Inilah Keuntungan dan Tips Melakukan Investasi Jangka Panjang

  • Whatsapp

Pada zaman sekarang, banyak orang yang ingin melakukan investasi seperti reksadana hingga deposito. Perlu kamu ketahui bahwa kedua jenis investasi yang disebutkan tadi adalah investasi jangka panjang. Hal itu dikarenakan keuntungan yang didapatkan bisa dirasakan dalam jangka waktu lama.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami apa itu investasi jangka panjang. Padahal, jenis investasi jangka panjang memiliki banyak keuntungan dan ada potensi besar di dalamnya.

Keuntungan Melakukan Investasi Jangka Panjang

Untuk mengetahui apa saja keuntungan yang didapatkan dari investasi jangka panjang, simak ulasannya di bawah ini.

1.      Potensi Keuntungan Lebih Tinggi

Keuntungan pertama dari investasi jangka panjang adalah memiliki potensi keuntungan lebih tinggi. Investasi jangka panjang biasanya melibatkan risiko lebih tinggi. Meskipun begitu, jenis investasi ini juga memberikan potensi keuntungan lebih tinggi dibandingkan dengan investasi jangka pendek.

Hal tersebut disebabkan aset yang diinvestasikan memiliki waktu untuk berkembang dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Bagian inilah yang membuat investasi jangka panjang perlu diperhatikan.

2.      Diversifikasi Portofolio

Investasi jangka panjang memungkinkan nasabah untuk melakukan diversifikasi portofolio. Caranya adalah dengan berinvestasi pada berbagai jenis aset seperti saham, obligasi, atau properti. Dengan melakukan diversifikasi portofolio, kamu dapat mengurangi risiko investasi. Sebab, keuntungan dari satu jenis aset bisa menutupi kerugian dari jenis aset lainnya.

3.      Keuntungan Compound Interest

Dengan melakukan Investasi jangka panjang, maka memberikan keuntungan juga dari sisi bunga majemuk atau compound interest. Ini berarti, setiap keuntungan yang diperoleh dari investasi akan dikembangkan kembali. Hal tersebut dapat meningkatkan keuntungan yang dihasilkan seiring dengan berjalannya waktu.

4.      Keuntungan Pajak Lebih Rendah

Beberapa jenis investasi jangka panjang seperti reksa dana dan deposito memiliki keuntungan pajak yang lebih rendah. Bahkan, ini bisa berbeda dibandingkan dengan jenis investasi jangka pendek. Hal tersebut dapat membantu kamu dalam mengurangi beban pajak dan juga dapat meningkatkan keuntungan investasi.

5.      Dapat Memperkuat Keuangan Di Masa Depan

 

Dengan melakukan investasi jangka panjang, maka dapat membantumu dalam persiapan keuangan di masa depan. Investasi sebagian dari pendapatan kamu sekarang untuk dapat membangun portofolio investasi kuat. Hal ini bisa membantumu mencapai tujuan keuangan di masa depan seperti persiapan pensiun atau pembelian rumah.

Tips Melakukan Investasi Jangka Panjang

Setelah mengetahui apa saja keuntungannya, maka kita simak seperti apa tips melakukan investasi jangka panjang sebagai berikut.

1.      Tentukan Investasi Jangka Panjang yang Jelas dan Spesifik

Menetapkan tujuan investasi jangka panjang yang jelas dan spesifik itu sangat penting. Sebab, hal ini bisa membantumu untuk fokus pada investasi dan mencapai hasil yang diinginkan. Untuk bisa melakukan hal ini, pertama tentukan dulu jangka waktu investasi, misalnya lima tahun atau lebih.

Kemudian, pilih instrumen investasi yang sesuai untuk mencapai tujuan jangka panjang. Pilihan instrumen investasi yang tepat sangat tergantung pada profil risiko, toleransi risiko, dan kebutuhan keuangan. Terakhir, tetapkan tujuan investasi jangka panjang yang spesifik. Tujuan ini harus spesifik, terukur, realistis, dan dapat dicapai. Contoh tujuan yang spesifik misalnya meningkatkan nilai investasi sebesar 10% setiap tahunnya atau mencapai pengembalian investasi sebesar 50% dalam waktu 5 tahun.

2.      Lakukan Riset dan Analisis Pasar Terlebih Dahulu Sebelum Memutuskan untuk Investasi

Riset pasar dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang pasar yang akan diinvestasikan. Informasi yang dikumpulkan bisa berupa data historis kinerja pasar, tren, potensi pertumbuhan, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi pasar tersebut. Riset pasar juga dapat meliputi analisis fundamental dan analisis teknikal yang membantu mengukur nilai intrinsik suatu investasi.

Analisis pasar dipakai untuk mengevaluasi dan membandingkan investasi yang tersedia. Analisis pasar juga dapat membantu investor dalam menilai risiko dan potensi keuntungan dari setiap investasi yang ditawarkan. Bahkan, bisa juga membantu investor dalam menentukan strategi investasi yang tepat. Contohnya seperti waktu yang tepat untuk membeli atau menjualnya.

Dengan melakukan riset dan analisis pasar terlebih dahulu, maka investor bisa mengurangi risiko kehilangan uang dan meningkatkan potensi keuntungan dari investasi. Selain itu, investor juga dapat memahami dengan lebih baik karakteristik pasar serta mengambil keputusan investasi yang lebih tepat.

3.      Jangan Terburu-Buru dan Selalu Lihat Situasi Pasar

Saat kamu memutuskan ikut investasi jangka panjang, maka jangan terburu-buru dan selalu lihat situasi pasar. Sebagai seorang investor, sangat penting untuk melakukan riset dan analisis yang cukup terhadap instrumen investasi.

Pertimbangkan faktor-faktor seperti risiko, potensi keuntungan, jangka waktu investasi, dan sebagainya. Jangan hanya terfokus pada potensi keuntungan yang tinggi tanpa memperhitungkan risiko yang mungkin terjadi.

 

Selain itu, perhatikan juga situasi pasar secara keseluruhan. Jangan membuat keputusan investasi berdasarkan informasi yang terlalu spesifik atau sementara. Perhatikan tren pasar secara keseluruhan dan berbagai faktor yang mempengaruhinya, seperti situasi politik dan ekonomi global, sebelum membuat keputusan investasi.

4.      Jangan Terlalu Memikirkan Fluktuasi Harga Pasar

Perlu diingatkan bahwa investor harus tetap tenang dan tidak terlalu khawatir oeh fluktuasi harga pasar harian. Biasanya ini merupakan sesuatu yang wajar terjadi pada pasar keuangan.

Sebagai seorang investor, sangat penting untuk memiliki tujuan jangka panjang dan rencana investasi yang jelas serta terukur. Ini juga dapat membantu dalam memastikan bahwa kamu tetap fokus pada rencana jangka panjang. Lalu, tidak tergoda untuk membuat keputusan investasi yang buruk berdasarkan fluktuasi pasar harian. Padahal bagian itu mungkin hanya bersifat sementara.

Demikian keuntungan dan tips melakukan investasi jangka panjang. Semoga informasi ini memberikan manfaat.

 

 

 

 

beritalima.com

Pos terkait