Wisuda ke-130, ITS Cetak 4.587 Lulusan Berkualitas

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali mencetak para lulusan baru dalam gelaran Wisuda ke-130 di Graha Sepuluh Nopember ITS, mulai Sabtu (21/9/2024).

Perhelatan akbar yang digelar dalam empat hari hingga 29 September mendatang kali ini mengukuhkan sebanyak 4.587 wisudawan yang berkualitas.

Dalam sambutannya, Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD menyampaikan kebanggaannya kepada para wisudawan yang telah berhasil lulus dari berbagai jenjang mulai dari Sarjana Terapan (D4), Sarjana (S-1), Magister (S-2), dan Doktor (S-3).

Di antara lulusan tersebut, sebanyak 1.895 wisudawan berhasil meraih predikat cum laude.

“Hal ini membuktikan adanya dedikasi yang tinggi sebagai mahasiswa kampus Ibu yang Luhur ITS,” tutur Bambang bangga.

Pada hari pertama gelaran wisuda, mengukuhkan sebanyak 1.138 wisudawan dari Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian (FTSPK) serta Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD).

Dilanjutkan pada hari kedua, Minggu (22/9/2024), sebanyak 1.271 wisudawan dari Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD), Fakultas Teknologi Kelautan (FTK), serta Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi (SIMT) yang akan melaksanakan prosesi wisuda dalam dua sesi.

Dilanjutkan pada hari ketiga dan keempat, Sabtu (28/9/2024) dan Minggu (29/9/2024) mendatang, prosesi wisuda akan diikuti oleh 2.178 wisudawan. Berasal dari tiga fakultas yakni Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS), Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC), serta Fakultas Vokasi (FV).

Wisuda ke-130 ini juga dipenuhi oleh momen prestasi. Antara lain Johnathan Philbert dari Departemen Desain Produk Industri (Despro) yang memantapkan dirinya sebagai wisudawan S-1 terbaik dengan raihan IPK nyaris sempurna, 3,97.

Sementara itu, Renata Zahabiya dari Departemen Statistika Bisnis dan M Aldi Nugroho dari Departemen Teknologi Rekayasa Kimia Industri juga berhasil menjadi wisudawan D4 terbaik dengan meraih IPK 3,88.

Selanjutnya, pada program S-2 sebanyak empat wisudawan berhasil meraih IPK sempurna 4,0. Wisudawan tersebut adalah Ika Safitri dari Departemen Manajemen Bisnis, Muhammad Rifqi Nur Ramadani dari Departemen Biologi, Serli Dwi Rahayu dari Departemen Teknik Kimia, serta Rudy Winarto dari Magister Inovasi Sistem dan Teknologi Energi.

Tidak hanya itu, enam wisudawan program S-3 juga berhasil menjadi wisudawan terbaik dengan raihan IPK maksimal. Mereka adalah Nofalia Andriyani dari Departemen Teknik Sipil, Muhammad Taufiqi dari Departemen Fisika, Ade Sonya Suryandari dan Susanto dari Departemen Teknik Kimia, serta I Made Suwija Putra dan Susana Limanto dari Departemen Teknik Informatika.

Pada perayaan tahunan ini, ITS juga turut membuktikan pencapaiannya di kancah internasional dengan meluluskan sembilan wisudawan asing. Wisudawan tersebut berasal dari Afganistan, Tanzania, Iran, Pakistan, Kamboja, Togo, Libya, dan Bangladesh.

“Capaian ini sebagai salah satu bukti kepopuleran ITS sebagai kampus tujuan mahasiswa asing di Indonesia,” tutur dosen Departemen Teknik Mesin ITS tersebut.

Terakhir, Bambang menyampaikan pesan agar para wisudawan selalu yakin dan tidak boleh menyerah ketika kelak menghadapi kehidupan yang sesungguhnya. Kegagalan, jatuh, dan kesalahan adalah hal yang lumrah, tetapi tidak boleh lupa untuk bangkit kembali.

“Kelak lulusan ITS akan menjadi pemimpin yang hebat dan bermanfaat untuk memajukan ITS dan Indonesia,” tandasnya memberi semangat.

Ada hal tak biasa yang terlihat di tengah prosesi wisuda kali ini. Beberapa wisudawan tampak mengenakan atribut yang menyimbolkan bendera Palestina sebagai bentuk solidaritas kepada bangsa Palestina.

Gerakan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian mahasiswa ITS terhadap isu kemanusiaan yang tengah melanda masyarakat di Palestina.

“Aksi ini sebagai pembuktian bahwa ilmu dan teknologi yang telah didapatkan mahasiswa ITS dapat digunakan untuk menjalankan kebaikan,” tutur salah seorang wisudawan, Faiz Fii Sabili Rahman.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait