Dihadiri Wabup, Sumenep Tampil Spektakuler Pada Pagelaran Seni Budaya Daerah di Anjungan Jatim TMII

  • Whatsapp
Wakil Bupati Sumenep, Hj. Dewi Khalifah, SH, MH. MPDi pada Pagelaran Seni Budaya Daerah di Anjungan Jatim Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta

SUMENEP, beritalima.com| Kabupaten Sumenep, Jawa Timur melalui Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) tampil spektakuler dalam Pagelaran Seni Budaya Daerah di Anjungan Jatim Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (26/9/2021).

Wakil Bupati Sumenep, Hj. Dewi Khalifah, SH, MH. MPDi pada Pagelaran Seni Budaya Daerah di Anjungan Jatim Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta

Kabupaten Sumenep mempromosikan pagelaran Upacara Adat Sintong dengan tajuk “Pengantin Pesisir”. Sintong sendiri merupakan ragam ekspresi seni yang berasal dari Dusun Batang, Desa Ambunten Tengah, Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep.

Bacaan Lainnya

Pagelaran Upacara Adat “Sintung dalam Pengantin Pesisir” kerjasama Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur bersama Wakil Bupati Sumenep. Channel youtube : Anjungan Jawa Timur.

Di dalamnya menampilkan perpaduan unsur seni tari, musik dan vokal menjadi alunan unik yang memuat pujian kepada Tuhan Semesta Alam dan juga sanjungan kepada baginda Nabi Muhammad SAW.

Sedangkan filosofi dari Sintong adalah menjaga dan merawat hubungan antara manusia dengan Tuhannya, manusia dengan manusia dan manusia dengan alam semesta.

Wakil Bupati Sumenep, Hj. Dewi Khalifah, SH, MH. MPDi dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten Sumenep dikaruniai potensi sumber daya alam, tradisi, sejarah dan budaya yang sangat luar biasa.

Dirinya meminta supaya potensi kekayaan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, ia juga meminta agar masyarakat khususnya di Kabupaten Sumenep terus menjaga dan melestarikan seni budaya yang ada di kabupaten ujung timur Pulau Madura ini.

“Harus dikenalkan kepada masyarakat luas, agar menjadi daya tarik serta juga sebagai wujud pelestarian seni dan budaya di Kabupaten Sumenep. Sehingga juga meningkatkan kualitas produk seni dan budaya,” katanya.

Untuk diketahui, Kabupaten Sumenep menampilkan beberapa kesenian diantaranya ritual proses pengantin pesisir yaitu Sintong, Musik Saronen, Mamaca/ Macopat, Sinden, Karawitan Klenengan dan pertunjukan tari tradisional lainnya. Sedangkan untuk pameran prodak unggulan yakni berbagai macam makanan camilan khas Sumenep dan pengenalan keris sebagai Warisan budaya leluhur Kabupaten Sumenep.
(**)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait