SMPN 1 Kedungwaru Gelar Purnawiyata Klas IX, Dengan Prosesi Sakral Air Kendi

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, berotalima.com- SMPN 1 Kedungwaru, menggelar Purnawiyata Tahun 2023. Bertempat, di Gedung Guyub Rukun Tennis Indoor Rejoagung, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung.

Mengusung tema “Mewujudkan Pelajar Indonesia Merupakan Pelajar Sepanjang Hayat yang Kompeten, Mandiri, Berkarakter Sesuai Nilai Nilai Pancasila serta Terciptanya Pelajar Pancasila”.

Acara Purnawiyata juga dilakukan penyerahan trophy sebagai bentuk apresiasi terhadap siswa siswa berprestasi, mulai dari akademik maupun non akademik serta prestasi olah raga.

Trophy tersebut, diserahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung Rahandi P Bintara, SE, MSi didampingi Kepala SMPN 1 Kedungwaru Dr. Hj. Sri Wahyuni, M.Pd.

Terlihat ada yang sakral dan unik dalam Purnawiyata SMPN 1 Kedungwaru tahun ini, para siswa/wi klas IX diberi air dari dalam kendi.

Usai acara Kepala Sekolah SMPN 1 Kedungwaru menyampaikan, prosesi pemberian air Kendi yang pertama merupakan rangkaian dari bentuk siswa/wi sebagai ucapan pamit dan terima kasih pertama kepada bapak/ibu guru. Sudah diberi ilmu selama tiga tahun dan mereka berhasil dengan sukses.

“Kedua, ucapan terimakasih kepada orang tua, mereka adalah bagian terpenting dari siswa/wi. Jadi betul-betul menyampaikan terimakasih kepada orang tua, sudah digulowentah dan di didik hingga saat ini,” ujarnya. Sabtu, (10/6/2023).

Menurutnya, prosesi pemberian air dalam kendi itu hanya sebuah filosofi tempat, karena kendi itu hanya sebuah tempat air minum khas tradisional punya orang Jawa. Terpenting, air yang ada di dalam kendi itu bukan sekedar air tetapi dicari dari beberapa sumber yang ada di Kabupaten Tulungagung.

“Secara simbolis, kami memberi air yang mempunyai makna sebuah ilmu kejernihan, apabila diminum oleh siswa/wi bisa menjadi bekal kedewasaan dia menempuh ilmu atau cita-cita yang luar biasa,” ucapnya.

“Secara simbolis air menunjukkan sebuah ilmu, ilmu kejernihan yang kami berikan kepada siswa/wi yang sudah lulus. bekal ilmu itu bawalah ke dunia luar agar kalian sukses,” tutur Sri Wahyuni.

Disinggung terkait prestasi yang sudah didapat tahun 2023 ini, Sri Wahyuni mengungkapkan bahwa, SMPN 1 Kedungwaru itu sangat luar biasa dan the best.

Prestasi luar biasa di bidang akademik dan non-akademik memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Tulungagung. Terbaru, perolehan literasi Muri pusat. SMPN 1 Kedungwaru terbaik Muri dalam bidang literasi nasional.

“Dalam satu Tahun, program-program pengembangan sekolah, ada 22 program inovasi dan saya kira tidak dipunyai oleh sekolah lain,” ungkapnya.

Pihaknya juga berpesan, jaga nama baik sekolah dan almamater SMPN 1 Kedungwaru. Sebagai alumnus mereka harus jadi orang sukses.

“Setelah lulus dari SMPN 1 Kedungwaru, dia harus menempuh ilmu yang lebih tinggi,” tutup Sri Wahyuni.

Sementara itu, Ketua Komite SMPN 1 Kedungwaru mengatakan, Purnawiyata 2023 mencari tempat yang nyaman dengan biaya ringan. Akhirnya, dengan kesepakatan bersama dilaksanakan di GOR dan tidak ada unsur keterpaksaan, semua inisiatif dari wali murid.

“Acara berjalan dengan lancar dan sukses, merasa puas karena lokasinya luas, fasilitas juga bagus dan konsumsi semua dapat,” Katanya.

“Harapan kami, dari semua lulusan ini mudah-mudahan dapat diterima di SMA/SMK terbaik di Tulungagung, Sehingga jangan sampai tidak ada yang tidak sekolah,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com

Pos terkait