Apakah Selaput Dara Robek Sudah Tak Perawan……?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dt.Robert Arjuna FEAS *
Saudara Dahulu kala Keperawanan adalah sebuah tolak ukur dalam sebuah perkawinan,Di malam pertama pasangan pegantin baru selalu disiapkan sebuah handuk putih kecil di atas bantal untuk membuktikan apakah ada percikan dalam waktu melakukan sexual pertama seorang istri masih perawan atau tidah namum berjalan waktu adat ini mulai luntur bahwa keperawanan bukan merupakan tuntutan utama dalam sebuah pernikahan bahkan lebih modern sudah sebelum nikah perut sudah berisi artinya perskot dulu baru menikah. Olala
Mitosnya, saat pertama kali seorang wanita berhubungan badan akan terjadi kondisi berupa robeknya selaput dara yang menyebabkan keluarnya darah dari vagina wanita. Namun sebenarnya kondisi robek pada selaput dara berasal dari berbagai aktivitas, seperti berolahraga, cedera, pemeriksaan vagina, masturbasi, atau penetrasi seksual, beberapa akibat lainnya.
Selaput dara adalah selapis jaringan yang berada pada bukaan vagina,dapat juga disebut sebagai lubang kemaluan. Secara normal, semua selaput dara pasti memiliki lubang bukaan. Karena jika tidak, maka darah menstruasi tidak akan bisa keluar.Lubang yang terdapat di selaput dara ukurannya bisa berbeda. Namun umumnya, bukaan yang ada pada jaringan ini berukuran sebesar jari, atau tampon ukuran kecil. Ketebalannya pun bervariasi. Beberapa wanita memiliki selaput dara yang tebal. Namun sebagian lain memiliki lapisan yang tipis. Bahkan, ada juga wanita yang sama sekali tidak memiliki selaput dara sejak lahir.Hingga saat ini, fungsi selaput dara untuk tubuh belum begitu jelas. Namun, beberapa ahli mengatakan bahwa lapisan ini bisa saja berada di vagina untuk menghadang masuknya bakteri kedalam tubuh.
Keperawanan sering dikaitkan dengan keberadaan selaput dara.Hal ini karena wanita dengan selaput dara yang masih utuh atau belum robek dianggap masih perawan. Benarkah demikian.?
Stigma ini harus dihilangkanTahukah secara anatomis, bentuk selaput dara memang tidak benar-benar menutupi lubang kemaluan? Adanya “lubang” di selaput dara adalah normalJustru, selaput dara yang menutupi seluruh lubang kemaluan adalah suatu bentuk kelainan, yang disebut sebagai imperforasi selaput dara. Selaput dara sangat elastis. Sehingga ada beberapa wanita yang tidak pernah mengalami perdarahan meski aktif berhubungan seksual
Dalam kenyataan perkawinan saat melakukan hubungan seksual pertama kali dengan seorang wanita dan tidak terjadi perdarahan ringan,banyak pria yang menyimpulkan bahwa wanita tsb sudah tidak perawan.pemikirans ini sebenarnya
sangat keliru, untuk menjelaskan hal ini kami turunkan artikel untuk anda simak,selamat membaca

TAHUKAH SELAPUT DARA ITU UNTUK APA.?
Selaput dara adalah lapisan yang sangat tipis dan merentang di bagian bawah vagina. selaput dara memiliki bentuk layaknya bulan sabit atau donat kecil. Umumnya selaput dara berbentuk seperti cincin dengan adanya lubang kecil. Lubang tersebut berfungsi untuk mengeluarkan darah ketika menstruasi.
Fahimeh Sasan, M.D., seorang dokter obgyn di The Mount Sinai Hospital New York mengatakan :”Hymen atau selaput dara tidak benar-benar menutupi bagian vagina wanita. selaput dara yang dimiliki wanita tidak sama semua atau memiliki bentuk yang beragam (normal dan abnormal).
Selaput dara yang abnormal adalah kondisi di mana terdapat dua lubang pada jaringan vagina. Hal ini membutuhkan pembedahan atau operasi kecil untuk memisahkan selaput dara yang memang berlubang (normal) dan tidak. Pada wanita muda keadaan tersebut akan menyebabkan rasa keram yang berlebih di saat menstruasi.
Selaput dara yang sudah robek tidak selalu menandakan bahwa seorang wanita sudah tidak lagi perawan. Faktanya, robeknya selaput dara tidak hanya disebabkan oleh hubungan seksual,tapi juga bisa disebabkan hal lain yang mungkin tidak disadari oleh wanita itu sendiri. Begitu memasuki masa pubertas, selaput dara cenderung lebih tebal dan elastis dibanding sebelumnya. Perubahan yang terjadi pada selaput dara ini dipengaruhi oleh adanya perubahan hormon, termasuk hormon estrogen.
Mengaitkan keperawanan dan keutuhan selaput dara sebenarnya kurang tepat. Perlu diketahui bahwa tidak semua wanita terlahir dengan selaput dara dan ada bentuk selaput dara yang tidak robek saat melakukan hubungan seks pertama kali. Robeknya selaput dara karena :
1. Cedera saat berkuda
2. Cedera saat bersepeda
3. Masturbasi menggunakan alat bantu seks
4. Menggunakan tampon

Hubungan pandangan Selaput dara dan keperawanan
Bentuk selaput dara bisa berbeda-beda pada setiap orang. Begitu juga dengan definisi keperawanan. Seseorang dikatakan sudah tidak perawan, apabila telah melakukan hubungan seksual. Namun, hubungan seksual dapat dilakukan dengan bermacam cara dan tidak hanya dengan penetrasi penis ke vagina.

TIPE SELAPUT DARA
Setiap wanita bisa memiliki bentuk selaput dara yang berbeda. Bentuk yang paling umum adalah bentuk bulan sabit. Bentuk ini akan mempermudah darah menstruasi keluar dari vagina. Bentuk selaput dara lain yang bisa dimiliki wanita adalah:
1. Imperforasi selaput dara
Imperforasi selaput dara adalah kondisi selaput dara yang menutupi seluruh lubang vagina. Kondisi ini merupakan suatu kelainan, karena membuat darah menstruasi tidak bisa keluar dari vagina. Kondisi tersebut dapat diatasi dengan operasi kecil. Dokter akan membuat pembukaan pada selaput dara dan membuat lubang vagina berukuran normal, sehingga darah menstruasi yang diproduksi dapat keluar dengan lancar.

2. Mikroperforasi selaput dara
Hampir sama dengan imperforasi. Hanya saja, masih terdapat sedikit sekali pembukaan di lapisannya. Kondisi ini tidak mengganggu keluarnya darah menstruasi dari vagina,namun akan membuat kesulitan wanita mnggunakan tampon saat menstruasi.

3. Septum selaput dara
Selaput dara dengan septum, memiliki pembatas di tengah-tengah lubangnya, dan membuatnya terlihat seperti mempunyai dua bukaan.kondisi ini dapat diatasi dengan operasi. Dokter akan menghilangkan septum tersebut dengan menyingkirkan kelebihan jaringan, agar bukaan vagina bisa berukuran normal.
Demikian sajikan kami ini semoga bermanfaat untuk kita semuanya bahwa adanya atau robeknya selaput darah tidak mutlak patokan menentukan seorang wanita dikatakan perawan or not.selamat hari kemerdekaan RI ke 76, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.
Roberto News 1012 《19.8.21(20,54)》
• Praktisi Dokter dan Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait