Kodim Tidore dan Dinkes sosialisasikan Bahaya HIV/AIDS

  • Whatsapp

Wasile (17/05), Dalam rangkaian kegiatan TMMD Ke-96 salah satu sasaran Non Fisik antara lain memberikan penyuluhan tentang HIV/AIDS kepada Siswa SMA Muhamadiah Rawa Mangun.

Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 170 siswa/siswi tersebut diawali dengan pemberian materi Oleh Tim penyuluh dari Dinas Kesehatan Kab. Haltim Ibu Raodah A Gafur dan Bpk Zulkarnain tentang Bahaya HIV/AIDS baik jenis penyakit, gejala hingga cara penularan penyakit yang diakibatkan Virus tersebut. Penekanan penyuluhan adalah penyebab penularan Virus HIV/AIDS baik melalui jarum suntik, Kontak luka secara langsung, penularan secara seksual, hingga penurunan ibu hamil kepada anaknya. Selain itu juga diberikan pemahaman kepada para siswa bahwa penularan bisa terjadi karena sex bebas, penggunaan narkoba hingga penyimpangan seksual/LGBT.

Usai kegiatan penyuluhan Sdr. Zulkarnain salah satu nara sumber memberikan keterangannya bahwa kegiatan penyuluhan ini merupakan bagian dari usaha preventif/pencegahan mengingat angka pengidap penyakit tersebut di Maluku Utara cukup tinggi sehingga diharapkan agar para siswa sebagai generasi muda dapat memahami bahaya penyakit tersebut hingga penyebab penularan virus HIV sehingga para siswa dapat menghindari tertular penyakit tersebut dengan hidup sehat dan menghindari kegiatan-kegiatan negatif yang dapat menjadi penyebab penularan. Pada sosialisasi juga tadi kita berikan pemahaman bahwa apabila disekitar terdapat salah satu pengidap agar jangan dihindari ataupun dikucilkan karena masih banyak mitos di masyarakat bahwa AIDS dapat menular dari udara, alat makan maupun mitos lainnya dan kita menerangkan bahwa mitos tersebut sama sekali tidak benar adanya. (Penrem 152/Bbl)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *