Penumpang KA Commuter Line Dhoho Melahirkan di Toilet Kereta

  • Whatsapp

JOMBANG, beritalima com | Sabtu (10/6/2022) petang, tepat pukul 17.30, di perjalanan KA 417 Commuter Line Dhoho telah lahir bayi perempuan dari salah seorang penumpang KA dari Surabaya Kota tujuan Blitar via Kertosono ini.

Penumpang KA Commuter ini hendak turun di Stasiun Kediri, naik dari Stasiun Jombang. Namun, dalam perjalanan, pengguna yang sedang hamil ini mengalami kontraksi yang menyebabkan ia akhirnya melakukan persalinan sendiri di toilet kereta.

Beberapa menit setelah terjadi pesalinan, ada petugas keamanan kereta (WALKA) sedang patroli. Penumpang tersebut melaporkan pesalinan yang baru dialami. Petugas dengan sigap segera koordinasi dengan kondektur untuk mengumumkan apakah ada pengguna yang berprofesi sebagai tenaga medis.

Beruntung bagi penumpang yang baru melahirkan, karena ada penumpang yang berprofesi bidan dan langsung merespon informasi petugas kereta dengan segera memberikan pertolongan pertama pada sang ibu dan jabang bayinya itu.

Petugas KA Commuter Line juga terus berkordinasi dengan petugas stasiun terdekat, yakni Stasiun Sembung, minta mempersiapkan kursi roda dan transportasi untuk memberikan pertolongan selanjutnya pada ibu dan sang bayinya itu menuju fasilitas kesehatan terdekat.

Sesampainya di Stasiun Sembung, ibu dan bayi dibantu petugas dan salah seorang penumpang yang memiliki mobil untuk dibawa ke bidan terdekat, yakni Bidan Idayaroh, guna mendapatkan perawatan medis selanjutnya.

Hingga berita ini dikirim ke redaksi, belum diketahui nama ibu yang telah melahirkan di atas KA Commuter Line Dhoho tersebut. Ibu dan bayinya itu petang tadi masih berada di tempat bidan Idayaroh tak jauh dari Stasiun Sembung.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, membenarkan adanya kejadian itu. Ia mengimbau pada seluruh pengguna KA Commuter untuk menjaga kondisi dan kesehatan.

“Keselamatan merupakan hal yang penting selama perjalanan menggunakan kereta api. Jangan segan untuk meminta bantuan pada petugas baik di dalam kereta ataupun stasiun,” tuturnya.

KAI Commuter mengajak pada seluruh pengguna jadilah pengguna yang tertib, mengikuti aturan yang berlaku dan arahan petugas. (Gan)

Teks Foto: Penumpang KA Commuter yang baru melahirkan di kereta ketika turun di Stasiun Sembung untuk diberikan pertolongan lanjutan.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait