Magister Kajian Sastra dan Budaya Unair Raih Akreditasi Unggul

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Program Studi Magister Kajian Sastra dan Budaya (MKSB) Universitas Airlangga (Unair) telah berhasil meraih akreditasi “UNGGUL” dari Badan Akreditasiai Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Penilaian itu tertuang dalam Surat Keputusan pada Selasa (11/6/2024).

Dr Listyono Santoso SHum MHum, Wakil Dekan Akademik FIB Unair, mengatakan bahwa keberhasilan itu menunjukkan betapa seriusnya MKSB Unair dalam memperbaiki kualitas pendidikan dan cara mengajar.

“Setelah lima tahun lalu mendapatkan akreditasi B, kami terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan kami. Terutama selama masa pandemi, kami tidak berhenti untuk melakukan perbaikan dan inovasi,” ujar Listyono.

Menurutnya, MKSB Unair telah menunjukkan komitmennya dalam pengembangan kualitas melalui berbagai program. Seperti, pendampingan penulisan jurnal internasional dan program percepatan lulusan. Selain itu, prodi itu juga melakukan integrasi antara riset, pengajaran, dan pengabdian masyarakat.

Tidak hanya itu, Listyono mengatakan akan terus berupaya untuk mendapatkan akreditasi internasional sesuai dengan standar global di bidang sosial dan humaniora. Ia mengatakan akan terus meningkatkan kualitas dosen dan mengembangkan metode pembelajaran.

Melalui pencapaian ini, MKSB Unair terus mempersiapkan lulusannya yang unggul dalam berbagai peran profesional.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dosen kami, sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Ini akan terlihat dari portofolio dosen kami yang akan mudah ditemukan dan diakui oleh masyarakat luas,” ujar Listyono.

Dalam hal ini, ia menyebutkan rencananya untuk mengembangkan metode pembelajaran yang baru. Menurutnya, hal itu akan membantu mahasiswa dalam menyelesaikan masalah nyata tentang masyarakat, sastra, dan budaya.

Melalui pencapaian tersebut, MKSB Unair terus mempersiapkan lulusannya yang unggul dalam berbagai peran profesional. Seperti akademisi, peneliti, kurator kebudayaan, content creator, dan lainnya.

“Kami ingin lulusan kami nantinya akan dibekali soft skill yang memadai untuk bersaing di dunia kerja. Kami yakin bahwa lulusan MKSB Unair akan menjadi aset berharga dalam industri kreatif,” ujarnya.

Ia berharap MKSB Unair dapat berkontribusi dalam pemajuan kebudayaan dan kesusastraan di Indonesia dan internasional.

“Kedepan kami berharap dapat berkontribusi secara nyata dalam pemajuan kebudayaan dan kesusastraan di Indonesia. Kami juga berkomitmen pada peningkatan kualitas dan pengakuan di tingkat nasional maupun internasional,” tutupnya. (Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait