Menyambut Harjakasi ke-205 dan HUT Kemerdekaan RI ke-78, Pemkab Situbondo Ngadakan Bermacam Perlombaan

  • Whatsapp
Sekretaris daerah Situbondo Wawan Setiawan bersama para peserta lakukan foto bersama sebelum perlombaan dimulai. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelar belasan perlombaan, Jumat (4/8/2023). Acara tersebut dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) ke-205 dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

Dalam sambutannya, Bupati Situbondo, Karna Suswandi melalui Sekdakab Wawan Setiawan mengatakan, ada 11 perlombaan yang digelar. Yakni lomba menyanyi solo lagu kemerdekaan untuk anak-anak PAUD, band pelajar, gobak sodor, tarik tambang putra, pordik, gepuk bantal untuk putra, memancing, K3, gerak jalan, sepak bola jago pakuk dan voli.

Bacaan Lainnya

“Bulan Agustus merupakan bulan yang sangat menggembirakan bagi Kabupaten Situbondo. Selain kita memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, kita juga memperingati Hari Jadi Kabupaten Situbondo atau Harjakasi ke-205,” ucapnya di Alun-Alun Situbondo.

Lebih lanjut, Wawan menyampaikan, peringatan Harjakasi dan HUT Kemerdekaan RI merupakan bentuk penghargaan atas perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Semangat kepahlawanan, persatuan dan kesatuan serta kegotongroyongan harus terus kita tingkatkan sebagai modal melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk membangun Situbondo Berjaya (berakhlak, sejahtera, adil dan berdaya -red). Untuk itu, dalam memperingati Harjakasi ke-205 ini kami mengambil tema Bersama Kita Lanjutkan untuk Situbondo Berjaya,” beber Sekdakab.

Selain 11 perlombaan, Pemkab Situbondo juga menggelar Karnaval Harjakasi, ziarah makam Bupati Situbondo dan Pahlawan Nasional, hotmil quran, haul akbar para bupati dan pahlawan nasional, Kirab Harjakasi serta Upacara Harjakasi, peresmian jalur penyebrangan Jangkar-Lembar. “Itu rangkaian acara peringatan Harjakasi ke-205,” tegas Wawan.

Kemudian, untuk rangkaian acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78, lanjut Wawan, pengukuhan Paskibraka, sidang paripurna DPR RI mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia, apel kehormatan dan renungan suci, upacara detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI, upacara penurunan bendera merah putih, dan resepsi HUT Kemerdekaan RI ke-78.

“Oleh karena itu, dengan adanya serangkaian kegiatan tersebut, kami optimistis akan memperkuat kebersamaan, kekompakan, persatuan dan kesatuan, serta kegotongroyongan, baik di Jajaran Forkopimda, OPD, Camat, BUMD, RSUD dan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Situbondo,” ujarnya.

Sehingga, kata Wawan, dengan kekompakan dan kondusifitas, maka berbagai program pembangunan dapat berjalan dengan baik di Kabupaten Situbondo. “Mari secara bersama-sama kita wujudkan Situbondo Berjaya,” tutup Sekdakab. (*/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait