HJM ke-105, Pemkot Madiun Gelar Wayang Kulit Dengan Lakon Gatotkaca Winisuda

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Dalam rangka Hari Jadi Kota Madiun ke-105, Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, menggelar pagelaran wayang kulit dengan lakon (judul) Gatotkaca Winisuda, di Pahlawan Bussenis Center (PBC), Jumat 30 Juni 2023, malam.

Selain menampilkan dalang utama, Ki Aditya Krisna, dan bintang tamu Cak Yudho Cs, panitia juga menampilkan empat dalam cilik asli dari Kota Madiun. Masing Dyah Ayu Kusumaningtyas, Danang Danardana, Nabil Ekri R.E, dan Dafa Sakisna Prasetyo.

Walikota Madiun, H. Maidi, PBC sebagai lokasi terselenggaranya acara merupakan kawasan khusus yang disiapkannya untuk menggelar berbagai acara.

“Saat ini pembangunan baru 90 persen. Kita akan terus sempurnakan. Silakan masyarakat siapa saja yang ingin menggelar di tempat ini saya izinkan,” kata H. Maidi.

Walikota menambahkan, sejumlah pembangunan yang akan dilaksanakan untuk meningkatkan daya tarik wisata. Untuk itu, ia berharap seluruh masyarakat dapat mendukung proses pembangunan itu hingga berjalan lancar dan optimal.

Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kerukunan serta selalu menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga, Kota Madiun tetap aman, nyaman, dan damai.

“Usia kota semakin bertambah, usia kita semakin berkurang. Maka saya berpesan jangan telat berbuat baik, jangan telat berbuat jujur,” pungkasnya.

Untuk diketahui, lakon Gatotkaca Winisudo mengandung filosofi, menjadi pimpinan harus berani, melindungi rakyat, mengambil resiko dan mempertanggungjawabkannya.

Pun demikian, Gatotkaca berani melawan pamannya sendiri karena dia raja yang harus mengayomi rakyatnya dari tindak angkara murka.

Dalam pagelaran wayang kulit ini, juga ditampilkan seni karawitan “Siswa Laras” dari SDN 01 Nambangan Lor Kota Madiun. (Kmf/ Dibyo).

H. Maidi (atas).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait