Kasek SD di Sergai Siap Implementasi Gerakan Literasi Sekolah

  • Whatsapp

Foto: Wabup Sergai Darma Wijaya melakukan salam literasi bersama-sama dengan Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, narasumber dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Dr. Dewi Utama Faiza, Koordinator USAID PRIORITAS Sumut Agus Marwan, Direktur TMC Indonesia Taslim Moeis dan jajaran Dinas Pendidikan sebagai komitmen mewujudkan Literasi di sekolah usai membuka acara “Workshop Gerakan Literasi Sekolah” bertempat di Ruangan Sumatera Hotel Soechi Internasional

Serdang Berdagai, Beritalimacom– Komitmen Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) untuk melahirkan generasi unggul lewat gerakan gemar membaca kembali, ditunjukkan lewat workshop yang menghadirkan ratusan Kepala Sekolah Dasar (SD) dalam rangka mewujudkan Gerakan Literasi Sekolah. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wabup Sergai Darma Wijaya didampingi Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik MM, narasumber dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Dr. Dewi Utama Faiza, Koordinator USAID PRIORITAS Sumut Agus Marwan, Direktur TMC Indonesia Taslim Moeis bertempat di ruang Sumatera Hotel Soechi International di Medan, Rabu malam (16/11).

Wabup Darma Wijaya dalam sambutannya mengemukakan bahwa peningkatan mutu pendidikan salah satunya adalah dengan mendorong siswa dan masyarakat untuk gemar membaca. Keterampilan membaca menjadi sebuah fondasi yang kokoh untuk melahirkan generasi yang berprestasi. Hal ini dimulai dari para pendidik yakni kepala sekolah dan guru-guru yang harus memiliki minat baca yang tinggi.

“Melalui kegiatan ini, Pemkab Sergai mempersiapkan para Kepala Sekolah, agar dapat mengimplementasikan gerakan literasi di sekolah masing-masing. Karena berdasarkan laporan UNESCO tahun 2011, minat baca di Indonesia tergolong rendah. Dari seribu orang hanya satu orang saja yang memiliki minat serius dalam membaca dan hal ini berdampak langsung dengan prestasi pelajar di Indonesia”, ungkap Darma.

Untuk itu lanjut Darma, Pemkab Sergai berupaya menetapkan program dan kebijakan untuk mewujudkan gerakan literasi dimulai dari sekolah-sekolah di daerah ini. Melalui gerakan literasi di sekolah ini, kami mengharapkan semua pihak dapat bergandengan tangan dalam menciptakan generasi muda yang gemar membaca bahkan menulis ilmiah, sehingga tidak terjerat dalam permasalahan remaja yang kerap ditemukan seperti bahaya narkoba yang mengancam saat ini.

“Dengan mengarahkan para pelajar di Sergai membaca dan menulis akan meningkatkan kualitas pendidikan kita sekaligus indeks pembangunan sumber daya manusia daerah ini pun pasti akan semakin baik sebagaimana harapan kita semuanya,” jelas Wabup Sergai ini.

Darma menghimbau para orang tua juga untuk turut andil dengan membiasakan anak membaca di rumah, sebagai gerakan bersama dengan pemerintah dan sekolah.

“Dengan membaca akan meningkatkan budi pekerti anak, meningkatkan rasa emphaty dengan orang lain, mengerti nilai kearifan lokal maupun nasional,” pungkas Wabup Darma Wijaya.

Pada kesempatan yang sama Koordinator USAID PRIORITAS Sumut Agus Marwan mengemukakan bahwa salah satu tujuan kemitraan Pemkab Sergai dengan USAID PRIORITAS adalah untuk menjadikan Sergai sebagai Kabupaten Literasi. Para guru dan kepala sekolah mitra di Sergai, telah mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari program USAID PRIORITAS dalam menerapkan praktik yang baik dalam pembelajaran, manajemen sekolah dan budaya baca.

Sebelumnya Kadis Pendidikan Sergai Drs. Joni Walker Manik MM, melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari deklarasi budaya membaca di Sergai, yang sebelumnya telah dikumandangkan dan memecahkan rekor muri, karena menghadirkan lebih dari 10ribu siswa membaca senyap (silent reading) beberapa waktu yang lalu. Kegiatan ini diikuti oleh 108 kepala SD, di lingkungan Disdik Sergai dan berlangsung selama 3 hari mulai 16-18 November 2016. [Sugi]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *