PANGDAM II Sriwijaya Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

  • Whatsapp
Palembang, beritaLima – Pangdam II/Swj Mayjen TNI Sudirman, SH, MM, Sabtu (1/10/2016) memimpin upacara  peringatan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2016 bertempat di lapangan Makodam II/Swj – Palembang. Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, yang berlangsung dengan tertib dan khidmat antara lain ditandai dengan pembacaan teks Pancasila oleh Pangdam II/Swj sebagai inspektur upacara serta ditirukan oleh seluruh peserta upacara. Sebelum dan sesudah pembacaan teks Pancasila, diperdengarkan musik tanda kebesaran buka dan tutup, serta penghormatan oleh seluruh peserta upacara.
 
Upacara  peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan wujud penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur untuk mempertahankan Pancasila dan mengenang kembali pengorbanan para pahlawan revolusi, serta meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman dan bahaya laten komunis.
 
Selain itu, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga sebagai wahana untuk menanamkan keyakinan kepada seluruh warga bangsa Indonesia bahwa Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa dan dasar Negara Republik Indonesia yang tidak boleh diubah oleh siapapun.
 
Dalam upacara tersebut, juga dilakukan pembacaan teks pembukaan UUD 1945 dan do’a untuk para pahlawan dan juga untuk seluruh bangsa Indonesia oleh seorang perwira menengah, serta dibacakan Ikrar, yang berisi bahwa pertama, sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap NKRI; kedua rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara; dan ketiga, dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI.
 
Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila tersebut, semua yang hadir membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI.
 
Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut juga dihadiri oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Marga Taufiq, SH, MH, Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki, para Asisten Kodam II/Swj, LO Angkatan Laut dan LO Angkatan Udara, para Komandan dan Kabalak Kodam II/Swj, serta segenap para prajurit dan PNS Kodam II/Swj se-Garnizun Palembang.
(Nn/pen)
beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *