Peringati Hari Sumpah Pemuda, TNI Gelar Bakti Sosial Untuk Warga Tapal Batas RI-PNG

  • Whatsapp

Keerom.   Prajurit TNI dari Satgas Mekanis 516/Caraka Yudha atau ( Yonif Mekanis 516/CY) bersama warga menggelar upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-88 di Pos Lintas Batas RI – PNG yang berada di Distrik Waris Kab. Keerom, Papua. Jum’at (28/10).

Upacara tersebut di pimpin oleh Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si yang diikuti Personel Satgas Yonif Mekanis 516/CY, Satgas Yonif Raider 700/WYC, Aparat Polri, Aparat Pemerintah, Tokoh Adat dan Tokoh Agama, Siswa-Siswi dari tingkat SD hingga SMA/SMK dan Paud serta warga para tokoh masyarakat, agama, adat dan guru serta siswa-siswi masyarakat Distrik Waris Kabupaten Keerom Papua.

Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-88 mengangkat tema “Pemuda Indonesia Menatap Dunia”. Semoga  dapat  menjadi  inspirasi  bagi seluruh generasi muda, khususnya kaum muda Papua untuk belajar dan bekerja yang tekun, menghindari penyalahgunaan Narkoba dan Miras, serta pergaulan bebas, sehingga diharapkan bisa menjadi pemuda-pemudi unggul, yang memiliki kualitas dan visi yang besar dalam menatap dunia, dan menjadikan daerah Papua menjadi maju dan lebih sejahtera,” kata Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si sebelum pelaksanaan upacara, Waris (28/10)

Sementara dalam inti Sambutan Menteri Pemuda Dan Olahraga Pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 88 Tahun 2016, yang dibacakan Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si menyampaikan peristiwa Sumpah Pemuda merupakan tonggak atau cikal bakal perjuangan bangsa sehingga seluruh rakyat Indonesia bisa bahu-membahu untuk bersama-sama berjuang mewujudkan kemerdekaan yang kemudian diraih pada 17 Agustus 1945.

“Dengan demikian peran pemuda sangatlah penting dalam sejarah bangsa ini. Di zaman yang sudah merdeka sekarang ini, kita sebagai pemuda tinggal meneruskan perjuangan pahlawan-pahlawan pendahulu kita dengan cara mengisi kemerdekaan sesuai dengan peran masing-masing,” katanya.

Dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, kata dia, mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda nusantara yang telah menebar semangat menjaga jiwa patriotisme dan berhasil menyatukan visi kebangsaan.

“Yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia. Sebagaimana yang kita kenal hingga saat ini sebagai Sumpah Pemuda 1928, dengan mempersatukan pemuda Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan republik Indonesia,” katanya.

Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si juga mengajak seluruh pemuda Papua untuk bersama-sama berusaha dengan sebaik-baiknya dalam belajar, bekerja sesuai dengan bidang dan profesi masing-masing untuk mengisi kemerdekaan dalam rangka mewujudkan negara Indonesia yang aman, makmur dan sejahtera.

“Semua itu kita lakukan demi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai,” katanya

Peringatan Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 88 Tahun 2016 ini, Satgas Mekanis 516/CY juga menggelar bakti sosial dan kegiatan untuk motivasi generasi muda, diantaranya pengobatan gratis, lomba baca puisi, pembagian doorprize dan penanaman pohon sebanyak 1928 pohon tanaman keras dari berbagai jenis.

Untuk penanaman pohon dilakukan secara simbolis oleh Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY, Dansatgas Yonif 700/WYS, Kepala Distrik Waris, Tokoh Adat dan Agama, para Ondoafi, para siswa serta warga masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Dampak dari kegiatan ini juga dapat dirasakan langsung oleh warga setempat, khususnya kaum ibu, mereka berjualan berbagai jenis hasil bumi dan makanan yang diolah dari hasil bumi yang ditanam.
Moses Meho salah satu siswa kelas XII SMAN 3 Waris sebagai perserta upacara juga bercita-cita menjadi TNI mengatakan “Kami merasa sangat senang juga menginspirasi dan memomotivasi kami sebagai anak muda untuk lebih giat lagi belajar dan saya akan berlatih untuk mencapai impian saya, serta saya akan mengajak teman-teman saya untuk tidak terlibat pergaulan bebas dan tidak menggunakan Narkoba,” ujar Moses.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *