BEI Luncurkan Program Duta Pasar Modal, Beri Penghargaan Galeri Investasi

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | PT Bursa Efek Indonesia (BEI) belum lama ini meluncurkan program Duta Pasar Modal di acara Penghargaan Galeri Investasi (GI) BEI yang digelar di Main Hall BEI di Jakarta.

Direktur Utama BEI Iman Rachman mengatakan, tujuan program ini untuk meningkatkan partisipasi dan kontribusi masyarakat dalam meningkatkan literasi serta inklusi keuangan, khususnya investasi di pasar modal, didukung dengan pembekalan informasi dasar yang baik sekaligus sesuai melalui Learning Management System (LMS) Edukasi Keuangan milik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan program Sekolah Pasar Modal (SPM) dari BEI.

“Dengan adanya program ini kami mengharapkan adanya peningkatan awareness mengenai investasi pasar modal oleh berbagai lapisan masyarakat,” ujar Iman, Sabtu (18/2/2023)

Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik menambahkan, harapan lainnya, melalui program Duta Pasar Modal ini ada peningkatan jumlah calon peserta SPM yang dilakukan oleh GI BEI dan Kantor Perwakilan BEI, baik daring maupun luring. BEI juga berharap adanya peningkatan jumlah peserta yang mendapatkan literasi hingga inklusi melalui kegiatan SPM.

Program Duta Pasar Modal ini juga diharapkan dapat memicu peningkatan anggota Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) dan pertumbuhan jumlah pengunjung yang menggunakan aplikasi Regional Development Information System (RDIS).

“Kami juga berharap adanya kenaikan jumlah kegiatan yang bertujuan menyebarkan informasi pasar modal melalui GI BEI, hingga terciptanya ekosistem baru nantinya, yakni berupa kemunculan para alumni Duta Pasar Modal BEI,” ujar Jeffrey.

Iman mengatakan, saat ini peran GI BEI telah semakin signifikan terhadap perkembangan dan pertumbuhan jumlah investor individu dalam negeri. “Oleh karena itu, BEI sangat mengapresiasi seluruh pihak GI BEI yang telah berperan aktif memajukan industri pasar modal Indonesia,” ujar Iman.

Wujud dari apresiasi yang dilakukan oleh BEI di tahun ini dengan kembali memberikan penghargaan kepada Perguruan Tinggi maupun Anggota Bursa (AB) yang menjadi mitra GI BEI. Penghargaan diberikan dalam 7 kategori. Enam kategori masing-masing dengan 3 pemenang, dan 1 kategori lainnya dengan 30 pemenang.

Kategori pertama adalah GI BEI Teraktif berdasarkan Nilai Transaksi tertinggi dari Oktober 2021 sampai Desember 2022. Kategori ini dimenangkan Politeknik Bisnis dan Pasar Modal (BCM College) Jakarta sebagai Juara 1, Juara 2 STIE Trisakti Jakarta, dan Juara 3 Universitas Ciputra Surabaya.

Kategori kedua adalah GI BEI Teraktif berdasarkan Jumlah Penambahan Rekening Efek, Juara 1 UIN Raden Mas Said Surakarta, Juara 2 Universitas Muhammadiyah Purwokerto, dan Juara 3 Universitas Halu Oleo Kendari.

Kategori ketiga adalah GI BEI Teraktif, Juara 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Juara 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Sunan Ampel Surabaya, dan Juara 3 Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon.

Kategori keempat untuk GI BEI Teraktif berdasarkan Pengembangan dan Inovasi Kegiatan dimenangkan oleh Institut Agama Islam Negeri Madura, dengan inovasi yang dilakukan adalah Penerbitan Kamus Pasar Modal Bahasa Indonesia/Inggris – Madura.

Selain itu BEI juga memberikan apresiasi kepada 3 Anggota Bursa Mitra GI BEI dengan Kinerja Terbaik, yaitu PT Phintraco Sekuritas, PT MNC Sekuritas, dan PT Indo Premier Sekuritas.

Kategori penghargaan keenam diberikan oleh BEI kepada 3 GI BEI Non Perguruan Tinggi dengan Kinerja Terbaik yakni GI BEI Aktiva Bengkulu di urutan pertama, GI BEI Desa Sidorejo di urutan kedua, dan GI BEI Swarane Kopi Tjoean Bekasi di urutan ketiga.

Sedangkan untuk kategori penghargaan ketujuh, BEI memberi penghargaan kepada 30 GI BEI teraktif di masing-masing Kantor Perwakilan BEI dari Aceh hingga Papua yang informasinya dapat diakses pada website BEI. (Gan)

Teks Foto: Acara Penghargaan Galeri Investasi BEI dan peluncuran program Duta Pasar Modal.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait