Kanker Darah ( LEUKEMIA ) Pada Anak

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr.Robert Arjuna FEAS*
Terpetik berita yang menyedihkan seorang family kami yang bernama Pak Ferry Salim yang anaknya laki baru 6 tahun terkena kanker darah dimana muka pucat pasi dan perut buncit kski bengkak lalu dilarikan betobat ke Singapore selama 24 hari meninggal begitu pula tetangga kami dari ibu Merry punya anak laki berumur 7 tahun menderita kanker darah badan kurus, sering batuk demam,muka pucat dan gampang memar oleh dokter divonis kena kanker darah dalam bahasa medis itu Leukemia Myelocytic Acute.mari kita bahas bersama…..

Leukemia adalah jenis kanker darah yang paling umum terjadi pada anak-anak dan remaja. Leukemia adalah jenis kanker sel darah putih. Sel darah putih abnormal terbentuk di sumsum tulang dan dengan cepat melakukan perjalanan melalui aliran darah kemudian meningkatkan kemungkinan infeksi tubuh dan masalah lainnya.

Tidak tahu persis apa yang menyebabkan sebagian besar kasus leukemia anak-anak. Namun, hal-hal tertentu dapat meningkatkan peluang untuk terkena kanker ini. Perlu diingat, bahwa memiliki salah satu dari faktor-faktor risiko tidak selalu berarti seorang anak akan mengidap leukemia.

Terdapat tiga jenis kanker darah, di antaranya leukemia, limfoma, dan myeloma. Namun, jenis yang paling diidap anak-anak adalah leukemia.Menurut dari American Cancer Society, penyebab kanker darah pada anak hingga kini belum diketahui secara pasti.faktor mutasi atau perubahan DNA di sel darah dan sel sumsum tulang penghasil sel darah bisa memicu penyakit ini.Mutasi DNA ini kemungkinan terjadi saat bayi baru dilahirkan, bahkan ada yang terjadi sebelum anak dilahirkan.Kombinasi mutasi gen tertentu bersamaan beberapa faktor pemicu kanker di atas bisa memengaruhi sel kekebalan tubuh dan menyebabkan kanker darah pada anak.

FAKTOR PEMICU KANKER DARAH
1. Kelainan bawaan seperti sindrom Li-Fraumeni, sindrom Down, atau sindrom Klinefelter.
2. Masalah sistem kekebalan tubuh yang diturunkan seperti ataksia telangiektasia.(Seorang saudara lelaki atau perempuan dengan leukemia, terutama saudara kembar yang identik.)
3. Riwayat terpapar radiasi, kemoterapi, atau bahan kimia tingkat tinggi seperti benzena (pelarut).
4. Sejarah penekanan sistem kekebalan tubuh, seperti untuk transplantasi organ.

JENIS LEUKEMIA ANAK
Hampir semua kasus leukemia masa kanak-kanak adalah akut, yang berarti mereka berkembang dengan cepat. Sejumlah kecil kronis dan berkembang perlahan. Jenis leukemia masa kanak-kanak meliputi:
Jenis kanker darah pada anak akut dibagi menjadi dua, yaitu:
1. Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL);Kondisi ini juga disebut leukemia limfositik akut, karena mempengaruhi limfosit (sejenis sel darah putih). ALL menyumbang 3 dari setiap 4 kasus leukemia pada anak.
2. Acute Myeloid Leukemia (AML) :AML adalah jenis kanker darah pada anak yang paling umum berikutnya. Jenis kanker ini mempengaruhi sel ledakan (sel darah putih yang belum matang).
Sementara, jenis kanker darah pada anak yang kurang umum atau jarang terjadi, meliputi:
3. Leukemia Garis Keturunan Hibrida atau Campuran :Kanker ini adalah leukemia langka dengan gambaran ALL dan AML.
4. Leukemia Myelogenous Kronis (CML) Leukemia myelogenous kronis atau CML, jarang terjadi pada anak-anak.
5. Leukemia Limfositik Kronis (CLL) :Kanker CLL juga sangat jarang terjadi pada anak-anak.
6. Leukemia Myelomonocytic Remaja (JMML) :JMML adalah jenis kanker darah pada anak langka yang tidak kronis atau akut dan paling sering terjadi pada anak di bawah usia 4 tahun.

GEJALA KANKER DARAH PADA ANAK
1. Kelelahan atau kulit pucat;
2. Infeksi dan demam;
3. Mudah berdarah atau memar;
4. Kelelahan atau kelemahan ekstrem;
5. Sesak napas; dan
6. Batuk
7. Rentan terkena infeksi
8. Nyeri tulang dan sendi

FAKTOR PENYEBAB KANKER ANAK
1. Peralatan Rumah Tangga
Penelitian mengungkapkan bahwa salah satu penyebab kanker darah pada anak adalah peralatan rumah tangga seperti sofa, karpet, gorden, gelas, cat dinding hingga pestisida dan pembersih. Ternyata kandungan kimia di dalam barang-barang termasuk kandungan perchlorethylene yang bisa ditemukan pada semir sepatu atau pembersih kayu.
2. Faktor Genetik :penyebab kanker darah pada anak yang terbesar adalah faktor keturunan atau genetik.
3. Jenis Virus yang Mengganggu Metabolisme Tubuh Penyebab kanker darah pada anak juga dapat dipicu oleh virus. Ada beberapa jenis virus yang dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh dan menyebabkan timbulnya kanker darah pada Si Kecil. Virus tersebut antara lain adalah virus leukemia feline dan retrovirus.
4. Asap Rokok berhati-hatilah karena asap rokok dapat menjadi penyebab kanker darah pada anak..
5. Kelainan Sejak Lahir :penyebab kanker darah pada anak juga dapat disebabkan karena adanya kelainan sejak lahir yang diderita Si Kecil.

PENGOBATAN
Biasanya pengobatan terdiri dari satu atau lebih terapi di bawah ini.
1. Kemoterapi, untuk Membunuh Sel Kanker
2. Radiasi, Pengobatan Menggunakan Sinar X
3. Transplantasi Sumsum Tulang Belakang (Stem Cell Transplant)
Demikian agar dimaklumimsekilas info, semoga bermanfaat
RobertoNews 1531 《30.8.22(05.00)》
• Praktiksi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait