Bupati H Ruslan Buka Lomba Asah Trampil Kelompok Tani Bireuen

  • Whatsapp

Bireuen- Aceh Beritalima.com Bupati Bireuen H Ruslan M Daud membuka secara resmi lomba asah terampil kelompok tani tingkat kabupaten yang diselenggarakan Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Bireuen, Rabu (19/10/16) di halaman kantor BP2KP setempat.
Bupati Ruslan M Daud dalam sambutannya mengatakan, lomba asah terampil merupakan ajang pengembangan diri kelompok tani untuk mendapatkan informasi terkait pertanian dalam peningkatan ketahanan pangan dilakukan dengan delapan cara, yaitu kapasitas SDM petani dengan adanya penyuluhan dan pelatihan yang memadai.
Penguatan peran lembaga ekonomi petani, penerapan inovasi teknologi budi daya pertanian, pengembangan infrastruktur, seperti jalan, air serta perluasan areal pertanian.
Selanjutnya peningkatan kerjasama, penyediaan bantuan benih atau bibit kepada petani, pengembangan sistem cadangan pangan lokal dan pemngambangan pertanian terpadu dengan memperhatikan lingkungan hidup,“Saya berpesan kepada penyuluh agar terus berkarya memberikan yang terbaik dalam melaksanakan tugasnya melakukan penyuluhan,” sebut Bupati Ruslan.
Dan terkait permintaan pembangunan Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) di Kecamatan Jeumpa, Bupati ruslan berupaya bisa diwujudkan pada tahun 2017 mendatang.
Sementara itu, Kepala BP2KP Kabupaten Bireuen Mursyid SP dalam laporannya menyebutkan, lomba asah terampil tersebut diikuti ke 17 kecamatan dari 17 kelompok tani, dimana setiap kecamatan mengirimkan tiga utusan terbaiknya.
Tujuan lomba asah terampil tersebut, katanya, untuk lebih mempertajam informasi kepada kelompok tani serta untuk menggali informasi yang ada tentang pertanian yang bisa diterapkan kelompok tani di lapangan nantinya.
Pemenang lomba asah terampil tersebut nantinya akan dihadiahi hand tractor, Brush Cutter (pemotong rumpu) serta hand spayer, juga diberikan sertifikat dan piala.“Kegiatan ini yang keempat kali dilaksanakan, dana untuk kegiatan tersebut berasal dari APBK Bireuen tahun 2016,” jelas Mursyid.
Secara khusus, Mursyid meminta Bupati Bireuen agar pada tahun 2017 dibangun BP3K di Kecamatan jeumpa belum ada, sementara 16 kecamatan lain sudah ada BP3K. “Selama ini masih menumpang di gedung Puskeswan Kecamatan jeumpa,” pintanya.
Pada kesempatan itu, Bupati Ruslan M Daud sempat memberikan pertanyaan rebutan kepada peserta asah terampil kelompomj tani yang berhasil menjawab akan diberikan hadiah, yang akhirnya diperoleh kelompok tani asal Plimbang.
Secara berurutan pertanyaan juga diberikan Dandim 0111/Bireuen Letkol ARM Adekson, yang berhasil dijawab kelompok tani dari peudada serta mewakili Kapolres Bireuen, yang dijawab kelompok tani asal Kota Juang. (Abdullah Peudada)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *