Wisudawan Asal Pakistan Serukan Semangat Kontribusi bagi Masyarakat

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Universitas Airlangga (Unair) menggelar prosesi wisuda ke-244 pada Minggu (29/9/2024). Wisuda yang digelar di Airlangga Convention Center (ACC), Kampus MERR-C itu menjadi momen bersejarah bagi ribuan mahasiswa yang merayakan kelulusan.

Shah Faisal, wisudawan asal Pakistan, menyampaikan pesan dan kesannya sebagai perwakilan wisudawan. Ia menegaskan bahwa kelulusan ini bukan hanya tentang ia, tetapi tentang semua wisudawan yang telah berjuang keras untuk mencapai hari ini.

“Ini bukan hanya perayaan bagi saya, tapi untuk seluruh wisudawan,” ungkapnya dengan penuh haru.

Shah berbagi cerita tentang bagaimana perjalanannya penuh dengan pengorbanan dan ketakutan. Hingga akhirnya lulus sebagai wisudawan terbaik dengan IPK sempurna 4,00.

Prestasi Shah tidak hanya berhenti pada kelulusannya, tetapi juga tercermin dalam pencapaiannya di bidang akademik.

Selama lima tahun menempuh pendidikan magister dan doktor, Shah berhasil mempublikasikan beberapa artikel ilmiah yang terindeks Scopus.

Dua di antaranya berada pada kuartil satu (Q1), tingkat tertinggi indeks jurnal internasional.

“Saya juga sangat beruntung belajar di Universitas Airlangga yang sudah mempunyai sistem dan panduan jelas dalam pembelajaran. Hal ini memungkinkan saya tidak hanya untuk lulus tepat waktu, tetapi juga aktif dalam publikasi penelitian,” tuturnya.

Pentingnya Berkontribusi bagi Masyarakat

Selain merayakan keberhasilan, Shah juga menekankan pentingnya peran wisudawan setelah lulus. Baginya, mendapatkan gelar akademis adalah awal dari tanggung jawab yang lebih besar, yaitu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

“Mari kita bersama-sama menjadi bagian penting bagi masyarakat,” ajaknya dengan penuh semangat.

Shah mengingatkan bahwa sebagai lulusan Unair, mereka memiliki tanggung jawab untuk mengambil peran aktif dalam memajukan kehidupan yang beradab.

Ia mengajak wisudawan untuk memanfaatkan ilmu yang telah mereka peroleh untuk berbuat kebaikan dan menciptakan dampak positif di lingkungan sekitar.

Pesan kepada Wisudawan
Pada akhir pidatonya, Shah memberikan motivasi kepada teman-temannya yang telah melalui masa sulit bersama.

“Kalian semua adalah pejuang hebat yang telah melewati berbagai rintangan hingga sampai pada hari ini,” ujarnya.

Ia mengingatkan bahwa segala tantangan dan rintangan selama menempuh pendidikan adalah bekal berharga untuk menghadapi masa depan.

“Jika kita bisa bertahan melalui masa-masa sulit ini, maka kita siap menghadapi apapun yang terjadi di masa depan. Pergilah, keluar, dan taklukkan dunia! Mari kita sampaikan pengetahuan, tebarkan kebaikan, dan perluas wawasan untuk menuju Universitas Airlangga yang maju, Excellence with Morality,” pungkasnya.

Pidato Shah menjadi pengingat bagi seluruh wisudawan Unair bahwa mereka baru saja memulai perjalanan baru. Dengan semangat pantang menyerah, tekad yang kuat, dan keinginan untuk terus berkontribusi, ia menginspirasi teman-temannya untuk menghadapi masa depan dengan penuh keyakinan dan keberanian.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait