HPL Soroti Pencak Silat Yang Kurang Diperhatikan Pemerintah

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com|
Wakil ketua DPD PDI-P Jatim, Hari Putri Lestari atau yang akrab dipanggil HPL mengaku mendapat undangan di padepokan Pencak Silat. Melihat dari dekat kegiatan perkumpulan Pencak Silat tersebut, menimbulkan keprihatinan bagi seseorang HPL.

Anggota DPRD provinsi Jatim yang satu ini memiliki kegemaran blusukan ke wilayah Dapilnya, di sekitar Jember-Lumajang. Wanita cantik yang selalu energik ini terus berupaya mendengarkan aspirasi masyarakat. Meskipun kegiatan tersebut tidak berkaitan dengan Reses.

“Alhamdulillah, saya diundang Perkumpulan Pencak Silat Pandawa Baru, untuk melihat agenda pertunjukan pencak silat dan musik tradisional yang diperagakan oleh beberapa perkumpulan pencak silat dari berbagai kecamatan di Kabupaten Jember,” terang Anggota komisi A DPRD provinsi Jatim ini.

HPL mengungkapkan perasaannya, yang menjadikan keprihatinan adalah kurang perhatian dari Pemerintah Jember terhadap seniman di pelosok desa-desa, yaitu kurangnya penunjang kegiatan, fasilitas tempat, bantuan alat, kesempatan tampil di acara pemerintah juga hampir tidak tersentuh.

“Harusnya kegiatan tersebut ditunjang dengan atraksi di tempat-tempat wisata atau area publik, dalam rangka pelestarian seni dan budaya tradisional yang ada di pedesaan. Pemerintah pusat telah mengalokasikan dana abadi bagi kebudayaan sebesar 5 triliyun, dari Jawa Timur sebanyak 37 kabupaten telah bisa mengajukan dana, hanya Jember yang belum bisa karena belum menyerahkan Naskah Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kabupaten Jember. Ini merugikan, khususnya bagi para pelaku seni budaya di jember,” sesalnya.

HPL menuturkan, bahwa pihaknya mengapresiasi adanya
pertemuan rutin dari berbagai perkumpulan yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi, mengisi waktu senggang dengan menjaga pelestarian seni & budaya, serta bergotong royong.

“Pertemuan rutin juga untuk mempererat tali persaudaraan, karena dengan adanya sering bertemu dan berkomunikasi adalah salah satu upaya
menghindari konflik antar perkumpulan. Salut pada tokoh pencak silat yang mengkader para pemuda dan anak anak,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait