Warga Kalong Dagul Gunakan Rakit, LaNyalla: Pembangunan Desa Tak Boleh Dilupakan

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Saat pembangunan infrastruktur gencar dilakukan, sebuah kabar miris terdengar dari Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang notabene tidak jauh dari ibukota negara, Jakarta. Masyarakat Kampung Kalong Dagul tepatnya bagian dari Desa Kalong Sawah di Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, harus memanfaatkan rakit untuk mendukung aktivitas.

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengaku miris mendengar kabar itu. “Secara lokasi, Kabupaten Bogor dekat dengan Jakarta. Seharusnya, kondisi seperti ini bisa diatasi. Apalagi Kabupaten Bogor juga menjadi daerah penunjang buat Jakarta,” tutur kata LaNyalla di komplek Parlemen Senayan, Jakarta kemarin.

Desa Kalong Sawah hanya berjarak sekitar 35 kilometer dari Istana Bogor di Kota Bogor dan 56 km dari pusat Pemerintahan Kabupaten Bogor di Cibinong. Desa ini kekurangan infrastruktur dasar di tengah pesatnya pembangunan di kawasan aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

“Masalah di desa ini terjadi sejak 1 Januari 2020. Kala itu jembatan 60 meter yang menghubungkan Kampung Kalong Dagul dengan Garisul, rusak tersapu banjir bandang. Karena tidak kunjung diperbaiki, masyarakat menjadikan rakit bambu sebagai andalan,” kata LaNyalla.

Senator dari Dapil Provinsi Jawa Timur itu mengatakan, kondisi ini sangat membahayakan. “Masyarakat harus bertaruh nyawa untuk beraktivitas. Kondisi ini harusnya mampu mengetuk kepedulian kita semua. Apalagi, terkadang yang melintas dengan rakit itu adalah anak-anak dan lansia,” tutur dia.

Karena itu, LaNyalla berharap pembangunan infrastruktur yang sedang gencar dilakukan di kawasan Jabodetabek juga menyentuh masyakarat di Desa Kalong Sawah. “Pembangunan infrastruktur di desa tak boleh dilupakan karena dari desa kemakmuran dan ekonomi bisa berputar. Peran desa cukup sentral, sehingga nasib mereka harus diperhatikan,” demikian AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait