Manfaat Bawang Putih Terhadap Kesehatan

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Bawang putih adalah salah satu tanaman hortikultura pertama yang ditemukan pada budaya India dan Mesir sekitar 5.000 tahun yang lalu. Bawang putih tak hanya membuat rasa masakan jadi lezat, tapi juga menambah aroma sedap. Saya merasa heran bahwa setiap masakan istriku pasti ada bumbu masak bawang putih baik udah ditumis atau bijian atau rebusan katanya buat penyedap masakan,Benar !
Sewaktu saya makan disemua restoran pasti ada bumbu masak bawang putih katanya penyedap masakan.namumsaat berkunjung keIbu Rosidah saya melihat mereka lagi kerok angin suaminya pakai bawang putih dengan minyak tak lama terdengar suara gelean dan kentuk melulu, rupanya khasiat dahsyat teringat dulu masakan nenek dengan obat tradisional team ayam juga melulu pakai bawang putih,berarti bawang putih selain untuk masakan mempunyai efek untuk kesehatan,saya ingin ajak anɓbbbda berbincang tentang manfaat bawang putih terhadap kesehatan…….

Bawang adalah salah satu bahan makanan yang memiliki peran penting dalam kuliner tradisional di berbagai belahan dunia. Baunya yang khas dan rasa yang mendalam telah menjadikannya sebagai bumbu yang hampir tak tergantikan dalam berbagai masakan tradisional.

Bawang putih digunakan dalam pengobatan tradisional terhadap penyakit akut dan kronis
selama lebih dari 1.000 tahun. Penelitian pada binatang menunjukkan bawang putih dapat
menurunkan tekanan darah, tetapi penelitian pada manusia menunjukkan hasil yang
bervariasi. Bawang putih lebih superior daripada plasebo dalam menurunkan tekanan darah
pada individu dengan hipertensi. Bawang putih bisa digunakan dalam klinis pada pasien
dengan hipertensi ringan. Bawang putih dapat digunakan sebagai bagian dari diet sebagai
salah satu strategi tatalaksana hipertensi.

MEKANISME KERJA
Bawang putih (Allium sativum) telah dikenal sejak lama dalam pengobatan tradisional. Belakangan ini Allium sativum banyak digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk penyakit kardiovaskuler seperti hipertensi. Kandungan allicin dalam Allium sativum bekerja melalui penghambatan angiotensin converting enzyme (ACE) dan efek polisulfida organik pada ion Ca2+ di kanal K – ATP yang berakibat penurunan konsentrasi ion Ca2+ sel, menyebabkan vasodilatasi pembuluh darah dan penurunan tekanan darah.

Bawang putih adalah salah satu bahan makanan yang memiliki peran penting dalam kuliner tradisional di berbagai belahan dunia. Baunya yang khas dan rasa yang mendalam telah menjadikannya sebagai bumbu yang hampir tak tergantikan dalam berbagai masakan tradisional.

Bawang putih memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat bawang putih contohnya mengatasi flu, menjaga kesehatan kulit, mencegah kanker, hingga meningkatkan kekebalan tubuh.Bawang putih adalah bumbu masak yang tak dapat terpisahkan dari hidangan Indonesia. Akan tetapi, tahukah kamu manfaat mengonsumsi bawang putih mentah tanpa mencampurnya dengan makanan?

Bawang putih mengandung beberapa nutrisi penting dan rendah kalori. Satu siung bawang ini mengandung
1. Mangan,
2. Vitamin C,
3. Selenium,
4. Sejumlah kecil serat,
5. kalsium,
6. tembaga,
7. fosfor,
8. Zat besi,
9. Vitamin B1, vitamin B6,
10. kalium.

Bawang ini juga mengandung antioksidan yang tinggi. Sehingga bermanfaat untuk mencegah berbagai paparan radikal bebas yang bisa memicu gangguan kesehatan.
PERAN BAWANG PUTIH DALAM MASAKAN BERUPA :
1. BAWANG PUTIH DALAM SUP DAN KALDU
2. STIR – FRY & MASAKAN WAJAN
3. DALAM MASAKAN CURRIE
4. ACAR & KIMCI
5. MASAKAN MEDiTERIAN

MANFAAT BAWANG PUTIH
Selain memberikan rasa dan aroma khas pada masakan, bawang juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang telah diakui oleh berbagai budaya. Beberapa manfaat kesehatan bawang dalam kuliner tradisional antara lain:

1. ANTIOKSIDAN :Bawang mengandung senyawa flavonoid dan senyawa belerang alami yang memiliki sifat antioksidan. Senyawa ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan mendukung kesehatan sel.
2. ANTI INFLAMASI :Bawang mengandung senyawa allicin, yang memiliki sifat anti inflamasi dan dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.
3. MENJAGA KESEHATAN JANTUNG ;Bawang diyakini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL (kolesterol jahat).
4. MENGATASI FLU : Manfaat bawang putih mentah adalah hasil dari senyawa belerang yang terbentuk ketika bawang ini tercincang, hancur, atau saat kamu kunyah. Salah satu manfaatnya adalah bisa untuk mengatasi flu.
5. MENGONTROL KOLESTEROL ;bawang putih mampu mengontrol kolesterol dengan menurunkan kadar sebesar 10-15 persen.
6. MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH :Bawang putih mentah dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh serta mengurangi terjadinya intensitas penyakit umum. Contohnya seperti flu dan infeksi sistemik atau kulit lainnya.
7. MENCEGAH KANKER : Kandungannya bagi tubuh dapat menurunkan risiko kanker. Salah satunya kanker usus besar.Berdasarkan American Journal of Epidemiology, kelompok yang kerap mengonsumsi bawang ini yang mentah bersama dengan sayuran dan buah-buahan secara rutin, mampu menurunkan risiko kanker usus besar sebesar 35 persen.
8. MENURUNKAN TEKANAN DARAH :Senyawa aktif dalam bawang ini dapat menurunkan tekanan darah (hipertensi), mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.
9. MENCEGAH DEMENTIA & ALZHEIMER ;Manfaat bawang putih lainnya untuk mencegah Alzheimer dan demensia. Hal ini karena bawang ini mengandung antioksidan yang tinggi.Antioksidan mampu mencegah kerusakan otak akibat paparan radikal bebas atau stres oksidatif yang terjadi. Ketika otak menjadi lebih sehat, maka berbagai penyakit yang menyerang otak dapat menurun.
10. MENGONTROL KADAR GULA DARAH ; Bawang putih mentah dapat mengurangi fluktuasi kadar gula darah sebelum makan. Itulah sebabnya, orang yang mengidap penyakit kencing manis sebaiknya mengonsumsi bawang putih.
11. MENJAGA KESEHATAN KULIT :Bawang ini juga berguna untuk mengatasi beberapa masalah kulit, seperti jerawat hingga bekas jerawat. Kamu bisa mengoleskan bawang ini yang sudah halus pada beberapa bekas jerawat atau jerawat.
12. MENINGKAT KINERJA TUBUH ;Manfaat bawang putih lainnya yaitu mampu mengurangi kelelahan serta meningkatkan kinerja atletik dan kapasitas fisik. Di zaman dahulu, bawang ini baik untuk meningkatkan kinerja fisik pekerja dan meningkatkan kinerja atletik pada atlet Olimpiade di Yunani kuno.
13. MENINGKATAN OPTIMAL OTOT ;Berdasarkan laporan dari BMC Musculoskeletal Disorders bawang putih dan bawang bombay menjadi salah satu makanan yang baik untuk mencegah osteoporosis.

Ahli kesehatan mengatakan bahwa makan bawang putih sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi. Sebab bawang putih akan melancarkan sirkulasi darah sehingga bisa menurunkan hipertensi. Karena makan bawang putih bisa mengurangi kolesterol jahat dalam darah Anda, maka kesehatan darah akan terjaga

Bawang merah umum menjadi bumbu masak penguat rasa. Namun, di balik kegunaannya untuk masakan, umbi-umbian ini juga bisa bermanfaat untuk merawat kesehatan tubuh. Kandungan anthocyanin pada bumbu dapur ini dapat bekerja melindungi tubuh dari penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan penyakit gula

Penggunaan bawang dalam kuliner tradisional tidak hanya tentang rasa dan aroma, tetapi juga memiliki makna budaya dan tradisi yang dalam.Di banyak budaya, bawang dianggap sebagai bumbu yang melambangkan keberanian, vitalitas, dan pertahanan terhadap penyakit. Di beberapa tempat, bawang bahkan dianggap memiliki kekuatan magis dan digunakan dalam praktik-praktik spiritual.
Roberto News 1796 《6.5.24 (07.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com

Pos terkait