Daging Bebek Tinggi Klesterol ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Setiap chenese restoran sudah tersedia daging bebek bahkan mereka bebek digantung dalam estalase dipajang untuk jual,daging bebek bisa dimasak dalam bentuk panggangan,gorengan atau di steam,semua orang suka namum tahukah daging bebek tinggi kolesterol dibandingkan
Ayam dan ungas lain, kenapa semua orang suka daging bebek? Karena makanan yang mengandung kolesterol tinggi enak,gurih dan renyah di mulut.

Bicara soal unggas,jenis unggas yang sering dijadikan santapan lezat adalah bebek. Bebek pun sudah sejak dahulu menjadi makanan populer di Cina dan Asia Tenggara.karena zaman dulu masyarakat pedesaan di Cina dan Asia Tenggara umumnya memiliki rumah dengan halaman belakang yang juga cukup luas untuk memelihara unggas jenis ini.

Bagian tubuh bebek yang sering digunakan dalam masakan adalah bagian paha dan dada. Ciri yang membedakan daging bebek dengan daging ayam atau kalkun adalah warnanya yang cenderung lebih gelap. Selain itu, karena bebek merupakan salah satu jenis burung air, lapisan lemak di bawah kulit bebek menjadi lebih tebal yang berfungsi untuk menjaga panas tubuh.

Daging bebek memang dikenal mengandung kolesterol lebih tinggi dibandingkan daging unggas lainnya, seperti ayam. Kunci untuk menjaga tingkat kolesterol tetap seimbang adalah memilih bagian daging bebek yang rendah lemak. Daging bebek juga salah satu makanan dengan kandungan kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan daging ayam.
1. Dalam 100 gr daging bebek mengandung sekitar 80 mg kolesterol.
2. Dalam 100 gr daging ayam mengandung sekitar 60 mg kolesterol

Selain rasanya yang gurih dan nikmat, ada banyak manfaat daging bebek untuk kesehatan yang bisa didapatkan Manfaat tersebut berasal dari kandungan gizi yang beragam di dalam daging unggas ini.tak hanya telur bebek, daging bebek dianggap sebagai makanan yang sehat karena mengandung berbagai nutrisi, seperti protein, lemak, serta beragam jenis vitamin dan mineral, yang dibutuhkan oleh tubuh. Daging ini juga bisa menjadi pilihan bagi orang yang kurang suka dengan daging ayam.

Dalam 100 gram daging bebek, terkandung sekitar 130 kalori dan beberapa nutrisi berikut:
19 gram protein
4–5 gram lemak
10 miligram kalsium
4,5 miligram zat besi
20 miligram magnesium
185 miligram fosfor
270 miligram kalium
60 miligram natrium
2 miligram zinc
14 mikrogram (µg) selenium
80 IU vitamin A
6 miligram vitamin C
77 miligram kolesterol
Daging bebek pun mengandung asam lemak omega-3, vitamin B kompleks, khususnya vitamin B3 (niasin) dan vitamin B12 (kobalamin), folat, dan kolin.

MANFAAT DAGING BEBEK UNTUK KESEHATAN
1. Meningkatkan daya tahan tubuh
2. Menjaga kesehatan tulang
3. Menyehatkan jantung
4. Mendukung kesehatan kelenjar tiroid
5. Sebagai sumber energi
6. Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak

Bebek memang terkenal lebih lezat dan kaya akan kandungan gizi seperti protein, zat besi, fosfor, seng, vitamin B6 dan B12, asam folat, serta magnesium. Meski kaya akan gizi, bahaya makan daging bebek akan muncul apabila kamu mengonsumsinya secara berlebihan

BAHAYA MAKAN BEBEK BERLEBIHAN BISA MENIMBULKAN :
1. Meningkatkan Kolesterol ;Kulit daging bebek mengandung lebih banyak lemak dibandingkan unggas lainnya. Apabila dikonsumsi setiap hari, kadar kolesterol dalam tubuhmu pun akan naik. Terlebih orang Indonesia lebih suka memasak daging bebek dengan cara digoreng yang akan meningkatkan kolesterol di dalamnya. Untuk itu, hindarilah konsumsi bebek untuk menjauhkan dirimu dari masalah kesehatan seperti hipertensi, serangan jantung, stroke, dan lain-lain.

2. Penyumbatan Arteri :akan memicu timbulnya plak pada saluran arteri. Apabila dibiarkan, penyakit seputar kardiovaskuler, seperti jantung dan stroke, akan mudah menyerangmu.

3. Memicu Diabetes :4. adalah dapat memicu diabetes. Kandungan lemak dan kolesterol yang ada pada daging bebek ini yang menjadi pemicunya. Jika kondisi ini terus menerus dibiarkan, beragam komplikasi penyakit akan muncul, seperti gangguan penglihatan, infeksi, gagal ginjal, dan gagal jantung.

4. Meningkatkan Risiko Kanker :memicu munculnya kanker. Hal ini diperkuat dengan beragam penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi makanan berlemak dan kolesterol tinggi seperti daging bebek dengan intensitas yang sering akan dengan mudah meningkatkan risiko kanker payudara dan beragam penyakit berbahaya lainnya.

5. Tidak Baik untuk Ibu Hamil :sangat berbahaya apabila dikonsumsi oleh ibu hamil. Kadar kolesterol dan lemak yang terlalu tinggi pada wanita hamil dapat meningkatkan resiko darah tinggi serta diabetes. Kondisi tersebut akan mengganggu sirkulasi darah ke bayi melalui plasenta.

Hindarilah konsumsi daging bebek secara berlebihan. Namun, jika ibu mengidamkannya saat hamil, batasi konsumsi daging bebek hanya 1 hingga 2 kali per minggu dengan cara dikukus atau dipanggang.
MAKANAN YANG MENGANDUNG KOLESTEROL TINGGI :
1. Daging bebek
2. Makanan Cepat Saji
3. Gorengan
4. Es Krim
5. Cumi cumi
6. Udang
7. Kepiting
8. Kerang
9. Mentega
10. Kereput
11. Dan lain lain

Penyakit kolesterol saat ini tidak hanya menyerang mereka yang sudah berusia lanjut, namun juga dialami pada mereka yang berusia muda.Kolesterol pada dasarnya disebabkan adanya gaya hidup yang tidak sehat dan makanan tinggi lemak.

BEBERAPA MAKANAN MENGANDUNG KOLESTEROL TINGGI WAJIB DIHINDARI :
Otak sapi, 3.100 mg
Jeroan, 3.100 mg
Otak kambing, 2.559 mg
Kuning telur, 2.307 mg
Daging sapi berlemak, 1.995 mg
Telur bebek, 884 mg
Telur puyuh, 844 mg
Caviar (telur ikan), 588 mg
Ati ayam, 584 mg
Daging bebek dengan kulit, 515 mg
Daging kambing, 462 mg

Kesimpulan bahwa :
1. Orang yang memiliki kolesterol tinggi perlu menghindari konsumsi makanan penyebab kolesterol. Tak hanya itu, orang dengan riwayat atau risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes pun disarankan untuk membatasi makanan penyebab kolesterol, seperti makanan cepat saji, susu, dan keju.
2. Anda disarankan untuk menjaga konsumsi kolesterol yang diperoleh dari makanan dengan jumlah tidak lebih dari 200 mg per hari. Jika kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi, risiko munculnya penyakit serius, seperti penyakit jantung, stroke, dan obesitas, akan meningkat.
3. Kolesterol diproduksi oleh hati dan terbagi menjadi beberapa jenis, yakni
A, koleesterol baik (HDL) >60 mg/ dl
B.Trigliserida,< 150mg/ dl C. Kolesterol jahat (LDL).< 100 mg/dL. 4. Makanan dan minuman sehat perbanyak sayur hijau kurangi daging 5. Olahraga teratur dan istirahat cukup >6 jam/ hari

Demikian sekilas info tentang daging bebek mengandung kolesterol tinggi,semoga bermanfaat
Terimakasih.
RobertoNews 1796 《17.6.24 (08.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait