Bila Ingin Sehat- Sarapan Pagi Itu Mutlak…!

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Banyak kaum wanita tidak lakukan sarapan karena takut genduk tapi camilan terus he3x namum sebagian laki juga ikut tidak sarapan,mereka cukup minum kopi tok, Sarapan sering kali dilewatkan banyak orang ketika terburu-buru untuk melakukan aktivitas, seperti berangkat kerja atau pergi ke sekolah. Padahal melewatkan sarapan di pagi hari bisa berdampak buruk bagi kesehatan.
Sarapan memang penting, namun menu sarapan yang kamu konsumsi juga tak kalah penting. Pilihlah menu makanan sehat yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Kamu bisa mengonsumsi telur, oatmeal, kacang-kacangan, yoghurt dan buah-buahan ketika sarapan.Ketika bangun tidur, kadar gula darah dalam tubuhmu cenderung rendah. Padahal gula darah ini dibutuhkan oleh otot dan otak agar bisa bekerja dengan baik. Nah, sarapan di pagi hari bisa membantu memulihkan kadar gula darah tubuh.
Penelitian sebelumnya juga menunjukkan, stroke akibat pendarahan otak juga lebih sering terjadi pada pagi hari. Peneliti pun menyimpulkan, sarapan setiap pagi dapat membantu mencegah penyakit stroke, terutama stroke akibat pendarahan otak.Meski demikian, tidak sarapan bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan peningkatan penyakit stroke.Menurut peneliti faktor gaya hidup tidak sehat mendorong peningkatan terjadinya penyakit. Padatnya aktivitas pagi hari mungkin membuatmu sering mengabaikan sarapan.Jika terus dilakukan, hal ini bisa mengganggu kesehatan sering melewatkan sarapan bahkan dapat meningkatkan risiko terjadinya beberapa penyakit lho. Mau tahu apa saja penyakitnya? Jika tidak sarapan, kamu bisa menjadi kurang berenergi. Selain itu beberapa penelitian juga menemukan adanya peningkatan risiko penyakit tertentu pada orang-orang sering melewatkan sarapan.Bukan hanya bagi orang dewasa, sering lupa sarapan juga tidak baik untuk anak-anak. Sarapan memberikan anak nutrisi dan energi yang diperlukannya untuk beraktivitas dan belajar.nak-anak yang tidak makan di pagi hari akan sulit untuk berkonsentrasi, lebih cepat lelah, dan rewel di sekolah. Akibatnya, nilai pelajaran mereka cenderung lebih rendah dibandingkan anak-anak yang rutin sarapan.

PENYAKIT TIMBUL AKIBAT TIDAK SARAPAN
1. Tekanan darah tinggi dan stroke : Studi 2013 dari University of Minnesota menemukan, bahwa orang yang selalu sarapan paling jarang menderita tekanan darah tinggi dibandingkan mereka yang jarang sarapan.
Orang yang melewatkan sarapan berisiko terkena tekanan darah tinggi dan kenaikan kadar kolesterol. Tak hanya itu, sebuah penelitian bahkan mengungkapkan bahwa rutin sarapan bisa mencegah penyakit stroke, terutama yang disebabkan oleh perdarahan pada otak. Sebuah penelitian terbaru kembali mengingatkan pentingnya sarapan bagi kesehatan. Penelitian kali ini menemukan, jarang sarapan atau makan pagi dapat meningkatkan penyakit stroke. Menurut peneliti, mereka sering melewatkan sarapan akan lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi dibanding yang rutin sarapan.Hasil analisis yang dilakukan peneliti menunjukkan, mereka yang tidak pernah sarapan memiliki risiko tinggi terkena sroke dan jantung dibanding mereka yang selalu sarapan. Risiko tinggi untuk sroke akibat pendarahan otak.Peneliti menjelaskan, faktor risiko utama terjadinya pendarahan di otak, yaitu karena tekanan darah tinggi hipertensi. Terutama tekanan darah tinggi yang terjadi pada pagi hari.

2. Diabetes tipe 2 : Pasien diabetes tipe 2 tidak dianjurkan untuk melewatkan sarapan karena dapat mengacaukan kadar gula darahnya sepanjang hari.Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bila pasien diabetes melewatkan sarapan, kadar gula darah saat makan siang bisa naik hingga 37 persen dibandingkan jika dia rutin makan di pagi hari. Mereka yang rutin sarapan dengan mengonsumsi makanan sehat pun dikatakan memiliki kadar gula darah yang lebih stabil, sehingga dapat terhindar dari diabetes tipe 2.Agar gula darah tubuh tetap stabil, penderita diabetes disarankan untuk sarapan dengan makanan yang kaya akan kandungan serat, protein, dan lemak sehat.

3. Penyumbatan pembuluh arteri (arterosklerosis) Sebuah studi menemukan bahwa orang dewasa yang biasa tidak sarapan lebih rentan mengalami penyumbatan arteri jantung, dibandingkan mereka yang rutin sarapan.
Kondisi yang disebut aterosklerosis ini disebabkan oleh timbunan lemak, kalsium, dan peradangan di pembuluh arteri. Sumbatan tersebut membuat arteri menjadi keras dan menyempit. Akibatnya, kamu rentan terkena serangan jantung dan stroke.

4. Obesitas alias kegemukan : Tidak sarapan di pagi hari dapat membuatmu justru makan lebih banyak pada waktu makan siang. Tidak sarapan juga membuatmu tergoda untuk makan camilan tinggi lemak& gula sebagai pengganjal perut Hal tersebut menyebabkan kamu jadi lebih sulit untuk menurunkan berat badan
Sarapan merupakan waktu makan yang penting dalam sehari Karenanya menentukan menu sarapan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Pilihlah menu sarapan yang bernutrisi agar dapat menurunkan risiko penyakit dalam tubuh, seperti tekanan darah tinggi atau hipertensi.Makanan sehat yang tinggi potassium sebaiknya dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi. Karena asupan ini bisa membantu mengontrol tekanan darah. Nutrisi tersebut berperan untuk menyeimbangkan garam dalam tubuh yang menjadi penyebab tekanan darah tinggi.
Sebab itu dihimbau kepada siapapun juga bahwa apapun jenis bentuk sarapan pagi serupa roti, telur serelak atau gan
dum oatmail kita harus makan walaupun dikit agar tubuh kita terbina tetap sehat walafiat bisa beraktifitas sehari hari.
RobertoNew 1028: 《12.9.21( 12.10)》
• Praktisi Dokter dan Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait