Dokter, Kenapa Anakku Suka Mimisan ,???

  • Whatsapp

Oleh;
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
” Dokter,kenapa anakku suka mimisan ya ?” Pertanyaan ini kerap kita dengar dalam praktek sehari hari. Dokter Mimisan anakku tergolong sangat parah, bagaimana tidak jumlah darah yang keluar dari rongga hidungku tidaklah sedikit, gumpalan darah berwarna hitam tak henti hentinya memaksa keluar. Dokter pernah berkata bahwa mimisan pada anak-anak adalah hal yang normal, tapi justru jumlah darah yang berlebih itulah yang selalu membuat kami terlihat cemas dan takut , belum lagi anak bu Ida seminggu pasti pulang sekolah sekali karena mimisan menetes darah di hidung kalau hidung tersumbat,sebenarnya mimisan itu bagaimana mengatasi mari kita bahas !

APA ITU MIMISAN ?
Mimisan adalah istilah yang dikenal secara medis sebagai epistaksis atau pendarahan hidung. Epistaksis adalah kondisi yang ditandai dengan keluarnya darah melalui lubang hidung. Kondisi ini relatif umum terjadi sehubungan dengan lokasi hidung yang berada di tengah-tengah wajah serta jumlah pembuluh darah yang ditemukan pada hidung. Mimisan jarang menandakan sesuatu, tetapi dalam kasus tertentu, jika dibiarkan dapat mengancam hidup seseorang.
Mimisan adalah kondisi yang terjadi ketika ada darah keluar dari hidung. Darah yang mengalir dari hidung dapat ringan (hanya beberapa tetes) sampai dengan berat (mengalir) dan dapat keluar baik dari salah satu lubang hidung atau dari keduanya
A.. Jika berdiri, mimisan terasa seperti ada tetesan yang keluar, lebih terasa seperti mengalami pilek.
B. Jika berbaring, Anda akan merasakan cairan berkumpul di bagian belakang tenggorokan sebelum darah mulai keluar dari hidung. Sangat penting diperhatikan untuk tidak menelan darah tersebut karena dapat menyebabkan mual atau muntah.

Sumber perdarahan bisa berasal dari Mimisan
1. Mimisan di bagian depan – berdarah terjadi di bagian depan, dimana darah mengalir dari dinding antara dua kanal (sekat) di dalam hidung. Area yang rentan ini, disebut Little’s area, kaya akan pembuluh darah sensitif yang halus dan rentan terhadap kerusakan.
2. Mimisan di bagian belakang – jenis mimisan yang tidak biasa ini terjadi ketika pendarahan berasal dari rongga hidung, terletak di dalam hidung antara otak dan langit-langit mulut. Kebanyakan mimisan di bagian belakang cenderung lebih serius daripada mimisan di bagian depan. Kasus yang demikian perlu mendapatkan perhatian medis.

PENYEBAB :
1. benturan keras
2. mengorek-ngorek hidung
3. embuang ingus terlalu keras
4. ada benda asing masuk kedalam hidung
5. udara panas dan kering sehingga menyebabkan selaput lendir pecah, bisa juga karena
6. perubahan suhu
7. kekurangan vitamin C,
8. penyakit darah( kekurangan trombosit, kurang faktor pembekuan, leukemia, dll)
9. Sinusitis, peradangan pada rongga sinus di bagian belakang hidung
10. Iritasi hidung, hidung tersumbat atau sesak yang berhubungan dengan pilek atau flu
11. Alergi hidung atau alergi serbuk bunga
12. Penggunaan berlebihan dari obat-obatan terlarang, seperti kokain
13. Penggunaan obat seperti pengencer darah, dekongestan, anti peradangan
14. Penggunaan berlebihan atau tidak sesuai dari penyemprot hidung
15. kelainan hidung bawaan
16. Kekurangan kalsium
17. Efek dari pembedahan hidung
18. Hipertensi (tekanan darah tinggi) atau aterosklerosis (pengerasan arteri)
19. Paparan terhadap pengiritasi kimia
20. Trauma di kepala

Gejala-Gejala Utama
Meskipun kebanyakan hidung berdarah tidaklah parah, penting untuk diperhatikan jika terjadi pendarahan berat. Pendarahan berat biasanya dibarengi dengan palpitasi (jantung berdebar), napas pendek, kulit memucat, mual, dan muntah ketika darah tertelan.

KAPAN HARUS BEROBAT
1. ketika mimisan mengeluarkan darah yang sangat banyak
2. ketika mimisan diikuti dengan kesulitan bernapas
3. ketika Anda merasa lemah atau pingsan selama atau sebelum mimisan
4. ketika mimisan tidak berhenti setelah 30 menit bahkan setelah dikompres
5. Ketika mimisan terjadi karena cedera, seperti trauma atau kecelakaan
6. etika pasien berusia di bawah dua tahun (kondisi ini sangat jarang terjadi)
Anda dapat menemui dokter atau pergi ke unit gawat darurat terdekat untuk perhatian medis denganPerawatan bagi Hidung Berdarah

TINDAKAN P3K :
Kebanyakan mimisan tidak membutuhkan perhatian medis. Terkadang pertolongan pertama atau perawatan diri sendiri sudah cukup untuk menghentikan pendarahan.
1. Duduk pada posisi tegak lurus dan jepit kedua lubang hidung (sambil bernapas melalui mulut Anda).jangan bersandar ke belakang, tetapi ke depan untuk meyakinkan agar darah tidak mengalir ke tenggorokan atau sinus
2. Berikan tekanan pada hidung sambil duduk tegak selama lima sampai lima belas menit. Tindakan ini akan memberikan tekanan pada pembuluh yang mengalami pendarahan untuk mendorong pembekuan darah dan menghentikan aliran darah.
Jika pendarahan tidak kunjung berhenti setelah melakukan langkah-langkah tersebut diatas, sangatlah penting untuk secepatnya mencari bantuan medis. Pasien yang mengalami mimisan secara berulang membutuhkan perawatan cepat untuk menghentikan kondisi ini. Di antara perawatan bagi epitaksis termasuk:
A. Tampon hidung: ketika pita kasa atau spons hidung dimasukkan ke dalam hidung untuk memberikan tekanan pada sumber pendarahan
B. Kauter hidung: termasuk kauter (pembakaran) dari daerah yang dikenali dimana pendarahan berasal (biasanya dilakukan di bawah pembiusan)
C. Pembedahan sekat hidung: tindakan untuk meluruskan sekat hidung yang bengkok karena kelainan bawaan atau trauma
D. Ligasi: tindakan pembedahan dimana ujung pembuluh darah yang menyebabkan mimisan diikat
Perawatan pasca mimisan
Setelah penyembuhan dari mimisan, sangat penting untuk merawat hidung dengan lebih teliti untuk mencegah terjadinya kembali atau infeksi. Mencungkil atau menghembuskan napas dengan keras dari hidung, olah raga berat, konsumsi alkohol, dan berbaring datar harus dihindari selama 24 sampai 48 jam. Sangat penting untuk tidak memindahkan kerak yang mungkin terbentuk dalam hidung, sebagai bagian dari proses penyembuhan.
Sekilas info, semoga bermanfaat
RobertoNews 1675 《13.4.23(08.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait