Jadi Narasumber Sosialisasi TTE, Walikota Madiun Harap Inovasi Bawa Kemajuan

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, terus berpacu dalam efisiensi birokrasi. Salah satunya dengan menerapkan tanda tangan elektronik (TTE) di lingkup pemkot.

Pemanfaatan TTE melalui aplikasi e-surat ini dinilai bakal membuat kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di pemerintahan Kota Madiun menjadi lebih mudah dan efisien.

Pasalnya, seorang pejabat eselon tidak perlu lagi menandatangani sebuah dokumen secara manual, dalam jumlah besar. Selain itu, proses penandatanganan dokumen bisa dilaksanakan selama 24 jam dari berbagai tempat, tanpa harus terus-menerus berada di kantor.

“Siapa yang memerlukan tanda tangan tidak kesulitan. Dimanapun kita berada bisa segera dikerjakan, tidak harus ketemu. Kondisi ini tentunya akan membawa kemajuan untuk kota. Kita memang harus dua langkah, tiga langkah lebih maju,” jelas Walikota Madiun, H. Maidi, Selasa 19 Oktober 2021.

Walikota yang juga narasumber di acara sosialisasi penerapan TTE dengan aplikasi e-surat di lingkup Pemerintah Kota Madiun yang digelar di Gedung GCIO, berharap pola-pola seperti ini akan membawa kesempurnaan pada kota.

“Kota harus lebih maju, dua sampai tiga langkah. Pola-pola ini akan menyempurnakan kegiatan di pemkot,” ungkapnya.

Tak hanya itu, dalam sosialisasi tanda tangan digital atau elektronik itu juga dijelaskan keberadaan TTE melalui aplikasi e-surat akan mencegah terjadinya tindakan pemalsuan, karena menggunakan Quick Response Code (QR-Code). Penggunaan QR-Code akan mengidentifikasi dan mengetahui apakah tanda tangan tersebut asli atau bukan.

Jika berasal dari fotokopian dan bukan berasal dari sistem yang dipilih, lanjutnya, maka tidak akan keluar nama dan Nomer Induk Kepegawaian (NIK). Nantinya, tanda tangan digital asli akan diketahui jika itu berasal dari sistem yang telah disetujui.

Selain itu dengan adanya tanda tangan elektronik, merupakan solusi bagi keamanan dokumen agar tidak ada tindak pemalsuan. (Sumber Diskominfo/editor Dibyo).

H. Maidi (atas).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait