Kapolda Minta Petakan Lokasi Rawan Laka Untuk Mudik Lebaran

  • Whatsapp

Beritalima.com《 Banda Aceh-Kapolda Aceh, Ahmad Haydar, memastikan bahwa harga bahan pokok penting dan komoditas pangan akan stabil menjelang Idul Fitri 1444 hijriah tahun 2023.

Hal ini disampaikan dalam rapat koordinasi lintas sektoral terkait pengamanan hari raya tersebut, yang berlangsung di Aula Machdum Sakti Polda Aceh pada tanggal 12 April 2023.

Selain harga bahan pokok penting yang stabil, ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) dan gas elpiji juga cukup, bahkan melebihi stok harian. Namun, Disperindag tetap diminta untuk memonitoring potensi adanya penimbunan bapokting menjelang lebaran.

Selanjutnya, Dishub harus berkoordinasi dengan pengelola pelabuhan untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan, dan ASDP harus mengecek kesiapan transportasi, khususnya tujuan wisata. Penyeberangan laut juga harus ditingkatkan sebanyak 4-5 trip pada H-1 lebaran, serta jumlah live jacket di kapal disesuaikan dengan jumlah penumpang.

Ahmad Haydar juga mengingatkan bahwa terdapat kenaikan jumlah kejadian laka lantas tahun 2021-2022 sebesar 35%. Sehingga Ditlantas diminta memetakan lokasi rawan kecelakaan menjelang mudik lebaran dan mengecek urine sopir secara random. Hal ini dilakukan untuk menekan jumlah angka kecelakaan dan kematian.

Secara umum, Pemda Aceh siap dalam menghadapi Idul Fitri terutama arus mudik dan balik. Namun, masyarakat tetap diminta untuk waspada terhadap cuaca, karena BMKG memprediksikan masih ada potensi hujan sampai jelang lebaran.

Semua stakeholder juga diminta untuk berkoordinasi dengan baik guna menjaga kelancaran arus mudik dan balik serta keselamatan selama perjalanan.” (A79)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait