Pemda Malut Bersama Polda Dan Korem Gelar Apel Besar 3 Pilar Kamtibmas

  • Whatsapp

Ternate, 16/12/2016

ntifikasi Nomor : B/069-PEN/XII/2016

PEMDA MALUT BERSAMA POLDA DAN KOREM GELAR APEL BESAR 3 PILAR KAMTIBMAS

Ternate (16/12), Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Polda Maluku Utara bersama Korem 152/Babullah menggelar Apel Besar Tiga Pilar Kamtibmas tingkat Desa/Kelurahan (Lurah/Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa) bersama para tokoh dan masyarakat untuk mengantisipasi timbulnya Intoleransi di Provinsi Malut dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

Bertindak selaku pengambil apel adalah Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Ghani Kasuba, Lc didampingi oleh Kapolda Malut Brigjen Pol Tugas Dwi Aprianto dan Danrem 152/Bbl Kolonel Inf Sachono, S.H., M.Si, selain itu turut hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forkopimda Malut diantaranya Kabinda Malut yang diwakili Kabagops Binda Kol Laut (T) Sulistiawan, Walikota Ternate Dr. H. Burhan Abdurrahman, S.H., MM., Muspida Kota Ternate, , Pejabat Lingkungan Polda Malut, Para Dansat/Kabalak serta Kasi/Pasi Jajaran Korem 152/Bbl beserta tamu undangan serta diikuti oleh Para Babinsa, Bhabinkamtibmas serta para Lurah/Kepala Desa Se-Kota Ternate. Dalam sambutannya para pengambil apel menyampaikan bahwa 3 Pilar Kamtibmas di Desa/Kelurahan merupakan ujung tombak atau mata dan telinga pemerintah harus dapat melakukan Deteksi dini dan Cegah dini (Early Warning System) atas setiap perkembangan situasi di wilayah masing-masing khususnya yang berkaitan dengan Terorisme, Narkoba, Miras dll. Laporan 1×24 jam bagi tamu agar digalakkan, event ini merupakan upaya dalam rangka antisipasi Pam Natal dan Tahun Baru agar masyarakat dapat merayakan dengan aman dan tentram, toleransi bukan hanya sekedar slogan tapi harus diterapkan dan diberikan contoh sehingga wujud toleransi nyata di Malut menggambarkan keberagaman dan kebhinekaan dalam wadah NKRI. Oleh karenanya 3 pilar ini harus bersinergi serta hilangkan ego sektoral dan laksanakan saling tukar informasi guna mendukung tugas pokok masing-masing sehingga terciptanya suasana kondusif di wilayahnya, selain itu 3 pilar ini juga harus menjadi contoh maupun suri tauladan bagi masyarakat dan warga binaannya dengan menjadi solusi atas setiap kesulitan rakyat dengan cara melaksanakan tugas dengan hati Ikhlas dan tulus memberikan pengabdiannya kepada masyarakat. Selain itu juga haruslah menjadi pelopor keberagaman dan toleransi ditengah kehidupan bermasyarakat jauhi kegiatan berpolitik praktis yang dapat memecah belah bangsa. Pada kesempatan tersebut juga turut diberikan penghargaan kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta Lurah/Kades berprestasi dalam hal menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Malut.

Sementara itu dalam keterangannya Kapenrem 152/Bbl menyampaikan bahwa Apel Besar 3 Pilar (Lurah/Kades, Babinsa dan Bhabinkamtibmas) ini dalam rangka memperkuat fungsi ketiga pilar tersebut sebagai ujung tombak yang bersentuhan dan berhubungan langsung dengan masyarakat dengan cara memantapkan sinergitas serta meningkatkan peranan mereka di lapangan sehingga setiap permasalahan yang ada dapat segera terdeteksi dan diselesaikan sejak dini. Selain itu kegiatan serupa juga turut digelar di berbagai lokasi Kabupaten/Kota se-Provinsi Maluku Utara. (Penrem 152/Bbl)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *