Yokonias : NKRI Itu Ada di Papua

  • Whatsapp

TORAJA UTARA,beritalima.com-“Kalau mau lihat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) itu ada di Papua,” kutipan ungkapkan yang dilontarkan oleh Camat Rantepao,Drs.Yokonias Aibini, selaku putra Papua yang menduduki Camat Rantepao saat ini,benar-benar menyentuh hati.

Apa yang disampaikan oleh Camat Rantepao,NKRI adalah sebagai perekat negara Indonesia yang mempersatukan bangsa ini.

Dirinya merasa prihatin,apa yang terjadi akhir-akhir ini sejumlah kelompok tertentu kesannya telah “mengobok-ngobok” negara Indonesia,kesimpulannya, telah mencederai rasa kebangsaan dengan Kebhinnekaan yang ada,dan selama ini terjaga dengan baik dengan UU 45 dan Pancasila sebagai dasar negera ini.

Namun,akhir-akhir ini rasa kebangsaan itu nampaknya nyaris terkikis akibat ada propokasi yang berbau SARA,serta adanya kelompok tertentu menyebar rasa kebencian untuk mengadu domba bangsa sendiri.

“Kalau berbicara kebangsaan saya tidak banggakan di Papua,di Papua semua suku ada,Jawa,Batak,Daya,Toraja,Bugis,Ambon dan Flores,itu semua ada di Papua.Kehadiran mereka di Papua bukan sekedar warga biasa,namun mereka di Papua turut serta memegang peran,ada jadi Sekda,DPRD,Bupati dan yang lainnya,tapi kami warga Papua asli tidak pernah merasa adanya dikotomi,perbedaan Papua dengan Jawa,kami merasa satu yaitu bangsa Indonesia,”jelas Yokonias saat bincang-bincang diruang kerjanya,Kamis,18 Mei 2017.

Pudarnya nilai kebangsaan,akibat adanya blok-blok yang diciptakan oleh oknum tertentu,”Ingat,pendiri bangsa ini dibangun dengan politik,tapi bangsa ini akan hancur akibat ada skat-skat politik dengan ego masing-masing tidak bertindak secara bijak dan arif untuk menjaga keutuhan bangsa dan bernegara.(Gede Siwa).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *