Warung Tenda Pasegeran” Geliat Pertumbuhan Ekonomi Warga Sasaran TMMD

  • Whatsapp

BANJARNEGARA – BEIRTALIMA.COM – “Warung Tenda Dadakan” Geliat ekonomi warga Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum, yang menjadi sasaran TMMD Reguler 102 Kodim 0704 Banjarnegara mulai terlihat pertumbuhannya.

Semula hanya areal persawahan warga, namun berkat adanya TMMD yang akan dibuka 10 Juli ini, warung-warung tenda warga tersebut mulai didirikan menyambut peresmian hajatan pembangunan desa oleh TNI di wilayah Kecamatan Pandanarum itu. Ini tentunya bonus tersendiri bagi warganya selain akan dimanjakan dengan pembangunan jalan cor sebagai sasaran utama TMMD, menuju desa sepanjang 1.170 meter lebar 3 meter plus dengan saluran air (drainase) sepanjang 100 meter lebar 65 Cm, yang nantinya dapat juga dimanfaatkan untuk meningkatkan pertanian warga.
Pembangunan lainnya adalah bronjongisasi di beberapa titik tebing jalan yang rawan longsor dengan total pembangunan sepanjang 56 meter, serta pembangunan Talut sepanjang 100 meter untuk mengamankan jalan yang sedang dibangun ini. Sedangkan bagi warga yang rumahnya belum mempunyai jamban, akan dibangun 32 Unit jamban bantuan dari rekanan Kodim yang diantaranya dari Bank Jateng, Bank BRI, Bank Surya Yudha, Bank Gunung Simping serta dari PT. Geodipa Banjarnegara.

10 orang warga juga akan mendapatkan bedah RTLH plus jambanisasi bagi rumah yang belum memilikinya.

Salah satu pemilik warung dadakan adalah milik Slamet (35) warga Pasegeran Rt. 05 Rw. 04 setempat yang kesehariannya sebagai petani padi dan jagung. Warung-warung ini berlokasi disebelah atas lapangan desa tempat upacara pembukaan TMMD, namun setelah itu warga akan menggesernya dilokasi-lokasi dimana pembangunan fisik TMMD dikerjakan. Para warga umumnya menjual nasi bungkus, mie rebus, air mineral, rokok, kopi dan jenis minuman lainnya.

Slamet dengan semangat mengatakan, hasil dari usahanya itu bisa menambah nafkah keluarganya. Lebih lanjut, Slamet mengatakan keberadaan warung dadakan dilokasi TMMD ini akan menjamur, karena mengingat lokasi yang jauh dari pasar maupun warung warga.

Sementara Kades setempat, Aris Winarno sangat menyambut baik atas geliat pertumbuhan ekonomi warganya yang akan berjualan selama TMMD untuk menambah pendapatan keluarga. “Sebagai pimpinan desa, saya tetap menghimbau warga, untuk tetap mendukung penuh pembangunan di desa. Menambah ekonomi perlu, namun yang paling utama adalah bergotong royong memajukan desa lewat pembangunan bersama TNI,” ucapnya.(pendim0704bna)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *