Wagub Sumbar Resmikan Pameran Sejarah Pers di Museum Aditiawarman

  • Whatsapp

PADANG,beritaLima.com – Pameran Sejarah Pers di Museum Aditiawarman, Padang Sumatera Barat resmi dibuka hari ini (Jumat, 1/12/2017). Pembukaannya dilakukan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit. Pameran dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 tersebut akan berlangsung hingga Mei 2018 mendatang.

Nasrul Abit dalam sambutan pembukaannya menyatakan, Pameran Sejarah Pers memiliki arti penting bagi Sumatera Barat. Pers di Indonesia sangat erat kaitannya dengan Sumatera Barat karena tokoh Pers Adinegoro berasal dari Sumatera Barat. Demikian juga tokoh pers perempuan Indonesia Rohana Kudus juga dari Sumatera Barat.

“Sejarah pers Indonesia itu sangat erat kaitannya dengan Sumatera Barat karena tokoh pers berasal dari Sumatera Barat,” kata Nasrul.

Pameran itu sendiri, lanjutnya, akan menjadi salah satu kegiatan yang akan mewarnai peringatan HPN 2018 mendatang dimana Sumatera Barat menjadi tuan rumah. Melalui Pameran Sejarah Pers, masyarakat dapat menyigi perjalanan jurnalistik tanah air melalui bukti-bukti sejarah yang ditampilkan dalam pameran tersebut.

“Dengan pameran ini, masyarakat dapat menyigi sejarah perjalanan pers tanah air, mulai dari zaman pergerakan kemerdekaan hingga sekarang melalui bukti sejarah yang ditampilkan,” katanya.

Pameran Sejarah Pers di Museum Aditiawarman tersebut menampilkan berbagai bukti sejarah perjalanan pers di Indonesia, berikut dengan peralatan jurnalistik seperti mesin ketik tua serta alat rekaman dan sebagainya. Disamping itu juga dipamerkan berbagai media cetak yang terbit pada masa pergerakan kemerdekaan tempo dulu.

Pihak penyelenggara juga menampilkan profil dua tokoh pers Indonesia asal Sumatera Barat Adinegoro dan Rohana Kudus. Adinegoro merupakan tokoh pers yang telah membesarkan kantor berita ANTARA sedangkan Rohana Kudus merupakan jurnalis perempuan pertama yang menerbitkan koran perempuan pertama di Indonesia, Oetoesan Melaju.

(rki)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *