Peduli Rakyat Kecil : Bupati Bima Serahkan Alsintan kepada Para Petani

  • Whatsapp

BimaNTB, Beritalima.com
Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, selasa (26/7) secara simbolis menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani di Kabupaten Bima. Acara penyerahan yang digelar di halaman Dinas Pertanian Kabupaten Bima, dihadiri Kepala Dinas Pertanian, Ir. Muhammad Tayeb dan beberapa pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Bima dan ratusan anggota kelompok tani. Pada kesempatan itu Bupati berpesan dan menitip harapan agar selalu amanah dalam bekerja, terutama pendistribusian Alsintan supaya betul-betul tepat sasaran. Bupati mengatakan bantuan Alsintan dikhususkan bagi kelompok tani. Bukan diberikan kepada individu atau kelompok masyarakat non-petani. “Tentunya bantuan yang diterima setiap tahunnya belum mampu memenuhi seluruh kelompok tani yang ada,” ujarnya. Ia menjelaskan, tidak semua kelompok tani mendapat bantuan seperti ini. Diingatkannya, jangan jadikan prosesi penerimaan bantuan tiap tahunnya tersebut menjadi ajang yang hanya sekedar ditampilkan saat penyerahan di dinas setempat, namun wujud fisiknya nanti sudah tidak ada di tempat masing-masing.
“Mari kita sama-sama wujudkan niat baik itu untuk kepentingan bersama dan perkembangan Kabupaten Bima ke depannya. Jangan ketika sudah mendapatkan bantuan, tapi wujud barangnya tidak ditemui lagi di lapangan,” kata Bupati. Menurutnya jika hal itu terjadi, maka menjadi bahan evaluasi bersama agar tidak ada lagi dijumpai adanya kelompok-kelompok fiktif atau makelar bantuan yang bermain. “Saya mengigatkan agar kita bisa jaga bersama. Apa yang didapat tidak hanya dipertanggungjawabkan di dunia, tapi juga dipertanggungjawabkan di akhirat,” ingat Bupati.
Kepala Dinas Pertanian, Ir. Muhammad Tayeb melaporkan, bantuan Alsintan  yang bersumber dari APBN Tahun 2016 tersebut diperuntukan bagi 209 kelompok tani. Jenis bantuannya antara lain alat perontok padi kecil sebanyak 10 unit, perontok padi sedang 18 unit, alat pemipil 60 unit, dan power thereser multiguna 205 unit, sarana pengangkut roda tiga 4 unit, dan hand traktor 95 unit yang bersumber dari dana aspirasi DPR RI. Selain itu, peralatan pendukung program hortikultura berupa traktor sebanyak 122 unit (untuk tanaman bawang merah, traktor untuk bawang putih 10 unit, mesin pompa air sebanyak 475 unit, hand sprayer 736 unit, dan plastik mulsa sebanyak 484 rol yang diperuntukan bagi petani cabe. (B5-SUKUR)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *