Gelar Madrasah Amil pada Takmir Lazisnu Surabaya berharap masjid fikirkan kaum Dhuafa’

  • Whatsapp

SURABAYA | beritalima.com – Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Pimpinan Cabang (PC) Kota Surabaya mengadakan Madrasah Amil di Masjid Al Amin Pumpungan, Surabaya pada hari sabtu, 4 Mei 2024. Kegiatan ini diikuti oleh Takmir Masjid dan Pengurus Kampung Menur Pumpungan Surabaya.

Madrasah Amil ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) di lingkungan NU. Para peserta mendapatkan materi tentang fiqih zakat, manajemen ZIS, pendataan mustahik, dan teknik penggalangan dana. Selain itu, mereka juga mendapatkan pelatihan praktek untuk mengasah kemampuan mereka dalam berinteraksi dengan masyarakat dan pelaporan.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Ketua Lazisnu PCNU Kota Surabaya, Dr. Moh. Mukhrojin. Dalam paparanya, Gus Khozin sapaan akrab Ketua lazisnu Surabaya ini menyampaikan bahwa sudah semestinya masjid memakai sistem Lazisnu yaitu tidak hanya berfikir untuk memperindah masjid saja namun juga memikirkan jamaahnya agar sejahtera dengan mendata Fakir Miskin disekitar Masjid.
“Sudah semestinya masjid memakai sistem apa yang dilakukan Lazisnu yaitu memakmurkan masjid dengan cara memperdayakan jamaah dan berfikir bagaimana jamaah ini nyaman dan kerasan dimasjid dengan cara dibantu kesejahteraanya melalui pengelolaan ZIS melalui Lazisnu” Ujar Gus Khozin
Sementara itu Sekretaris Lazisnu Surabaya Dr. Aris Nurullah mengatakan sudah semestinya masjid bersama dengan lazisnu agar takmir masjid dapat beroprasi sebagai Amil Syari dan dapat mengelola zakat sesuai kaidah Hukum Agama dan Negara
“ dengan bergabung dengan Lazisnu maka otomatis akan punya payung hukum baik dari segi Negara maupun Agama “ pungkasnya.

Ketua Takmir Masjid Al Amin Pumpungan, Amrun Rosyid menyambut baik penyelenggaraan Madrasah Amil di wilayahnya. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya zakat dan mendorong partisipasi mereka dalam penyaluran ZIS.
“ selama ini kami membuat panitia zakat yang dilakukan ketika bulan ramadhan saja dengan adanya Lazisnu ini kami berharap kita bekerja tidak hanya bulan ramadhan namun setap saat untuk membantu masyarakat yang membutuhkan” ungkapnya.
Madrasah Amil ini merupakan salah satu program rutin Lazisnu PCNU Kota Surabaya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, pengelolaan ZIS di lingkungan NU dapat semakin Mantap ( Modern, Transparan, Amanah, dan Propesional).

beritalima.com

Pos terkait