KAI Percepat Pengembalian Dana Pembatalan Tiket KA Antar Kota

  • Whatsapp

SURABAYA – Mulai 1 Juni 2024 kemarin PT Kereta Api Indonesia (Persero) menetapkan kebijakan baru mengenai waktu pengembalian dana pembatalan tiket KA Antar Kota.

Pengembalian dana akan dilakukan paling lambat dalam waktu 7 hari setelah tanggal pembatalan. Sebelumnya batas waktu pengembalian tiket yang dibatalkan penumpang yakni antara 30 hingga 45 hari.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, perubahan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan pada pelanggan. “Dengan mempercepat proses pengembalian dana dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para pelanggan KA antar kota,” kata Luqman, Senin (3/06/2024).

Proses pengembalian dana dapat dilakukan dengan transfer melalui rekening bank atau e-wallet pelanggan, yang tentunya lebih cepat dan mudah bagi pelanggan yang menggunakan layanan perbankan ataupun dompet digital.

Namun, bagi pelanggan yang belum memiliki rekening bank atau dompet digital, KAI juga menawarkan solusi sementara berupa pengembalian secara tunai, dapat dilakukan di stasiun tertentu yang telah ditetapkan oleh KAI pada 7 hari setelah tanggal pembatalan.

Proses pembatalan tiket tetap dapat dilakukan pada aplikasi Access by KAI maupun loket stasiun yang melayani pembatalan tiket, dengan biaya administrasi sebesar 25% per tiket yang dibatalkan.

Di Daop 8 terdapat 6 stasiun yang melayani pembatalan tiket, yakni : Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Mojokerto, Bojonegoro, dan Sidoarjo.

Tata cara melakukan pembatalan tiket di stasiun, pelanggan yang bersangkutan sesuai yang tercantum dalam Boarding Pass – atau apabila diwakilkan wajib melampirkan surat kuasa bermaterai – melakukan pembatalan dengan membawa identitas.

Kemudian, pelanggan mengisi form dan memberikan kepada petugas Customer Service disertai kartu identitas asli. Setelah keabsahannya diperiksa, pelanggan diarahkan melakukan pembatalan di loket yang ditentukan.

Berikutnya petugas loket menginput data pelanggan dan mengembalikan kartu identitas serta menginfokan kepada pelanggan bahwa pengembalian maksimal 7 hari atau jika pelanggan belum memiliki rekening bank maka pengembalian secara tunai.

Selain secara manual, pembatalan tiket KA juga bisa dilakukan melalui Aplikasi Access by KAI, meskipun pembelian tiket melalui aplikasi lain dan/atau aplikasi Acces by KAI.

Sedangkan tata cara melakukan pembatalan tiket melalui aplikasi Access by KAI sebagai berikut. Bila pembelian melalui aplikasi selain Acces by KAI, bisa ditambahkan e-tiket melalui menu tiket, klik cek dan tambah tiket, masukkan kode booking, dan lanjutkan.

Di menu tiket, klik tiket yang akan dibatalkan, pilih menu kelola pesanan anda, dan pilih pembatalan tiket. Cek list pelanggan yang akan melakukan pembatalan, masukkan no rekening/e-wallet, lanjutkan, dan selesai.

“Pelanggan dapat membatalkan tiket di aplikasi Access by KAI selambatnya 2 jam sebelum keberangkatan KA, atau di loket stasiun selambatnya 30 menit sebelum keberangkatan KA,” terang Luqman.

Kebijakan ini, lanjut dia, menunjukkan komitmen KAI untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan memenuhi harapan pelanggan.

“Pelanggan yang membatalkan perjalanan kini tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan kembali dana mereka, sehingga proses pembatalan menjadi lebih mudah dan tidak memberatkan,” tandasnya.

“Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap layanan KAI, dan menarik lebih banyak pelanggan untuk menggunakan moda transportasi kereta api sebagai pilihan utama mereka,” pungkasnya. (Gan)

Teks Foto: Layanan pengembalian dana pembatalan tiket KA Antar Kota yang kini telah dipercepat.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait