MTsN 3 Jombang PP BU Tambakberas Madrasah Unggulan Akademik Nasional 2021

  • Whatsapp

“Capaian prestasi puncaknya mendapatkan penghargaan dari Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin tahun 2018 sebagai Madrasah Inovatif dan mendapatkan predikat sebagai Madrasah Unggulan Akademik Nasional 2021 dengan layanan program”

Jombang | beritalima.com – Sesuai visi misi MTsN 3 Jombang terwujudnya madrasah unggul, berakhlaqul karimah, kompetetif dan peduli lingkungan. Salah satu misinya adalah mewujudkan peserta didik berprestasi secara akademik maupun non akademik serta memiliki daya kompetitif tinggi baik di tingkat Provinsi, Nasional maupun Internasional.

Sebagai lembaga pendidikan lanjutan tingkat pertama bercirikan Islam, dalam perannya memiliki fungsi ganda. Sebagai tempat pembinaan peserta didik secara terprogram dan terukur serta menjadi peserta didik yang kritis dalam berinteraksi sosial, sebagai bekal untuk memahami serta mengetahui bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) adalah yang pertama dan yang kedua dalam menguatkan Iman dan Taqwa (IMTAQ) para peserta didik.

Setiap tahun terus mengalami peningkatan yang signifikan setelah melihat kualitas kelulusan. Terbukti setiap tahun orang tua mempercayakan anak mereka untuk belajar di MTsN 3 Jombang PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.

Sampai tahun pelajaran 2021-2022 tercatat sebanyak 2629 peserta didik dengan jumlah rombel/kelas sebanyak 64 termasuk penambahan 12 ruang kelas baru yang sampai saat ini masih dalam proses pembangunan. Sedangkan tahun 2021 ini MTsN tersebut telah 3 menamatkan sebanyak 869 peserta didik.

Tidak dipungkiri, sekolah tersebut telah merampungkan buku profil seputar sejarah MTsN 3 Jombang PP. Bahrul Ulum Tambkberas Jombang, agar dikenal lebih dekat mengenai tugas pokok dan fungsi, mengetahui sosok pimpinan, melihat secara jelas apa saja yang menjadi rencana strategis, data statistik di lingkungan MTsN 3 Jombang, serta segudang prestasi yang pernah diraih Civitas Akademika MTsN 3 Jombang PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Semuanya tersaji di dalam buku profil itu yang dilengkapi dengan aneka foto.

Kehadiran buku profil MTsN 3 yang berada di lingkungan kompleks Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang disambut gembira oleh Ketua Majelis Pengasuh PP Bahrul Ulum Tambakberas Dr. KH. M Hasib Wahab. Bahkan dalam pernyataannya menyatakan bahwa pondok pesantren tersebut merupakan pondok pesantren lautan ilmu.

Dalam catatannya tahun 2021 ini memasuki usia 196 tahun atau mendekati dua abad. Terpaut lebih tua 121 tahun dengan usia Negara Republik Indonesia pada bulan Agustus tahun 2021 berusia 76 tahun. “Kami merasa bangga atas capaian semua lembaga pendidikan di lingkungan pondok pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, termasuk MTsN 3 Jombang,” cetus Ketua Majelis Pengasuh PP Tambakberas Jombang, yang dikutip dari sambutan buku profil MTsN 3 Tambakberas yang telah diterima beritalima.com

Dari Ketua Umum Yayasan pun mengatakan terima kasih kepada orang tua yang telah mempercayakan putra-putrinya belajar di MTsN 3 Jombang, sebagai sarana untuk mencapai cita-cita. “Tentunya sudah tepat karena Pondok Pesantren Bahrul Ulum senantiasa meningkatkan komitmen dalam peningkatan mutu dan layanan pendidikan,” ujar KH. M. Wafiyul Ahdi, SH., Ketua Umum Yayasan PP Bahrul Ulum.

Sementara diungkapkan Leksono, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang, MTsN 3 Jombang harus mampu mengadaptasikan dirinya dengan program pondok pesantren yang berorientasikan pendalaman pemahaman kegamaan (tafaqquh Yi-addin) dengan tetap memperhatikan pendidikan umum.

Lanjutnya, Kepala MTsN 3 Jombang, H. Moch. Syuaib, S.Ag., M.PdI menjelaskan bahwa dibuatkannya buku profil MTsN 3 Jombang kali pertama dibuat agar pembaca lebih muda memahami ruang lingkup MTsN tersebut. Mulai dari sejarah berdirinya madrasah, struktur kepemimpinan, jumlah guru, pegawai, dan jumlah siswa-siswi, serta berbagai program unggulan dan capaian prestasi civitas akademika MTsN 3 Jombang, baik di tingkat lokal, daerah, regional, nasional, dan bahkan internasional.

“Saat ini MTsN 3 Jombang memiliki guru dan pegawai berjumlah 89 ASN dan 123 non ASN. Semuanya bekerja secara professional sesuai bidang dan tugas masing-masing,” ujar Kepala MTsN 3 Jombang, Sabtu (11/9/2021).

Secara formal kata Syuaib, MTsN 3 Jombang resmi beroperasi sejak SK Menteri Agama RI No. 23 Tahun 1969 atau 51 tahun silam dengan Nama Madrasah Tsanawiyah Agama Islam Negeri (MTs AIN) Tambakberas Jombang, dan berganti menjadi MTsN 3 Jombang.

“Sejak berdiri, telah jutaan peserta Didik yang ditamatkan dari MTsN 3 Jombang dan saat ini yang menjadi guru dan pegawai adalah sebagian alumni MTsN 3 Jombang. Sungguh suatu hal yang sangat menggembirakan,” imbuhnya.

Lebih lanjut menarik dibaca oleh kalayak, bahwa peserta didik MTsN 3 Jombang banyak mengukir prestasi yang telah diraih pada tahun-tahun sebelumnya seperti juara I karate internasional yang digelar di Malaysia tahun 2015, olimpiade matematika juara II di Singapore tahun 2017 dan kompetisi Robotik juara I di Thailand sekaligus juara II di Singapore tahun 2018 serta siswa-siswi MTsN 3 Jombang ikut pada jambore Internasional di Singapura.

“Prestasi itu menjadi modal spirit dan motivasi bagi kami untuk terus membawa MTsN 3 Jombang Go Internasional,” jelasnya.

Masih diungkapkan Kepala MTsN 3 Jombang, capaian prestasi puncaknya mendapatkan penghargaan dari Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin Tahun 2018 sebagai Madrasah Inovatif dan mendapatkan predikat sebagai Madrasah Unggulan Akademik Nasional 2021 dengan layanan program.

Pertama, Program Internasional Class Program (ICP) baik Kurikulum Cambridg maupun Kurikulum Al-Azhar Asy-Syarif. Kedua, Program Unggulan Cerdas Istimewa/Berbakat Istimewa (CI/BI) : Bidang Orseni, Bahasa Asing (Inggris, Arab, Mandarin), dan Tahfidl. Dan ketiga, Unggulan Religi pada Kitab Kuning, Praktik Ibadah, Tahsinul/Tahfidlul Qur’an.

Ditambahkan Ketua Komite MTsN 3 Jombang KH. Abdul Wahab Yahya, buku profil ini bisa terbit tepat waktu di masa pandemi Covid-19 untuk kesekian kalinya dengan berbagai penyempurnaan – penyempurnaan di dalamnya menerangkan secara jelas dan singkat.

“MTsN 3 Jombang termasuk salah satu madrasah yang telah mencapai ke tingkat internasional, baik program maupun prestasinya,” pungkas Kyai Abdul Wahab.

Demikian Daftar Prestasi Siswa Siswi MTsN 3 Jombang Tingkat Nasional dan Internasional Tahun Pelajaran 2020/2021 dan 2021/2022 :

1. Internet Of Things di Kemenag. RI
Ramzi Syariful Akbar Kelas VIII-B, Juara 2, 2021, Nasional.
2. M. Akbar Afhamil Kelas VIII-B, Juara 2, 2021, Nasional.
3. Line Follower Analog di Kemenag. RI
Maryam Ishmah Mumtazah Kelas IX-I
Juara 2, 2021, Nasional
4. Aisyah Nur Fitriani Kelas IX-I,
Juara 2, 2021, Nasional.
5. Cerdas Cermat Matematika Tingkat Nasional di Yayasan Darul Istiqomah,
Adinda Ilmi Mubarokah Kelas VII-CIBI
Juara 3, 2021, Nasional.
6. Lomba Da’i/Da’iyah Tingkat Nasional di MAUWH Bahrul Ulum, Shine Shofia Mahdalina Kelas VII-CIBI
Favorit 2, 2021, Nasional.
7. Ascienco Olimpiade Tingkat SMP/MTs Se-ASEAN Mata Pelajaran Bahasa Inggris, Nadifa Aulia Kelas VII-CIBI, Medali Silver, 2021, ASEAN.
8. Madrasah Unggulan Bidang Akademik Jenjang Mts Tingkat Nasional (SK Dirjen Pendidikan Islam No. 1824, MTsN 3 Jombang, Penghargaan, 2021, Nasional.
9. Olimpiade Sains Indonesia (OSI) Bidang Matematika, Adinda Ilmi Mubarokah Kelas 7-CIBI, Medali Perak,
2021, Nasional.
10. Kompetisi Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Bidang Matematika
Adinda Ilmi Mubarokah Kelas 7-CIBI, Medali Perunggu, 2021, Nasional.
11. Olimpiade Numerasi dan Literasi Indonesia (ONLI) Session 2 Level 4, Adinda Ilmi Mubarokah Kelas 7-CIBI, Medali Perak, 2021, Nasional.
12. Hongkong Internasional Mathematical Olympiad Head 2021, Adinda Ilmi Mubarokah Kelas 7-CIBI, Secondary 1, 2021, Internasional.
13. Lomba MTQ Event Al Cyber Cup IX oleh YPI Al-Azhar Jakarta, Zahilla Khilda Al-Widad Kelas 7-CIBI, Pemenang 6 Besar, 2021, Nasional.
14. Lomba Kaligrafi Ramadhan Fair di SMAMDA Sidoarjo Tingkatt SMP/MTs Sederajat, Sabrina Arinka Maulidia, Juara 2, 2021, Nasional.
15. Kompetesi Sains Nalaria Realistik Ke-3, Cinta Amaliyah Sholihah Kelas VII-CIBI, Penghargaan Merit, 2021, Nasional.
16. Kompetesi Sains Nalaria Realistik Ke-3, Firdausi Nuzula M. Kelas VII-CIBI, Penghargaan Merit, 2021, Nasional.

Sedangkan Prestasi MTsN 3 Jombang
Tahun Pelajaran 2021/2022 adalah :
1. KSM (Kompetisi Sains Madrasah) Tingkat MTs/SMP Mata Pelajaran Matematika Terintegrasi, Adinda Ilmi Mubarrokah Kelas 8-CIBI, Juara 1, 2021, Kabupatenn
2. KSM (Kompetisi Sains Madrasah) Tingkat MTs/SMP Mata Pelajaran IPA Terpadu Terintegrasi, Cinta Amaliyah S. Kelas 8-CIBI, Harapan 1, 2021, Kabupaten.
3. Lomba Adu Argumen Humapon Yayasan P.P. Bahrul Ulum, Tim Adu Argumen, Juara 2, 2021, Yayasan.
4. Porkab Jombang, Nadifa Aulia Kelas 8N- CIBI, Medali Perak, 2021, Kabupaten.
5. Kompetisi Robotik Madrasah, Ghitsa Alilatul Bariza Kelas 9K, Lolos seleksi tahap 1, 2021, Nasional.
6. Kompetisi Robotik Madrasah, Nadifa Aulia Kelas 8N- CIBI, Lolos seleksi tahap 1, 2021, Nasional.

Advertorial
Editor : Dedy Mulyadi

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait