Dinas PUPR Tulungagung Launching Aplikasi SI-TRUST

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Dinas Pekerjaaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tulungagung, launching aplikasi SI-TRUST untuk kemudahan akses dan informasi masyarakat. Bertempat, di Hotel Lojikka Tulungagung, Selasa, (11/06/2024).

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung, Dwi Hari Prasetyo, menyampaikan beberapa agenda kegiatan terkait keterbukaan informasi publik di bidang penataan ruang dan pengawasan penyelenggaraan jasa konstruksi di wilayah Kabupaten Tulungagung.

Menurutnya, perlu diketahui, mengacu pada rencana strategis Dinas PUPR tahun 2024 sampai tahun 2026, saat ini sudah dihadapkan pada beberapa isu yang kompleks.

“Isu pertama, tentang kualitas infrastruktur jalan yang belum mencapai target seperti yang diharapkan. Kedua, pelayanan insfratruktur sumber daya air belum mencapai sasaran yang diinginkan. Ketiga, penataan bangunan gedung dan lingkungan belum dapat terkelola dan terdeteksi secara baik. Keempat, optimalisasi pemanfaatan ruang untuk kepentingan pembangunan yang berkelanjutan perlu menjadi sasaran yang harus diperhatikan,” ucap Dwi Hari.

Dari permasalahan tersebut, lanjutnya Kadin menerangkan, perlu strategi dan arah kebijakan untuk mengoptimalkan pemanfaatan peraturan tentang tata ruang wilayah dan mengantisipasi banyaknya pemanfaatan lahan yang tidak sesuai dengan peruntukannya, salah satunya melalui penyediaan sistem informasi tata ruang.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 20 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan tata ruang Pasal 226 Ayat 1 yang menyebutkan bahwa bentuk pembinaan penataan ruang diantaranya pengembangan sistem informasi dan komunikasi penataan ruang dan menyebarluaskan informasi penataan ruang kepada masyarakat.

Nantinya juga diselenggarakan workshop implementasi tentang penyelenggaraan jasa konstruksi. Berdasarkan UU No. 2 Tahun 2017 Tentang jasa konstruksi dan Peraturan Pemerintah No 14 Tahun 2021 tentang peraturan jasa kontruksi, maka Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung mempunyai wewenang melaksanakan pengawasan tertib usaha, tertipu penyelenggaraan dan tertib pemanfaatan produk jasa konstruksi kepada seluruh masyarakat jasa konstruksi di wilayah Kabupaten Tulungagung.

“Pelaksanaan tersebut, tentunya sesuai dengan peraturan Menteri PUPR No 1 Tahun 2023 Tentang pedoman pengawasan penyelenggaraan jasa konstruksi untuk dapat dilakukan pengawasan,” terangnya.

Pada kesempatan ini, pihaknya juga menyampaikan terkait launching Sistem Informasi Tata Ruang Untuk Spasial Tulungagung (SI-TRUST). Ini merupakan langkah Inovasi Dinas PUPR di bidang teknologi informasi guna mempercepat pelayanan informasi tata ruang yang dapat di akses melalui smartphone. Aplikasi SI-TRUST ini, dirancang untuk mempermudah dan mempercepat proses perolehan informasi tata ruang kepada seluruh masyarakat dan investor.

“Informasi yang dimuat pada aplikasi SI-TRUST telah sesuai dengan rencana tata ruang wilayah kabupaten Tulungagung. Hal ini tertuang dalam Perda No 4 Tahun 2023 sehingga proses bisnis tata ruang melalui aplikasi SI-TRUST menjadi daya ungkit untuk peningkatan PAD Kabupaten dan iklim positif bagi invetasi,” ucap Kadin PUPR.

Pihaknya menjelaskan, aplikasi SI-TRUST dapat diakses dengan dua cara yaitu melalui website dan smartphone berbasis android. Apabila masyarakat mengakses melalui website maka langsung hubungi web ” https//Siputra.tulungagung.go.id ” dengan cara klik Siputra Tarung, dan untuk smartphone android dapat diunduh melalui play store.

Dengan adanya sistem informasi tata ruang ini, Kadin berharap, dapat mewujudkan pemanfaatan ruang yang berhasil dan daya guna serta mampu mendukung pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan serta mencegah terjadinya penurunan kualitas tata ruang.

“Informasi tata ruang ini dapat bermanfaat bagi pelaku usaha serta masyarakat luas dalam hal aksesibilitas pelayanan informasi tata ruang yang mudah dan cepat,” tutupnya.

Sementara itu, Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dinas PUPR yang telah berhasil launching aplikasi SI-TRUST. Aplikasi SI-TRUST Sebetulnya memudahkan dokumen rencana tata ruang yang manual menggunakan digital. Kemudahan yang di dapat tentunya sangat mudah diakses.

Orang yang mempunyai kepentingan terkait dengan pemanfaatan tata ruang di Kabupaten Tulungagung, bisa login bisa memanfaatkan tata ruang di kabupaten Tulungagung. Tentunya, juga ada kemudahan bagi investor jika ingin melakukan investasi cukup melihat kesesuaian lahan yang ada di SI-TRUST itu.

“Ini adalah sebuah langkah maju kedepan terkait dengan pemanfaatan ruang di Kabupaten Tulungagung. Aplikasi SI-TRUST baru pertama kali ada di Kabupaten Tulungagung bahkan Jawa Timur. Ini sebenarnya produk publik yang bisa dimanfaatkan oleh semua orang yang punya keinginan investasi di Kabupaten Tulungagung.,” ungkapnya.

Keuntungan SI-TRUST lainnya, Paparnya, masyarakat bisa melihat kalau misalnya ingin mendirikan bangunan di suatu titik boleh atau tidak, kemudian terkait dengan izin masyarakat untuk memanfaatkan tata ruang bisa melihat disitu.

“SI-TRUST itu isinya macam-macam, untuk ruang lahan persawahan, permukiman, cagar budaya, informasi sangat lengkap yang terkait dengan pemanfaatan lahan,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait