Djadid Mendadak Diganti dari Wakil Ketua DPRD

  • Whatsapp

TERNATE,Beritalima.com-Unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate akan berubah. Itu karena setelah adanya surat dari DPD II Partai Golkar Kota Ternate soal pergantian komposisi personilnya di gedung wakil rakyat itu.

Surat Nomor: 17/DPD -Golkar/KT/III/2017 tentang Usulan Pergantian Pimpinan DPRD Kota Ternate ke Sekretariat DPRD Ternate tersebut, Iqbal Ruray diusulkan menggantikan Djadid Ali yang saat ini menjabat wakil ketua DPRD Kota Ternate.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Safia M Nur ketika dikonfirmasi membenarkan pihak setwan telah menerima surat dari DPD II Partai Golkar soal pergantian komposisi pimpinan dari partai golkar di DPRD.

“Setelah surat ini masuk, kita akan bawa ke rapat Badan Musyawarah (Banmus), rapat Banmus itu nanti kita tetapkan kapan kita diparipurnakan. Sebab ada paripurna pemberhentian, jadi nanti kita tunggu paripurna pemberhentian Djadid dengan surat keputusan DPRD, nanti kita bahas dengan Banmus dulu, karena ini masih ada banyak agenda,” kata Safia, Kamis (9/3/2017).

Setelah paripurna pemberhentian dan pengangkatan unsur pimpinan, DPRD selanjutnya akan mengajukan pengusulan pemberhentian ke gubernur melalui walikota Ternate.

“Nanti setelah ada SK Gubernur baru Iqbal dilntik sebagai pimpinan,” kata Safia lagi.

Sementara itu, Iqbal Ruray menjelaskan, surat dari DPD II Partai Golkar Kota Ternate telah disampaikan ke pimpinan DPRD melalui Sekretariat Dewan.

“Ada terjadi reposisi dalam fraksi di Partai Golkar, reposisinya di unsur pimpinan. Saya menggantikan Djadid Ali sudah disahkan, sebab itu merupakan keputusan makanya surat masuk tinggal kita menunggu prosesnya di DPRD untuk disampaikan ke gubernur dan itu semua kembali ke DPRD,” kata Iqbal.

Sementara, politisi partai golkar Anas U Malik mengaku bahwa reposisi yang terjadi dalam unsur pimpinan DPRD dilakukan berdasarkan hasil koordinasi Partai Golkar se Provinsi Malut.

“Di kota ada evaluasi soal pergantian pimpinan DPRD, dan itu telah diputuskan dalam rapat koordinasi dan DPD II Golkar Kota Ternate telah menyampaikan surat pergantian pimpinan DPRD dari H. Djadid ke Iqbal Ruray, sudah disampaikan ke pimpinan DPRD. Nanti pimpinan DPRD menindaklanjuti dalam bentuk rapat Banmus terkait surat Partai Golkar. Tapi yang jelas surat sudah disampaikan ke DPRD. Surat sudah tembusan ke fraksi juga pimpinan DPRD dan pimpinan fraksi Golkar,” kata Anas.

Ditanya alasan apa sehingga Djadid mendadak diganti, anggota DPRD KotaTernate itu beralasan kaderisasi. “Alasanya saya kira memang di Golkar juga dalam rangka pengkaderan, maka roling jabatan strategis di alat kelengkapan maupun pimpinan DPRD saya kira itu hal yang biasa, yang dilaksanakan oleh partai Golkar,” ungkapnya. (bm)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *