Mahasiswa Antusias Ikuti Sekolah Jurnalistik yang Digelar PWI Pamekasan

  • Whatsapp
Sekolah Jurnalistik Angkatan Pertama yang Digelar PWI Pamekasan di Jl Ronggosukowati Nomor 13 Pamekasan.[Foto PWI Pamekasan].

PAMEKASAN, Beritalima.com|Belasan Mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi antusias mengikuti sekolah jurnalistik yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pamekasan, angkatan Pertama 2021.Senin (15/3/2021).

Kegiatan ini dipusatkan di Kantor PWI Pamekasan, Jl Ronggosukowati Nomor 13, dalam rangka mewujudkan kelompok masyarakat melek media, khususnya di wilayah Kabupten Pamekasan.

Bacaan Lainnya

Ketua PWI Pamekasan, Abd Aziz, mengatakan, sekolah jurnalistik ini akan berlangsung selama 3 bulan ke depan dan para peserta nantinya akan digembleng dengan beragam macam materi dan praktik jurnalistik.

“Dari belasan Mahasiswa yang mengikuti sekolah jurnalistik ini sengaja kami lakukan sebagai bentuk tanggungjawab moral profesi wartawan, sekaligus mewujudkan kelompok masyarakat melek media,”ucapnya usai memberikan materi di sekolah Jurnalis yang bertempat di kantor PWI. Selasa (16/3/2021), siang.

Lanjut Abd Aziz, menambahkan bahwa untuk sekolah jurnalistik pada tahun ini dibatasi sebanyak 13 peserta didik saja. Karena masih dalam pandemi covid-19.

“Pada setiap materi jurnalistik nanti akan diisi oleh 25 narasumber yang sudah profesional dan teruji dan punya sertifikat Uji Kompetensi Wartawan,”jelasnya.

Sementara itu program sekolah jurnalis pada Bulan pertama dan kedua (Maret-April), pola pembelajaran fokus pada teori. Semisal jurnalistik dasar, konsep dasar, bahasa, kode etik hingga sejarah perkembangan jurnalistik. ‘Sedangkan untuk bulan ketiga (Mei), kita terapkan pembelajaran praktik,” sambung Abd Aziz.

Memasuki bukan kedua, peserta akan diminta memilih jurusan sesuai dengan jenis media yang diinginkan. Baik media cetak, elektronik (radio dan televisi) maupun media online. “Nantinya peserta bakal digembleng materi sesuai dengan jurusan yang mereka pilih, tentunya dipandu langsung oleh rekan-rekan anggota sesuai dengan tugas bersangkutan,” jelasnya

Dari itu, jika peserta memilih radio, maka nantinya materi akan fokus pada media radio dengan didampingi partner dari rekan-rekan wartawan radio pula. Misalnya cara menyajikan berita untuk pendengar, pola penulisan, serta menyajikan kutipan atau insert pada berita radio,” sambung Aziz.

Termasuk untuk jenis media lainnya, seperti media cetak maupun media online. Di mana peserta yang menentukan pilihan juga akan didampingi langsung oleh mentor sesuai dengan tugas profesi anggota. “Jadi pada bulan ketiga, para peserta bakal melaksanakan praktik lapangan dengan mentor wartawan dari masing-masing media,” tegasnya.

Jadi wartawan yang memilih media radio, mereka akan menjalani praktik lapangan dengan mentor anggota PWI yang bertugas di media radio. Termasuk juga peserta yang memilih media cetak maupun media online,” imbuh pewarta LKBN Antara Jawa Timur.

Tidak hanya itu, pihaknya juga sengaja membatasi peserta karena kondisi pandemi Coronavirus Disiase 2019. Bahkan dalam kegiatan tersebut juga diterapkan protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah. “Untuk angkatan kedua, kami akan mempertimbangkan jumlah peserta. Bisa saja lebih banyak khususnya ketika status pandemi berakhir,” tegasnya.

“Jumlah 13 orang sebagai peserta ini memang kita sesuaikan dengan protokol kesehatan. Sebab kapasitas dan daya tampung ruang pelatihan di PWI Pamekasan hanya bisa cukup untuk 30 orang. Tetapi karena kondisi pandemi, kita batasi dari kapasitas normal,” pungkasnya. [An]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait