Mahasiswa UNAIR Raih Juara Dua Nasional, Gagas Aplikasi Advokasi Politik

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) kembali raih prestasi membanggakan. Kali ini, prestasi itu datang dari Devira Hannum Harahap. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Unair itu berhasil mencatatkan namanya sebagai peraih juara dua pada kompetisi esai nasional HIMAKI Festival 4.0.

Kompetisi besutan Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA Universitas Sriwijaya itu terselenggara sejak awal Agustus. Kemudian, penutupan berupa penganugerahan juara berlangsung pada Jumat (13/10/2023) secara daring.

Tentang Inovasi
Devira, sapaan akrabnya, menggagas inovasi bernama Animoo (Anonymous Opposition Opinion). Animoo merupakan sebuah aplikasi komunikasi dan advokasi politik. Aplikasi tersebut memberikan akses bagi masyarakat untuk memberikan kritik, advokasi, dan beropini pada pemerintah beserta jajarannya.

“Aku mengajukan sebuah aplikasi yang menawarkan kenyamanan bagi pengguna untuk mengkritik, mengadvokasi, dan memberikan opininya. Hal itu khususnya tertuju kepada pemerintah, lembaga pemerintahan, pejabat pemerintahan, atau elit-elit politik lain,” papar Devira.

Munculnya inovasi itu bermula dari keprihatinan atas maraknya kasus jeratan hukum akibat penerapan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Undang-undang tersebut membuat masyarakat enggan menyampaikan kritik pada pemerintah lantaran takut potensi jeratan hukuman penjara.

“Gagasan ini berawal dari maraknya tersangka yang terjerat UU ITE ketika menyampaikan opininya tentang pemerintah ke ranah publik. Sehingga, muncullah gagasan Animoo akronim dari Anonymous Opposition Opinion,” terang Devira, Senin (16/10/2023).

Keunggulan
Ia melanjutkan, aplikasi Animoo memiliki keunggulan di mana identitas pengguna tidak akan terungkap pada khalayak. Sesuai namanya, Animoo mewadahi masyarakat untuk melakukan advokasi dan kritik tanpa merasa terancam.

Selain itu, Animoo juga memiliki layanan aduan khusus. Layanan ini berfungsi untuk menilai lembaga formal, baik pada tingkat daerah maupun pusat. Adanya layanan ini harapannya dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengevaluasi pemerintahan.

“Animoo ini juga punya Layanan Aduan untuk memberikan penilaian terhadap lembaga formal pada tingkat pusat hingga daerah. Hal ini memungkinkan partisipasi dari masyarakat dalam mengevaluasi pemerintahan,” imbuhnya.

Melihat keunggulan dari aplikasi yang ia gagas, Devira berharap agar inovasinya itu dapat terimplementasi secara nyata. Pasalnya, aplikasi yang ia canangkan itu relevan dengan permasalahan politik serta partisipasi masyarakat saat ini.

“Harapannya semoga gagasan ini tidak hanya menjadi naskah saja. Semoga saya dapat merealisasikan dan mengimplementasikan aplikasi ini secara langsung kepada masyarakat,” harapnya. (Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait