Bupati Adnan Purichta Ichsan: Saya Tidak Bisa Sendiri Membangun Gowa

  • Whatsapp

Citizen Reporter

Laporan : Takdir Naba
Anggota BPD Desa Panciro Gowa

GOWA. Bupati Gowa Dr. Adnan Purichta Ichsan, SH., MH., secara resmi membuka pelatihan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) angkatan pertama di Gedung D’Bollo, Rabu (8/12/2021).

Hadir di acara itu, Kajari Gowa, Kapolres Gowa, Dandim 1409 Gowa, Plt. Kepala Dinas PMD, Wakil ketua DPP Abpednas, Ketua DPC Abpednas Gowa, ketua DPC Apdesi Kab. Gowa, para ketua BPD se kab. Gowa, Dosen Komunikasi Unismuh Makassar, Dr. Muhammad Yahya Mustafa, M.Si dan Syukri, S.Sos, M.Si serta tamu undangan lain.

Bupati Gowa dalam sambutannya mengatakan peningkatan kapasitas atau Bimtek itu untuk menyamakan persepsi, pandangan kita terkait tugas dan fungsi BPD.

Kita merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam membangun Kabupaten Gowa yang kita cintai dan banggakan.

“Saya tidak akan mungkin bisa sendiri membangun kabupaten Gowa ini tanpa doa, dukungan dan bantuan dari kita semua”, Ucapnya.

Perlu ada kerjasama dan kekompakan diantara kita semua, dimana pekerjaan berat akan terasa ringan, yang jauh akan semakin dekat.

Sebagai contoh bagaimana orang Gowa sukses mencapai tingkat partisipasi tertinggi pada pilkada tahun lalu, melewati target nasional. Ini membuktikan bagaimana kerjasama dan kekompakan orang Gowa tetap terjaga.

Begitupun BPD sebagai satu kesatuan dari pemerintahan, dimana BPD adalah wakil dari dusun masing-masing sebagai wakil suara dari wilayahnya.

Pemerintah merupakan satu kesatuan, tidak boleh ada yang berbeda, misalnya antara camat dan bupatinya, gubernur dan presidennya.

Ketua DPC Abpednas Gowa, H. Syamsuddin, SE. MM. dihadapan peserta pelatihan peningkatan kapasitas memberikan ucapan selamat atas pencapaian gelar baru kepada Bupati Gowa atas pencapaian gelar Doktor nya.

Dalam rangka pelaksanaan peningkatan kapasitas BPD Gowa, perlu diketahui total anggota BPD sebanyak 1.028 anggota, namun target awal pelaksanaan pelatihan kapasitas BPD sekitar 500 orang.

Salah satu tujuan diadakannya pelatihan BPD adalah membangun silaturahmi sesama anggota BPD, bagaimana seorang anggota BPD mengetahui fungsi dan tugas sebagai dewan perwakilan dari dusun masing-masing.

BPD pada hari ini sangat merindukan bertemu dengan bapak Bupati, karena selama ini pertemuan yang sering diadakan diluar sana, BPD tidak pernah ketemu langsung dengan pimpinannya.

Oleh karena itu moment kali ini yang paling ditunggu-tunggu karena bisa bertemu langsung dengan bapak Bupati Gowa., kata Magister Manajemen PPs Universitas 45 Makassar ini.

Ketua panitia, Arifin, S. Sos dalam laporannya mengatakan maksud kegiatan pelatihan adalah memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pemerintah desa.

Memahami kedudukan, tupoksi, hak dan kewajiban serta tanggung jawab BPD dalam pemerintahan Desa. Memberikan pemahanan dan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan desa.

Arifin melanjutkan target pelatihan ini antara lain mampu melakukan penyusunan RKPdes, penyusunan perdes, musyawarah, dll.

“Ini merupakan pelatihan kapasitas BPD angkatan pertama dengan melibatkan 116 peserta dari 14 desa dan akan dilanjutkan ke angkatan berikutnya, tandasnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait