Prajurit Dan PNS Marwiltim Peringati HUT Ke-71 TNI AL

  • Whatsapp

Segenap Prajurit dan PNS Marinir Wilayah Timur (Marwiltim) melaksanakan upacara memperingati HUT ke-71 TNI AL tahun 2016, di lapangan apel Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya. Selasa (13/09/2016).

 

Peringatan HUT ke-71 TNI AL tahun 2016 tersebut, dipimpin oleh Asrena Danpasmar-1 Letkol Marinir Ruslan Arief selaku Inspektur Upacara dan yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Wadan Yonarhanud-1 Mar Mayor Marinir Oktofiansyah.

 

Kepala Staf Angkatan Laut  Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. dalam amanat yang di bacakan Asrena Danpasmar-1 mengatakan bahwa tanggal 10 September 1945 telah ditetapkan hari jadi TNI AL yang merupakan momen penting untuk mengingatkan kita akan sejarah pengabdian TNI AL kepada Negara dan bangsa Indonesia. Sejarah tersebut dimulai saat dibentuknya Badan Keamanan Rakyat (BKR) Laut, yang dipelopori oleh pelaut veteran Indonesia yang berdinas di Angkatan Laut Belanda dan Kaigun dimasa pendudukan Jepang.

 

Dengan terbentuknya Tentara Keamanan Rakyat (TKR) tanggal 5 Oktober 1945, lanjutnya,  BKR Laut bertranformasi menjadi TKR Laut yang selanjutnya berubah nama menjadi Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI). Berbagai pertempuran heroik melawan penjajah dalam mempertahankan dan memperjuangkan kejayaan bangsa Indonesia telah ditempuh diantaranya Operasi Lintas Laut di Selat Bali oleh Pasukan M. Pimpinan Kapten Markadi dan pertempuran di Laut Aru yang dipimpin Komodor Yos Sudarso.

 

Disamping itu, Kasal menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh prajurit dan PNS TNI AL atas Dedikasi, Loyalitas dan pengabdian yang telah diberikan dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas TNI AL. Ucapan yang sama juga Kasal sampaikan kepada sesepuh dan pinisepuh serta seluruh keluarga besar prajurit TNI AL yang selalu memberikan dukungan, motivasi, sumbangan pemikiran dan doa yang tulus ikhlas sehingga memberikan kepercayaan diri yang kuat bagi prajurit dalam melaksanakan tugas yang diemban.

 

“Sejarah mencatat TNI AL senantiasa berkontribusi pada upaya mewujudkan tujuan nasional khususnya di bidang pertahanan. Untuk menunjukan komitmenya tema yang diambil dalam peringataan HUT TNI AL tahun ini adalah” Melalui Aktualisasi nilai-nilai Tri Sila, Kita tingkatkan pencapaian tugas-tugas TNI Angkatan Laut dalam mendukung Pembangunan Nasional.” Tegasnya.

 

img_6763

Diakhir amanatnya, Kasal memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani, yang Pertama, Tingkatkan kualitas diri sebagai prajurit matra laut yang bermoral, profesional dan berdedikasi tinggi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar Trisila TNI Angkatan Laut, Kedua, Pelihara Alutsista yang dipercayakan negara dengan baik untuk mendukung keberhasilan tugas dengan tetap mengutamakan Zero Accident dengan menerapkan Risk Management, Ketiga, Tingkatkan kesiapan operasional dan kewaspadaan terhadap segala bentuk ancaman agar dapat mengambil tindakan yang proporsional, Keempat, Pelihara solidaritas dan soliditas positif antar sesama TNI Angkatan Laut dan komponen TNI/Polri, serta mantapkan integritas dengan rakyat dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dan Kelima, Tingkatkan kerjasama dengan isntansi pemerintah maupun swasta dengan prioritas pemberdayaan industria maritim, serta sumber daya wilayah perbatasan dan pulau terluar guna mendukung kemampuan pertahanan negara di laut.

Hadir dalam upacara peringatan HUT TNI AL ke-71 tahun 2016 tersebut para pejabat teras di jajaran Marwiltim.

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *