Data BPS Berperan Penting Mendukung Kebijakan Pembangunan Daerah

  • Whatsapp

PALEMBANG, beritaLima.com|Begitu pentingnya peran data yang dibuat Badan Pusat Statistik (BPS) dalam pementukan kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah.

Bahkan data BPS menjadi navigasi dalam mencapai suksesnya pembangunan yang dilakukan pemerintah.

Bacaan Lainnya

“Korelasi dengan BPS, tentu Saya menjalankan semua _ kebijakan ada navigatornya yaitu data,’ kata Herman Deru pada Pengukuhan Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Sumsel, Mohammad Wahyu Yulianto di Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel,
Rabu ( 07/06/2023).

H. Herman Deru mengibaratkan data dari BPS sebagai dashboard kendaraan dimana ada berbagai indikator mulai urusan oli, filter udara, RPM, Speedometer, termasuk tombol-tombol yang punya kemanfaatan tertentu. Karena itu, sukses tidak suskesnya pengemudi tentu tergantung indikator yang muncul begitu juga dengan data yang disajikan BPS.

“Bahkan Herman Deru menyebut selama dirinya menjadi Bupati dua periode hingga menjabat sebagi Gubernur saat ini, peran BPS
sangat membantu dirinya menjalankan roda membangun di daerah.

Data BPS lanjut Herman Deru dapat digunakan untuk membaca kondisi terkini dalam menentukan kebijakan. Seperti stabilitas ekonomi dalam menjadikan Sumsel sebagai daerah pengendali inflasi sangat sangat terbantu dengan informasi yang diberikan BPS.

Sementara itu, Sekretaris Utama BPS RI, Atgo Mardiyanto menngucapkan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru karena meluangkan waktu untuk mengukuhkan Kepala BPS Provinsi Sumsel yang baru.

“Kehadiran pak Gubernur, para OPD serta pejabat lainnya ini salah satu wujud dukungan bagi BPS. Bahkan ini juga menjadi semangat kami dalam menyajikan dan menyediakan data yang semakin berkualitas dan akurat dalam mendukung pembangunan Sumsel,” ungkapnya.

Dia menyebutkan tugas BPS sangat penting dan stretegis dalam menyajikan data yang kualitas dan strategis dalam merumuskan kebijakan.

Oleh karena untuk mendapat data
yang baik tentu perlu dukungan kuat dari pemerintah daerah, OPD dan masyarakat.
( ril/Nn)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait