Dokter RSUDMA Berbagi Tips Program Hamil Berkualitas

  • Whatsapp
dr. Rahmi Utami, SP. OG

SUMENEP, beritalima.com| Setiap pasangan menginginkan untuk memiliki keturunan sebagai penerus keluarga. Pasangan milenial yang baru menikah ada yang menunda program hamil dan ada pula yang langsung memproses kehamilan.

Bagi pasangan yang berusia di atas 30 tahun sebaiknya tidak lagi menunda proses kehamilan. Sebab berpengaruh terhadap kualitas kehamilan. Tetapi pasangan yang berusia 20 tahunan, bisa dipertimbangkan. Meskipun kapan saja boleh memproses kehamilan selama pasangan tersebut sudah siap punya anak.

Bacaan Lainnya

Lalu bagaimana supaya program hamil (promil) Anda berkualitas dan memiliki buah hati yang sehat? dr. Rahmi Utami, SP. OG yang bertugas di RSUD dr. Moh. Anwar Sumenep, Jawa Timur berbagi tips. Salah satunya adalah mempersiapkan nutrisi.

Nutrisi perlu dipersiapkan dalam program kehamilan. Nutrisi diperlukan agar kehamilan Anda sehat.

“Nutrisi yang paling penting adalah asam folat. Asam folat paling dibutuhkan selama mempersiapkan kehamilan. Minimal 400 gram per hari,” terangnya dalam keterangan virtual RSUD dr. Moh. Anwar Sumenep, Jumat, 21 Oktober 2021.

Makanan yang mengandung asam folat tinggi, antara lain, telur, buah bit, jeruk, kubis, brokoli, kacang-kacangan, pepaya, hati sapi, pisang dan alpukat.

Lebih lanjut dia menjelaskan pentingnya asam folat. Asam folat berfungsi untuk mencegah kelainan saraf. Termasuk untuk meningkatkan kadar Hemoglobin (HB).

“(Misal) mau nikah enam bulan lagi. Maka sejak saat itu mulai mengkonsumsi asam folat. Tetapi sayangnya masyarakat kita baru mengkonsumsi asam folat setelah hamil,” jelas dokter yang memakai kerudung.

Padahal, sambungnya, menurut para ahli minimal 3 bulan sebelum masa kehamilan mulai mengkonsumsi asam folat. “Lebih bagus lagi kalau dikonsumsi sebelum enam bulan (masa hamil),” tukasnya.
(**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait