Wabup Gresik Harap Job Fair Disnaker Tekan Angka Pengangguran

  • Whatsapp

GRESIK,beritalima.com- Pemkab Gresik melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker)menggelar Job Fair 2024 SMK Assa’adah Kecamatan Bungah, Kamis (5/9/2024).

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah membuka kegiatan yang mengusung _Tagline_ “Kolaborasi Pendidikan dan Industri Menuju Masa Depan Gemilang” dengan diikuti sekitar 1.500 pelamar job fair atau bursa kerja.

“Ada 20 perusahaan yang mengikuti bursa kerja bertajuk Job Fair Career Expo SMK Assa’adah 2024. Terdapat 42 posisi lowongan kerja dengan jumlah permintaan mencapai 709 tenaga kerja, ” terang Bu Min sapaan akrab wabup.

Mantan Kepala Sekolah SMK Assa’adah itu berharap, dengan adanya job fair menjadi upaya penekanan angka pengangguran terbuka di Kabupaten Gresik.

Selain job fair Pemkab Gresik melalui Disnaker juga menggelar pelatihan kerja untuk menciptakan wirausahawan dan mencetak tenaga kerja terampil.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja. Ada pelatihan untuk operator alat berat hingga pelatihan barista bagi yang ingin berwirausaha cafe maupun warung kopi, ” kata Bu Min.

Wabup Bu Min menambahkan, adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) merupakan tantangan pemerintah daerah akan kebutuhan tenaga kerja. Apalagi perusahaan saat ini sudah menerapkan teknologi atau lebih mengoptimalkan tenaga mesin dan robot.

“Ini tantangan terbesar untuk kita khususnya dunia pendidikan untuk ciptakan generasi siap kerja yang berkualitas dan siap bersaing. Berdasarkan data, angka pengangguran terbuka di Kabupaten Gresik berada di angka 6,82 persen. Ini masih tinggi diatas Jawa Timur,” ungkapnya.

Maka, lanjut Bu Min, Pemkab Gresik membuat peraturan daerah (Perda) tentang penyerapan tenaga kerja pada Nomor 7 tahun 2022. Peraturan ini berisi tentang penggunaan tenaga kerja lokal minimal 60 persen di perusahaan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Gresik.

“Mudah mudahan dengan adanya job fair ini merupakan upaya kita untuk mengurangi angka pengangguran,” pungkasnya.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait