan varises di kaki.

Varises merupakan pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang terjadi akibat penumpukan darah. Penumpukan darah ini bisa disebabkan oleh kerusakan atau melemahnya katup vena. Varises paling sering muncul di kaki. Sebab, posisi berdiri atau berjalan tegak dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di tubuh bagian bawah Anda.Varises di kaki termasuk kondisi yang umum dialami oleh banyak orang. Diperkirakan 3 dari 10 orang dewasa berisiko mengalami varises.

Pada beberapa kasus, varises tidak menimbulkan rasa sakit. Hanya saja, akan ada perubahan pada penampilan fisik seperti terlihatnya pembuluh darah berwarna ungu tua atau biru, serta pembuluh darah yang tampak bengkok dan lebih menonjol.

GEJALA VARICES KAKI
1. mati rasa di kaki,
2. sakit pada pergelangan kaki atau sepanjang kaki,
3. pergelangan kaki yang terasa gatal, berdenyut, atau sensasi seperti terbakar,
4. kemerahan dan bengkak di sekitar kaki,
5. ulserasi atau kerusakan kulit di sekitar kaki yang terdampak, serta
6. kaki lebih terasa berat dan sering kram.

PENYEBAB VARICES
Varises terjadi ketika pembuluh darah tidak mampu memompa darah ke kaki dengan cukup, sebab pembuluh darah vena melemah dan tidak mampu menciptakan tekanan yang memadai, sehingga menyebabkan darah naik kembali.Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan terjadinya arus balik darah dan penumpukan darah dalam pembuluh vena. Penumpukan inilah yang kemudian menyebabkan pembuluh tersebut melebar dan menimbulkan varises

FAKTOR PENCETUS VARICES
1. usia: penuaan menyebabkan katup di pembuluh darah menjadi aus, sehingga darah jadi mengalir kembali ke tempat yang sebelumnya telah dilewati,
2. berjenis kelamin perempuan: perubahan hormon sebelum menstruasi, selama kehamilan, atau menopause dapat membuat dinding pembuluh darah vena mengendur,
3. riwayat keluarga: bila ada keluarga lain yang memiliki varises, ada kemungkinan Anda juga memiliki penyakit yang sama, serta
4. obesitas: kelebihan berat badan dapat memberikan tekanan tambahan pada pembuluh darah, terutama bila Anda berdiri atau duduk dalam waktu yang lama.

PENATALAKSANAAN VARICES
1. Olahraga teratur
2. Jaga berat badan
3. Menggunakan stoking kompresi

KOMPLIKASI VARICES
1. Tromboflebitis, yakni kondisi saat terjadi penggumpalan darah dan peradangan pada pembuluh vena kecil yang letaknya berdekatan dengan permukaan kulit. Gejalanya ditandai dengan rasa sakit dalam bagian yang terkena varises dan kulit yang tampak memerah.
2. Trombosis vena dalam. Penyebabnya hampir sama dengan tromboflebitis, yakni penggumpalan darah di dalam pembuluh. Gejala trombosis vena dalam berupa bengkak dan nyeri pada kaki.
3. Tukak atau luka terbuka. Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan cairan di dalam jaringan yang mengarah pada meningkatnya tekanan darah di dalam pembuluh vena. Lama kelamaan, luka akan terbentuk pada kulit sekitar area varises dan akan terasa sangat sakit. Bagian yang biasanya rentan mengalami komplikasi ini adalah pergelangan kaki. Kondisi ini terjadi saat pembuluh vena yang mengalami varises mengalami pecah. Pendarahan yang terjadi biasanya bersifat ringan.

PENCEGAHAN TIMBUL VARICES
1. Lakukan olahraga secara teratur untuk meningkatkan kekuatan otot kaki dan melancarkan peredaran darah.
2. Usahakan untuk menghindari penggunaan pakaian sempit atau ketat pada bagian pinggang, paha, dan kaki.
3. Kurangi konsumsi garam untuk menghindari pembengkakan.
4. Kurangi makanan pedas yang bisa merangsang pelebaran pembuluh darah.
5. Berhenti merokok karena dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah.

vena agar ikut mengalir bersama darah. Kemudian, dokter akan memperhatikan tingkat kelancaran aliran zat tersebut. Jika tidak lancar, maka ini bisa menjadi pertanda bahwa ada penggumpalan darah di dalam pembuluh vena.

PENGOBATAN VARICES
1. memakai stoking antivarises atau disebut juga bebat kompresi.
2. Hindari berdiri terlalu lama dan luangkan beberapa saat untuk mengistirahatkan kaki dalam posisi tubuh direbahkan dengan diberi penyangga (posisi kaki lebih tinggi dari badan).
3. menjaga berat badan ideal dan rutin berolahraga
4. operasi pengangkatan pembuluh vena yang mengalami varises
5. Operasi penutupan pembuluh vena dengan menggunakan bahan khusus berbentuk busa (skleroterapi)
6. dengan menggunakan panas (endothermal ablatio

KESIMPULAN:
Varises adalah pelebaran atau pembengkakan pembuluh darah vena akibat penumpukan darah di dalam pembuluh tersebut. Kondisi ini menyebabkan pembuluh vena berwarna keunguan atau biru gelap, dan tampak menonjol.
Varises dapat terjadi di pembuluh vena mana pun dalam tubuh. Namun, kondisi ini paling sering terjadi di area tungkai, terutama betis, karena adanya tekanan saat berdiri atau berjalan. Varises juga dapat muncul di bagian panggul, anus (wasir), testis, perut, hati, atau kerongkongan (varises esofagus).Varises lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Kondisi ini juga lebih berisiko dialami oleh orang yang berat badannya berlebih, atau orang yang pekerjaannya mengharuskan ia berdiri atau duduk dalam waktu lama.Demikian ulasan singkat ini. Semoga bermanfaat.
RobertoNews 1272《18.3.22(07.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait