Walikota Madiun Nikahkan 18 Pasang ‘Putra Putri’nya di Depan Replika Ka’bah

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Dalam rangka Hari Jadi Ke-105 Kota Madiun, Pemkot setempat menggelar nikah massal gratis di depan replika Ka’bah, di Pahlawan Religi Center (PRC), Sabtu 8 Juli 2023.

Bahkan, Walikota Madiun, H. Maidi, bersama Ketua TP PKK, Ny. Hj. Yuni Maidi, menyaksikan langsung jalannya pernikahan massal 18 pasangan ini. Termasuk Sekda, Soeko Dwi H, dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Walikota Madiun, H. Maidi, berharap, nantinya pasangan yang baru nikah ini, dapat menjalin rumah tangga yang bahagia, sakinah, mawadah, warohmah.

“Kami ingin semua warga Kota Madiun, bahagia, yang ingin nikah tapi tidak punya biaya, kita nikahkan. Semua kita cukupi. Agar mereka bahagia. Gizi kita cukupi agar nanti keturunannya sehat agar tidak mengalami stunting (pertumbuhan anak tidak normal),” tutur H. Maidi.

Tak hanya fasilitas pernikahan, lanjutnya, Pemkot juga menyediakan uang mahar untuk calon istri yang sebelumnya diserahkan oleh pemerintah ke calon suami. Termasuk mahar seperangkat alat shalat, semua difasilitasi oleh Pemkot.

Tak hanya itu, Pemkot juga memberikan fasilitas bulan madu di hotel bintang 5, Aston, kepada 18 pasangan selama satu malam.

“Jangan hanya orang kaya saja yang bisa menginap di hotel. Mereka kami beri fasilitas bulan madu di Hotel Aston,” tambahnya.

Malam harinya, masih dalam rangkaian Hari Jadi Ke-105 Kota Madiun, Pemkot memanjakan 18 pasangan ini dengan pengajian umum Madiun Bersholawat bersama Habib Husein, di PRC.

Sedangkan resepsi, digelar pada Minggu (9/7/2023) dengan mengundang anak stunting, orang dalam gangguan jiwa (ODGJ), dan warga kurang mampu, termasuk seluruh keluarga mempelai.

“Kota Madiun terdapat 55 taman yang semua diberi penerangan pada malam hari. Madsudnya apa, pacaran di taman boleh, tapi jangan memberi ‘bukti’ dulu atau yang sopan. Berkat ini, angka nikah dini di Kota Madiun terendah di Jawa Timur. Yakni hanya 16 pasang,” tandasnya.

Untuk diketahui, berkat sukses membahagiakan warga, termasuk menurunkan angka stunting dan mencegah pernikahan dini melalui program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana), Walikota Madiun, H. Maidi, mendapat penghargaan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden.

Perhargaan bergensi ini diserahkan Wapres Ma’ruf Amin, di Banyuasin, Sumatra Selatan, 6 Juli 2023, kemarin. (ADV/Dibyo).

H. Maidi (nomor 2 dari kanan, bawah)/foto Setpres.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait