Warga Apresiasi Satgas TMMD 104 dan BKKBN Gelar Penyuluhan dan Pelayanan KB 

  • Whatsapp
Kao Barat. Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Kodim 1508/Tobelo, dengan sasaran fisik dan non fisik di Kecamatan Kao Barat Kab. Halmahera Utara semakin menunjukkan hasil yang memuaskan. Pantauan langsung di lokasi, kegiatan yang dilakukan mulai dari pembukaan sampai saat ini terus diisi dengan berbagai agenda kegiatan baik itu secara fisik maupun non fisik.
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bekerjasama dengan Satgas TMMD melakukan penyuluhan dan pelayanan KB di ruang kelas TK PAUD Kasih Ibu Desa Toliwang dan di SMA N 12 Halut Desa Margomulyo Kec. Kao Barat Kab. Halmahera Utara Prov. Maluku Utara, Rabu (06/03/19).
Kegiatan yang di hadiri Sekertaris DP3AKB Efrina Hendrik, Kepala Bidang KB Oda Liedang Kawenggo, Kasubid Ketahanan Keluarga Mariani Habeahan, Kasubid Kesertaan Ber KB Timar Surbakti, Staf BKKBN (Vandri Huragana dan Deviana Luwuniaung), mewakili Kepala Desa Yeret Buail (Sekdes Toliwang), masyarakat Desa Toliwang dan siswa siswi SMA 12 Halut.
Kepala Bidang KB Oda Liedang Kawenggo mengatakan, Program KB bukan merupakan yang baru tapi merupakan program yang telah dicanangkan tiap tahunnya oleh Pemerintah. Program KB merupakan program yang sangat penting karena bertujuan untuk menekan laju pertumbuhan masyarakat, mengingat laju pertumbuhan masyarakat di wilayah Indonesia sangat tinggi.
Kehadiran tim Penyuluh BKKBN disini bukan hanya memberikan penyuluhan tentang KB, tetapi kami akan memberikan pengetahuan tentang bahaya hamil di usia dini, HIV AIDS dan masalah lainya yang berhubungan tentang kesehatan, katanya.
Kami mengharapkan setelah adanya penyuluhan ini masyarakat bisa memahami tentang program KB, terutama ibu-ibu yang sudah berumur diatas 35 tahun dapat mengerti apabila umur-umur diatas itu sangat berbahaya kalau mengandung karena rawan kematian pada ibunya, harapnya.
Di wilayah Halut, kami menemukan banyak kasus tentang anak-anak yang mengalami gizi buruk yang diakibatkan oleh keterbatasan ekonomi masyarakat/orang tua, tentunya dengan program KB diharapkan dapat mengurangi kasus kasus tersebut. Kami sangat berterima kasih kepada pihak TNI dengan program TMMD nya dapat memfasilitasi kami untuk memberikan penyuluhan di wilayah Kao Barat ini, katanya.
Salah satu warga Desa Toliwang yang ditemui saat penyuluhan mengatakan, sangat senang dengan adanya  penyuluhan dan pelayanan, yang sangat penting bagi saya dan warga Desa yang sangat minim dengan pengetahuan, saya sangat berterima kasih kepada pihak TNI maupun Dinas Kesehatan juga BKKBN yang sudah membantu warga, yang saya tahu TNI akan bekerja memperbaiki jembatan atau yang lain ternyata banyak yang dilakukan TNI, sekali lagi terima kasih, ungkapnya.
Sementara Dansatgas TMMD 104 Letkol Kav Tri Sugiarto saat di konfirmasi oleh awak media mengatakan, penyuluhan KB untuk keluarga sangat berguna dalam pengaturan jenjang kelahiran anak, cara-cara untuk ber KB dan manfaat yang diperoleh dari ber KB. Manfaatnya misalnya mewujudkan keluarga kecil menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera, jelasnya. (WYU – 1508).
Autentifikasi Nomor : B/067-PEN/III/2019
beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *