Penyakit Demam Berdarah

  • Whatsapp
Dr. dr. Robert Arjuna MD PhD

Oleh:
DR.dr.Robert Arjuna FEAS *
Berbagai jenis penyakit yang datang tanpa pesan pergi tanpa pamitan.minggu ini terjadi wabah Demam Berdarah di kota Jepara.sehingga merengut nyawa anak Mereka sedang berusaha untuk Fogging sarang nyamuk dari desa ke desa.
Belum selesai hadapi covid.datang lagi penyakit baru yait Demam berdarah di wilayah Jepara Memasuki pergantian musim dari kemarau ke hujan atau sebaliknya, cuaca umumnya jadi tidak menentu. Selama musim pancaroba inilah penyakit demam berdarah dengue alias DBD biasanya banyak terjadi. Demam berdarah itu sendiri terjadi dalam beberapa fase kemunculan penyakit. Apa yang harus diketahui soal siklus atau fase demam berdarah?

Demam berdarah dengue merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Virus dengue ini ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti. Demam berdarah dengue dapat membuat penderitanya mengalami nyeri hebat seakan-akan tulangnya patah. Pada sejumlah pasien, demam berdarah dengue dapat menjadi penyakit yang sangat mengancam jiwa.

Demam berdarah dengue masih menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Tingkat terjangkitnya penyakit ini merupakan yang tertinggi di antara negara-negara Asia Tenggara.komplikasi pada demam berdarah dengue bisa menyebabkan kerusakan sejumlah organ, seperti paru, hati, dan jantung. Tekanan darah juga dapat menurun secara drastis, hingga level yang sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan kematian.

GEJALA DB:
1. Nyeri kepala
2. Menggigil dan lemas
3. Nyeri di belakang mata, otot, dan tulang
4. Ruam kulit hingga kemerahan
5. Kesulitan menelan makanan dan minuman
6. Mual dan muntah

TANDA PERDARAHAN
1. Gusi berdarah
2. Mimisan
3. Timbul bintik-bintik merah pada kulit
4. Muntah darah
5. Buang air besar berwarna hitam

PATOFISIOLOGI
Penularan demam berdarah atau DBD terjadi melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes albopictus. Namun, perlu dipahami bahwa tidak semua nyamuk Aedes pasti membawa virus dengue.Hanya nyamuk Aedes betina yang pernah terinfeksi virus dengue yang bisa menularkan virus tersebut ke manusia.

Demam akut dapat mulai terjadi sejak dua hari sebelum suhu tubuh naik sampai 5 hari setelah gejala demam terasa pertama kali. Ini juga lumrah disebut dengan viremia, kondisi akibat adanya kadar virus tinggi dalam tubuh.
Virus itu kemudian akan mendekam dulu dalam tubuh nyamuk yang sehat itu selama 12 hari sesudahnya. Proses ini disebut juga sebagai masa inkubasi.Setelah fase atau masa inkubasi virus DBD selesai, artinya virus sudah aktif dan nyamuk dapat mulai bisa menularkan penyakit demam berdarah ke manusia lewat gigitannya.Apabila nyamuk pembawa virus itu menggigit manusia, virusnya akan masuk dan mengalir dalam darah manusia kemudian mulai menginfeksi sel-sel tubuh yang sehat.

Ketika tubuh mendeteksi kedatangan virus tersebut, sistem imun akan langsung menghasilkan antibodi khusus yang bekerja sama dengan sel darah putih untuk melawannya.
Respons imun juga mencakup pelepasan sel T sitotoksik (limfosit) untuk mengenali dan membunuh sel tubuh yang terinfeksi.Keseluruhan proses ini adalah masa inkubasi demam berdarah pada tubuh manusia, yang kemudian diakhiri dengan munculnya berbagai gejala DBD.Gejala biasanya mulai muncul sekitar empat hingga 15 hari masa inkubasi, setelah gigitan nyamuk pembawa virus DBD pertama kalinya.
Pada fase demam, demam berdarah dengue biasanya diikuti oleh fase kritis selama 2-3 hari. Pada fase kritis inilah suhu tubuh menurun, hingga bagian tubuh seperti tangan dan kaki dingin dan biasanya merasa seperti sudah sembuh. Padahal, pada fase ini Anda harus waspada, sebab bisa terjadi sindrom syok dengue yang dapat mengancam jiwa.
Orang yang sakit demam berdarah atau DBD biasanya melalui tiga fase penyakit, sejak kemunculan gejala pertama kali sampai benar-benar sembuh.
1. Fase demam
Gejala paling khas yang muncul pada fase ini adalah demam tinggi lebih dari 40 derajat Celsius yang muncul tiba-tiba. Demam tinggi biasanya berlangsung selama 2-7 hari.
Selama fase awalBerbarengan dengan demam tinggi, gejala DBD pada fase pertama sering meliputi munculnya ruam kemerahan khas demam berdarah pada sekujur badan dan kulit wajah.Pada beberapa kasus ditemukan gejala berupa nyeri dan infeksi tenggorokan, sakit di sekitar bola mata, penurunan nafsu makan, hingga mual dan muntah.
2. Fase kritis
Setelah melewati fase demam, orang yang sakit demam berdarah rentan mengalami fase kritis yang sering kali mengecoh.Fase kritis disebut mengecoh karena di tahap ini demam akan turun drastis hingga ke suhu tubuh normal (sekitar 37 derajat Celcius) sehingga penderita merasa sudah sembuh.
Penurunan trombosit secara drastis dapat menyebabkan perdarahan yang terlambat disadari.Dalam 3 sampai 7 hari pertama setelah lewat dari fase demam, DBD sangat berisiko mengalami kebocoran pembuluh. Mulai dari sinilah tandanya Anda sudah memasuki fase demam berdarah kritis.
3. Fase penyembuhan
Namun, hal ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Fase ini justru merupakan tanda-tanda bahwa pasien demam berdarah Secara umum, orang yang sakit DBD bisa dikatakan akan sembuh jika jumlah trombosit dan sel darah putihnya kembali normal setelah dilihat melalui tes darah khusus DBD.

PENYEBAB
Penyebab demam bedarah adalah virus dengue yang ditularkan kepada manusia melalui nyamuk Aedes aegypti. Saat virus dengue menginfeksi nyamuk dan nyamuk menggigit manusia, maka bisa mengantarkan virus tersebut ke dalam tubuh.Aedes aegypti umumnya berukuran lebih kecil, badannya berwarna hitam pekat dengan dua garis vertikal putih di punggung dan garis-garis putih horizontal pada kaki.

PENUNJANG DIAGNOSA
1.Test darah tepi
2.Test Widal
3.anti Dengueb Haemorrhagic Fever IgG or IgM
4.rontzen foto terdapat pleuraeffusion.

PENGOBATAN
1. mengonsumsi banyak cairan untuk mencehah dehidrasi
2. Infus thrombosi
3. Obat anti demam
4. Makan jambu berbiji

PENCEGAHAN:
1. Tidur pakai kelambu
2. menjaga kebersihan rumah.
3. Menhindari air tergenang sebsgai sarang nyamuk
4. Semprot nyamuk
Demikian sekilas info pencegahan & penanggungan demam
Berdarah yang kami sajikan semoga anda berkenan menerima.
RobertoNews 1195 《 14.1.22(06.33》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait