Minum Kopi, Apa Manfaatnya

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr.Robert Arjuna FEAS
Di era melineal setiap sudut kota tersedia gerai penjual kopi seperti Starbuck,Kopitiam Kopi O. Kopi Sedap!Kopi Kenangan dan lain sebagainya..Ini memancing orang hampir minum kopi
untuk sambil kongko kongko, bicara business maupun pacaran…..
Secarah umum kita tahu ada 4 jenis kopi yaitu Kopi Arabika (Coffee Arabica), Kopi Liberika (Coffee Liberica), Kopi Robusta (Coffee Cannephora), Kopi Excelsa (Coffee Dewevrei).Diantara keempat ini best of the best nya adalah kopi Liberika.
Di Indonesia menghasilkan 6 dari 7 jenis Kopi Arabika yaitu Gayo (Aceh), Mandaling (Sumut)Kintamani (Bali), Mangkuraja (Bengkulu),Jawa dan Kalosi (Toraja). Sementara satu jenis lainnya dihasilkan di Jamaica yang dikenal sebagai Blue Montain.
Jenis Arabika yang termasuk langka adalah speciality arabica dan jenis lainnya adalah kopi Luwak.
Bagi pencandu kopi berat kalau tak minum tak ada semangat, bila minum kopi disertai merokok rasanya nikmat dan bisa berpikir jernih. Terutama pada sekelompok jurnalis, novalis, kopi adalah pendamping inspirasi.!

Ada melarang minum kopi tak boleh banyak nanum bila kita minum kopi secara teratur sehari 2 gelas maka akan bermanfaat bagi kesehatan kita,Mari kita bahas……

Sebuah fakta dan realita di masyarakat kita bahwa apabila terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa mengakibatkan insomnia(sulit tidur) dan rasa cemas yang berlebihan.akhirnya tekanan darsh tinggi.
Tahukah anda,Kopi bisa memperpanjang usia kita? Untuk membuktikan hal ini kami turunkan
beberapa riset membuktikan kopi bermanfaat memerangi berbagai penyakit berbahaya.
Mungkin artikel ini sedikit panjang lebar mengkupas, semoga pembaca tidak bosan mengijuti
sampai habis….!

Berbagai penelitian dari multicenter menemukan manfaat kopi yang bisa memerangi penyakit berbahaya.

Sebuah laporan dari JAMA Internal Medicine menunjukkan kalau minum kopi dapat mengurangi risiko meninggal pada umur yang masih muda, tidak peduli seberapa banyak kamu minum dan apakah berkafein atau tidak.
Dr. Erikka Loftfield, of The National Cancer Institute.meneliti hubungan minum kopi dengan kematian dari sample yang minum kopi 1-8 gelas/ h dari berbagai jenis kopi murni,instan maupun dekafein Data berasal dari The UK Biobank yang berisi sampel( biologis,kuesioner kesehatan,pemeriksaan fisik. ) dengan populasi 500.000 orang yang menjawab pertanyaan tentang konsumsi kopi, rokok, kebiasaan minum alkohol, riwayat penyakit, dan lain-lain.

KESIMPULAN bahwa Hasil riset menemukan keuntungan berupa umur yang panjang yang diasosiasikan dengan hampir semua tingkat dan jenis konsumsi kopi. Pengurangan risiko sedikit tergantung pada seberapa banyak konsumsi, kandungan kafeinapakah kopi yang dikonsumsi instan atau tidak.
“Mereka yang minum paling tidak satu cangkir kopi per hari memiliki risiko mati muda 8 persen lebih rendah.,Mereka yang minum 6-7 cangkir kopi per hari.akan menurunkan risiko sampai 16 persen lebih rendah ,
Kopi memiliki antioksidan yang baik daripada sumber lain, seperti buah dan sayuran. Dalam sebuah penelitian, manfaat kopi yang diminum dengan sedikit gula bisa memberikan efek positif lebih banyak dari efek negatifnya.
Bagi orang-orang di negara-negara Barat mendapatkan lebih banyak dari kopi dibandingkan buah-buahan dan sayur. Ini semakin menguatkan bahwa kopi mengandung begitu banyak antioksidan.
Tak heran, berbagai penelitian pun menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko rendah terhadap beberapa penyakit. Jadi, rasanya tak perlu lagi takut meminum kopi.

JADI APA MANFAAT MINUM KOPI.

1. Menurunkan risiko diabetes tipe 2
Beberapa peneliti menunjukan bahwa semakin sering meminum kopi tanpa gula, semakin kecil kemungkinan terkena risiko diabetes tipe 2. Hal itu diperkuat dengan sebuah survei yang dilakukan oleh UCLA School of Public Health and Medicine yang melibatkan lebih dari 700 perempuan di tahun 2011. Hasil survei mengatakan, apabila wanita menopause meminum 4 cangkir kopi sehari mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 -50 %
Journal ‘Archives of Internal Medicine melaporkan 2009, para peneliti Australia menemukan manfaat kopi untuk mengobati diabetes. Mereka menyatakan bahwa setiap tambahan satu cangkir kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sampai 7%.
Dari kedua riset membuktikan kopi bermanfaat
1. meningkatkan daya tahan tubuh dengan glukosa yang penting bagi metabolisme tubuh,
2.mencegah hancurnya proses produksi sel insulin.
3.meningkatkan kadar protein yang disebut hormon seks pengikat globulin dalam darah
(sex hormone binding globulin=SHBG), yang memberikan perlindungan terhadap diabetes tipe 2 pada orang yang kelainan genetik.

2. Menurunkan risiko Alzheimer
Riset of Eskelinen MH dan Kivipelto M, pada 2010, membuktikan bahwa orang yang minum kopi memiliki risiko 65 % lebih rendah dari ancaman Alzheimer. Kopi 3-5 gelas sehari disebut jumlah yang ideal.Para riset dari Swedia & Denmark mengadakan survei terhadap lebih dari 1.400 orang dewasa yang mengonsumsi kopi setiap hari. Mereka yang minum 3 -5 cangkir kopi per hari, 65 persen lebih rendah terkena risiko demensia daripada yang hanya meminum dua cangkir atau tidak sama sekali. Antioksidan dari kopi dapat bekerja untuk mengurangi bentuk demensia vaskular.

3. Menurunkan risiko kanker hati
Sebuah studi dari Jepang, orang yang minum 2-4 cangkir kopi per hari memiliki risiko 43f lebih rendah terkena kanker hati, sedangkan mereka yang minum 5 cangkir atau lebih memiliki risiko penurunan hingga 76 persen.

4. Mengurangi risiko Parkinson
Oang yang minum tiga cangkir kopi per hari memiliki risiko 29 persen lebih rendah terkena penyakit Parkinson. Tapi, kopi yang mengandung kafein ya, bukan tanpa kafein.

5. Meringankan depresi
Dalam sebuah penelitian di Amerika Serikat pada 2011, orang yang minum kopi 20 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi.

6. Menurunkan risiko kematian dini
Dalam sebuah studi National Institute of Health, 2012, terhadap 402.260 orang berusia 50-71, diketahui bahwa kopi bahkan dapat membantu Anda hidup lebih lama.karena kopi memiliki antioksidan kuat ,dapat memperlambat proses penuaan

7,Manfaat Kopi untuk Melawan kanker
Kopi mengandung ratusan senyawa kimia, anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat aktif, seperti methylpyridinium. Kopi espresso memiliki 2 sampai 3 kali lipat jumlah senyawa antikanker.Penelitian lain mengatakan kalau minum kopi dapat melawan risiko kanker usus besar, kanker dubur, kanker mulut, dan kanker kerongkongan.

8. Menurunkan risiko demensia (pikun)
Penelitian lain yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan efisiensi penghalang darah otak, menggagalkan efek negatif dari kolesterol tinggi pada fungsi kognitif, serta kemungkinan meningkatnya energi yang membuat Anda lebih aktif.

9.Melindungi tubuh dari penyakit parkinson
kopi membantu menurunkan risiko penyakit parkinson bagi kaum pria. Pria yang mengonsumsi 2 hingga 3 cangkir kopi berkafein setiap hari memiliki risiko 25 persen lebih rendah terkena Parkinson.Sebuah penelitian menemukan sebuah gen yang disebut GRIN2A, yang tampaknya dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit ini.

Para ilmuwan dari Harvard School of Public Health melaporkan jika orang yang minum empat cangkir kopi atau lebih per hari mem

10.Mencegah depresi
iliki risiko 20 persen lebih rendah mengalami depresi. Sedangkan, orang yang mengonsumsi dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko 15 persen lebih rendah.

11.Kopi dan impotensi pada pria
Laporan dari Men’s Health, mempublikasikan sebuah penelitian yang dilakukan pada pria dengan usia di atas 20 tahun dengan mengonsumsi setidaknya 2-3 gelas kopi setiap hari. didapatkan data kalau ada hubungan antara kafeina dan kemampuan ereksi pada pria:
1 Kopi dianggap mampu memberikan sensasi relaks pada pria sehingga darah bisa mengalir dengan cepat ke area penis sehingga kondisi impotensi akan hilang dengan sendirinya.
2. Kopi Menurunkan kadar lemak
Salah satu penyebab impotensi adalah menurunnya kadar testosteron di dalam tubuh. Untuk meningkatkan kadar hormon ini adalah dengan menurunkan kadar lemak di dalam tubuh
3 .Menurunkan konsumsi alkohol
4. Menurunkan kadar stres

12.Kopi menghilangkan bau busuk
Kita bisa menghadapi bau busuk dari bangkai binatang, bau mayat, bau kaki busuk yang sangat nenusuk hidung. Anda cukup menumbuk biji kopi jadi halus lalu kita balut dengan kain kasa bersama masker hidung. Bau apapun sebusuk akan hilang dari hidung kita,Boleh dicoba!

Jangan lupa setiap masalah ada positif dan negatif yang ditimbulkan. Rasanya tak adil kami harus memberikan laporan dari sisi negatif di antaranya:
1. Merusak gigi
2. Menyebabkan inkontinensia
3. Insomnia
4. Mengganggu pencernaan
5. Sakit kepala
6. Masalah kesuburan
7. Berisiko keguguran

Berapa Dosis Kopi yang Diminum Setiap Hari?
Para peneliti di Florida Alzheimer’s Disease Research Center menyebutkan dosis kopi yang di konsumsi setiap hari adalah sebanyak 500 mg kafein sama dengan 5 cangkir kopi. disebutkan tidak berbahaya bagi kesehatan namun, itu di peruntukkan untuk orang yang tidak mengidap darah tinggi dan wanita hamil.

Kesimpulan :
1. Minum kopi jangan lebih dari 5 gelas / h.
2. Kopi itu nikmat apalagi minum bersama teman/ pacar/ keluarga dalam suasana santai.
3. Saya menyelesaikan artikel ini sambil didamping oleh satu gelas kopi sidikalang kesukaanku

Mari kita belajar sehat dengan minum kopi dalam batasan tertentu dalam suasana santai .apalagi di era Pandemic Covid-19 stay at home Kopi adalah pendampingku memacu inspirasi untuk berkarya tulis.
Sekilas info, Semoga bermanfaat !
RobertoNews 1473 《3.7.22(08.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait